Selasa, 01 Mei 2018

MELKISEDEK

MELKISEDEK

Ibrani 7:1-2
7:1 Sebab Melkisedek adalah raja Salem dan imam Allah Yang Mahatinggi; ia pergi menyongsong Abraham ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, dan memberkati dia.
7:2 Kepadanya pun Abraham memberikan sepersepuluh dari semuanya. Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem, yaitu raja damai sejahtera.

Melkisedek dalam bahasa Ibrani Malki-tsedeq yang artinya rajaku atau raja kebenaran. Melkisedek adalah seorang raja di negeri Salem (atau disebut juga Yerusalem). Namanya disebut 12 kali dalam 12 ayat di Alkitab: 1 kali dalam Kejadian 14:17-24, 1 kali dalam Mazmur 110:4, dan 10 kali dalam surat Ibrani (pasal 5-7).

MELEK adalah kata bahasa Ibrani yang umum digunakan untuk "raja" dan ZEDEK berasal dari akar kata yang sarna dengan "benar" atau "kebenaran." Pada awalnya nama tersebut barangkali berarti "rajaku (= dewaku) benar" atau "rajaku adalah Zedek," tetapi penulis kita membacanya sebagaimana orang membacanya di Ibrani, yaitu "raja kebenaran." Kemudian ia melihat keberadaan Melkisedek sebagai raja Salem dan memperhatikan bahwa Salem berasal dari akar kata yang sama dengan salom (sering kali disebut SHALOM), kata bahasa Ibrani untuk "perdamaian" atau "kesejahteraan." Dari sanalah ia memperoleh arti "raja darnai."

Melkisedek: “imam Allah Yang Mahatinggi”

Abraham bertemu Melkisedek, “imam Allah Yang Mahatinggi”. Melkisedek membawa roti dan anggur untuk Abraham. Ini adalah bayangan dari Kristus memberikan murid-murid-Nya roti dan anggur, yang menandakan Tubuh dan Darah-Nya.

Hari Ini Saya Belajar Dari MELKISEDEK : TUHAN KEBENARAN KU, ALLAH SUMBER DAMAI SEJAHTERA. Awal Bulan Mei adalah Bulan Anugerah, Tuhan menunjukkan NamaNya Sebagai Jehovah Tsidkenu, Jehovah Shalom.

Tuhan Kebenaran ku akan memberikan Anugerah Tuhan secara berlimpah dalam hidupku. Amin.

By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar