APA YANG TERJADI SETELAH MEREKA DIPENUHI DENGAN ROH KUDUS


APA YANG TERJADI SETELAH MEREKA DIPENUHI DENGAN ROH KUDUS?
Ir. Niko Njotorahardjo

1. Khotbah Singkat Petrus Menghasilkan 3000 Orang Yang Bertobat

Petrus berkhotbah dan kalau Saudara membaca khotbahnya Petrus itu tidak lebih dari 4 menit, tetapi 3000 orang yang bertobat dan dibaptis, 3000 orang pada zaman itu bisa diartikan 3 juta orang pada zaman ini. WOW, luar biasa! Khotbahnya sebentar, tetapi karena kuasa Roh Kudus, itu mampu membuat mereka bertobat.

2. Terjadinya Signs and Wonders

Petrus dan Yohanes dipakai Tuhan secara luar biasa untuk menyatakan mujizat-mujizat seperti yang dilakukan oleh Tuhan Yesus 2000 tahun yang lalu. Kadang-kadang ada orang yang berkata, “Mujizat-mujizat itu tidak ada sekarang. Itu hanya 2000 tahun yang lalu!” Itu tidak benar! Mujizat-mujizat seperti apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus pada waktu itu masih ada sekarang dan dilakukan oleh murid-murid-Nya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena Tuhan Yesus hidup! Karena Tuhan Yesus hidup maka mujizat-mujizat yang Dia lakukan 2000 tahun yang lalu masih ada sampai dengan hari ini.

Saudara, dalam bulan Juni yang lalu saya KKR di dua tempat di Kalimantan Barat, yaitu di tempat yang bernama Pahauman dan Singkawang. Ini luar biasa! Kalau Saudara tahu daerah Pahauman, tempat yang disebut maksiat itu ada di sana, dimana ada pelacuran, narkoba, pokoknya yang jelek-jelek itu ada di sana. Kalau Singkawang kita tahu bahwa itu adalah “kota 1000 kelenteng”. Pada waktu di Pahauman memang peperangan rohaninya itu luar biasa, tetapi apa yang terjadi? Di lapangan itu penuh sesak sampai tidak bisa menampung sehingga harus sampai ke jalan-jalan. Mereka begitu haus dan mereka yang datang itu anak-anak muda luar yang biasa banyaknya! Saya melihat anak-anak muda itu mengalami manifestasi dan dilepaskan oleh Tuhan. Kira-kira 1 jam sebelum daerah Pahauman itu jalannya berkelok-kelok dan itu adalah tempat pembantaian orang-orang Madura yang pernah ramai itu. Tetapi malam itu Tuhan lawat Pahauman luar biasa! Apa yang dilakukan Tuhan Yesus 2000 tahun yang lalu itu masih ada sampai dengan hari ini.

3. Cara Hidup Jemaat Berubah

Dikatakan bahwa:

- Mereka bertekun dalam pengajaran Rasul-rasul dan persekutuan. Kalau sekarang ini bisa saya ganti dengan: Mereka suka membaca Alkitab. Apakah Saudara suka membaca Alkitab? Ada berapa banyak yang membaca Alkitab setiap hari?
-  Mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Mereka suka berdoa.

- Mereka selalu bergembira, tulus hati dan senang memuji Allah. Orang yang dipenuhi dengan Roh Kudus hatinya penuh dengan gembira dan sukacita. Sebab Alkitab berkata, “Di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah!”.Orang yang dipenuhi dengan Roh Kudus suka memuji Tuhan. Keinginannya selalu memuji Tuhan, “Tuhan, Engkau dahsyat! Engkau hebat, Tuhan! Mana ada yang seperti Engkau, ya Abba!”.

- Mereka suka memberi sehingga tidak ada yang berkekurangan. Saya tahu jemaat di tempat ini suka memberi. Pemberian Saudara itu dipakai untuk KKR-KKR keliling seperti itu. Saudara harus tahu, bahwa melalui persembahan Saudara banyak jiwa-jiwa yang diselamatkan dan disembuhkan!

- Mereka disukai semua orang dan tiap-tiap hari ada jiwa-jiwa yang bertobat.

- Goncangan-goncangan terjadi.

Saudara, murid-murid Tuhan Yesus yang waktu itu ada di Yerusalem, mereka merasa senang, suka berkumpul, berdoa, memuji dan menyembah. Mereka suka memberi dan tidak ada yang berkekurangan. Mereka semua pasti berkata, “Wah jadi orang Kristen itu seperti ini! Enak…” Tetapi bukan itu, ini belum selesai! Sebab Tuhan berkata, “Kamu harus menjadi saksi-Ku di Yerusalem, di seluruh Yudea, Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Jadi itu hanya di Yerusalem sedangkan mereka juga harus menjadi saksi di Yudea, Samaria dan sampai ke ujung bumi. Caranya bagaimana? Melalui aniaya!
Saudara harus tahu bahwa ini prinsip. Biasanya orang Kristen kalau sudah enak itu diam saja, tetapi bukan itu! Kadang-kadang kenapa hidup Saudara digoncang oleh Tuhan? Kalau digoncang ketika Saudara sudah sungguh-sungguh, Saudara harus tahu bahwa itu artinya, “Saya harus bergerak! Selama ini saya ada di comfort zone. Hidup enak!”. Sebab Tuhan mau kita menjadi saksi-Nya.

- Ada perubahan paradigma dalam pelayanan.

Pada waktu itu pengertian mereka bahwa hanya orang-orang Yahudi yang diselamatkan. Tetapi mereka cukup kaget ketika melihat Kornelius orang yang bukan Yahudi percaya kepada Tuhan Yesus, dibaptis dan berbahasa roh. Mereka akhirnya mengerti bahwa keselamatan bukan hanya untuk orang-orang Yahudi saja, tetapi juga buat Saudara dan saya serta bangsa-bangsa yang lain. Kita tidak akan ada di tempat ini kalau hanya orang Yahudi yang diselamatkan. Tetapi puji Tuhan, keselamatan terjadi untuk semua bangsa, semua orang, kaum dan bahasa. 

Saudara, ini yang saya sebutkan dengan Pentakosta Pertama dan Pentakosta Pertama ini dahsyat, mengapa? Sebab dalam kurun 100 tahun, 70% dari dunia yang dikenal waktu itu, yaitu daerah-daerah di bawah pemerintahan Kekaisaran Romawi itu menjadi Kristen!

Komentar

Postingan Populer