KEUANGAN ILAHI

*KEUANGAN ILAHI*
*Pdt. Aruna Wirjolukito*

Tuhan memberikan kepada kita kekayaan dan keuangan berbeda-beda TAKARAN nya.

Kenapa ada orang kristen yang sungguh-sungguh sama Tuhan tetapi BERKAT nya pas-pasan ?

Matius 11:4-5 (TB)  Yesus menjawab mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat:
orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.

Lukas 4:16-19 (TB)  Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.
Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:
"Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

Yehezkiel 1:1-11 (TB)  Pada tahun ketiga puluh, dalam bulan yang keempat, pada tanggal lima bulan itu, ketika aku bersama-sama dengan para buangan berada di tepi sungai Kebar, terbukalah langit dan aku melihat penglihatan-penglihatan tentang Allah.
Pada tanggal lima bulan itu, yaitu tahun kelima sesudah raja Yoyakhin dibuang, 
datanglah firman TUHAN kepada imam Yehezkiel, anak Busi, di negeri orang Kasdim di tepi sungai Kebar, dan di sana kekuasaan TUHAN meliputi dia.
Lalu aku melihat, sungguh, angin badai bertiup dari utara, dan membawa segumpal awan yang besar dengan api yang berkilat-kilat dan awan itu dikelilingi oleh sinar; di dalam, di tengah-tengah api itu kelihatan seperti suasa mengkilat.
Dan di tengah-tengah itu juga ada yang menyerupai empat makhluk hidup dan beginilah kelihatannya mereka: mereka menyerupai manusia,
tetapi masing-masing mempunyai empat muka dan pada masing-masing ada pula empat sayap.
Kaki mereka adalah lurus dan telapak kaki mereka seperti kuku anak lembu; kaki-kaki ini mengkilap seperti tembaga yang baru digosok.
Pada keempat sisi mereka di bawah sayap-sayapnya tampak tangan manusia. Mengenai muka dan sayap mereka berempat adalah begini:
mereka saling menyentuh dengan sayapnya; mereka tidak berbalik kalau berjalan, masing-masing berjalan lurus ke depan.
Muka mereka kelihatan begini: Keempatnya mempunyai muka manusia di depan, muka singa di sebelah kanan, muka lembu di sebelah kiri, dan muka rajawali di belakang.
Sayap-sayap mereka dikembangkan ke atas; mereka saling menyentuh dengan sepasang sayapnya dan sepasang sayap yang lain menutupi badan mereka.

Yohanes 16:24 (TB)  Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Saat Ini Tuhan mau kita meminta sesuai dengan hatiNya.

*EMPAT WAJAH*
SINGA : Injil Matius
LEMBU : Injil Markus
MANUSIA : Injil Lukas
RAJAWALI : Injil Yohanes


*UKURAN IMAN*

Iman mempunyai ukuran, Iman Timbul Dari Pendengaran Akan Firman Tuhan.

Roma 10:17 (TB)  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Iman Mempunyai Kapling Masing-Masing, Iman bertumbuh karena di kasih makan.

Markus 4:24
Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu.

Lukas 6:38
Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik,
yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan
dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

Hakim-hakim 6:27-32
Setelah Gideon memutuskan untuk percaya dan taat kepada perkataan TUHAN, maka ia mendapat sebutan atau predikat baru. Demikian pula akan terjadi suatu perubahan yang pasti menjadi lebih baik pada seseorang yang mau percaya dan taat kepada Firman TUHAN.

Hakim-hakim 6:36-40
Gideon pun diajari TUHAN untuk dapat mengetahui dengan pasti ukuran iman yang ada   di dalam dirinya.

Ukuran iman dapat kita cek dalam hati kita, bukan hanya perasaan atau pikiran positif. Tetapi ada sesuatu kemantapan atau keyakinan yang pasti     dalam hati kita.

Roma 8:28
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Ukuran iman bergantung kepada diri kita sendiri. Jika kita mau belajar dengan tekun mengembangkan iman tersebut dengan cara beribadah, berdoa membaca, mempercayai Firman TUHAN sepanjang hidup. Tolak segala rasa malas dan semua alasan-alasan  yang menghalangi, maka hidup kita akan berhasil.

Iman yang bertumbuh bisa memindahkan gunung.

*TAKARAN BERKAT*

Ukuran yang kita pakai untuk mengukur, akan diukurkan kembali kepada kita. Ini berarti besarnya upah atau berkat yang TUHAN berikan kepada kita ditentukan oleh cara kita memberi. Kita memilih dengan ukuran macam apa kita memberi, dan TUHAN akan memakai ukuran yang sama untuk mengembalikan kepada kita. Dengan kata lain, kita sendiri yang menentukan kebesaran/kekayaan kita.

Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

- Lukas 6:38

Ada empat macam takaran berkat yang TUHAN sediakan bagi kita:

1.    Takaran yang baik "good measure"

Ini menggambarkan takaran yang baik, yaitu berkecukupan. Saat Anda diberkati dengan takaran yang baik, Anda hidup berkecukupan, tidak kekurangan sama sekali. Takaran berkat ini adalah berkat yang kita terima karena kasih karunia TUHAN dan ini adalah tempat yang baik bagi setiap orang Kristen.

2.    Dipadatkan "pressed down"

Setiap ruang, rongga, sela-sela yang ada diisi dan ditekan-tekan sehingga takaran yang dipadatkan ini bisa menampung lebih banyak daripada takaran yang baik.

3.    Digoncangkan "shaken together"

Isi daripada takaran ini digoncang turun sampai ke dasar agar berbaur dengan lebih padat dan merata lagi sehingga dapat menampung lebih banyak dari pada takaran yang dipadatkan.

4.    Tumpah ke luar "running over"

Isi daripada takaran ini begitu banyak dan melimpah sehingga tidak cukup ruang untuk menampungnya. Takaran yang tumpah ke luar adalah takaran yang paling tinggi; ini merupakan berkat di level kelimpahan yang melebihi kapasitas kita untuk menampungnya. "…dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan - 2 Kor 9:8.

Saat kita menerima berkat dalam takaran yang tertinggi, kita berada di level kelimpahan dimana semua kebutuhan dan kerinduan kita terpenuhi. Tidak saja kita berkecukupan dalam segala sesuatu, kita bahkan berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. Kebajikan di bahasa Inggrisnya good works. Di level ini kita berada di posisi di mana kita bisa mendanai pekerjaan Allah yang besar, di mana kita bisa menjadi saluran berkat TUHAN bagi orang lain.

Takaran apakah yang Anda terima dalam hidup Anda saat ini?
Dengan takaran apakah Anda memberi selama ini? Apakah Anda menginginkan hidup di level berkat yang lebih tinggi? Ubahlah takaran Anda, karena takaran yang Anda pakai untuk memberi, dengan takaran itu pula TUHAN akan memberkati Anda. Memberilah menurut apa yang Anda dengar dari TUHAN, bukan menurut apa yang Anda rasa TUHAN katakan.

Sebelum mulai menanam, seorang petani akan menentukan terlebih dahulu apa yang ingin ditanamnya dan seberapa banyak yang ingin dihasilkannya. Barulah setelah itu ia menanam sesuai dengan target panennya. Demikian pula ketika kita menabur, hendaknya kita menabur dengan bertujuan untuk jenis dan jumlah tuaian yang kita harapkan. Takaran yang Anda pakai untuk memberi menentukan takaran yang Anda akan terima.

TUHAN YANG UBAHKAN TAKARAN BERKAT DALAM HIDUP KITA.

*TIPE KEUANGAN EMPAT WAJAH*

*TIPE SINGA*
Contoh Yusuf, Ia Bekerja di Firaun, Yusuf mengembangkan Usahanya Firaun.

Ada orang-orang yang bisa mengembangkan perusahaan orang lain tapi tidak bisa mempunyai usaha sendiri.

*TIPE LEMBU*

Contohnya Paulus, Ia melayani dan kebutuhan nya dia cukupkan sendiri. Baca Kisah 28:30 2 Korintus 11:22 & Filipi 4:19

Allah ku kan mencukupi Segala Kebutuhan kita

*TIPE MANUSIA*

Contohnya Adalah Daud, Dia membangun kekayaan nya sampai ia Sejahtera.

Elia dipelihara oleh Janda Sarfat dan Janda Mengalami Kelimpahan.

*TIPE RAJAWALI*

Tipe ini adalah Orang Yang Hidup Penuh Mujizat.

Contohnya adalah Elisa.

*KUNCI KEUANGAN ILAHI*

Lihat proses Tuhan dalam Hidup Kita
Mengucap Syukur Buat Berkat Tuhan
Menjadi Serupa Dengan Kristus
Hidup Penuh Mujizat

Amin

Joshua Ivan Sudrajat

 

Komentar

Postingan Populer