PERANAN ROH KUDUS


ROH KUDUS
Ir. Niko Njotorahardjo

PERANAN ROH KUDUS

1. Roh Kudus Menginsafkan Dunia Akan Dosa, Kebenaran dan Penghakiman

Yohanes 16:8-11, mengatakan bahwa peranan Roh Kudus bagi dunia adalah, “….menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;… (Saudara, di sini jelas, orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus, adalah orang berdosa) akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.” Siapa penguasa dunia ini? Iblis! Saudara jangan takut terhadap Iblis. Kita kadang-kadang berkata, “Saya tidak takut!”, tetapi Saudara banyak terkena jerat-jerat Iblis yaitu bujuk-rayu, kebohongan-kebohongan dan itu yang dia lakukan kepada kita. Hati-hati! Saudara harus tahu bahwa Iblis, penguasa dunia telah dihukum!

2. Roh Kudus Memimpin Kita Kepada Seluruh Kebenaran

Yoh 16:13-14 berkata bahwa:
- Roh Kudus akan memimpin kita akan seluruh kebenaran.
Kita tidak akan mengerti Alkitab kalau kita tidak memiliki Roh Kudus. Kalau ada orang yang tidak memiliki Roh Kudus lalu membaca Alkitab, pasti lain pengertiannya dibanding Saudara dan saya yang sudah memiliki Roh Kudus.
- Roh Kudus akan memberitahu kepada kita hal-hal yang akan datang.
Ada berapa banyak yang percaya bahwa Tuhan Yesus akan datang untuk kali yang kedua? Mengapa Saudara bisa percaya? Karena Roh Kudus ada di dalam kita dan Dia yang memberitahu kita.
Apakah Saudara percaya nubuatan-nubuatan yang terdapat dalam Alkitab? Ini mengenai hal-hal yang akan datang dan sekitar 28% dari isi Alkitab semua berbicara tentang nubuatan. Jadi kalau ada orang yang tidak percaya kepada nubuatan ini bagaimana? Tetapi saya percaya kita akan mengerti, kenapa? Karena kita memiliki Roh Kudus.
- Roh Kudus akan memuliakan Tuhan Yesus sebab Roh Kudus akan memberitahu kepada kita apa yang telah diterimanya dari Tuhan. Karena kita memiliki Roh Kudus, maka kita bisa memuji dan menyembah Dia. “Oh Tuhan Yesus, Engkau dahsyat, Engkau baik. Engkau luar biasa. Mana ada yang seperti Engkau!”. Kita bisa berkata seperti itu karena kita memiliki Roh Kudus!

3. Roh Kudus Memberikan Kuasa Kepada Kita Untuk Menjadi  Saksi Yesus

Sesuai dengan Kisah Para Rasul 1:8, peranan Roh Kudus adalah Dia akan memberikan kita kuasa untuk menjadi saksi Yesus. Jadi pesan yang terakhir dari Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya sebelum Dia naik ke sorga, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”
Ada berapa banyak murid Tuhan Yesus di tempat ini? Berarti ini adalah pesan untuk kita semua! Yerusalem bisa diartikan di antara keluarga. Yudea bisa diartikan di antara orang-orang seiman. Samaria bisa diartikan di antara orang-orang yang bukan seiman. Kita harus jadi saksi Tuhan Yesus! Sebagai saksi Yesus, maka kita akan melakukan hal-hal sebagai berikut:

- Membebaskan hidup yang terbelenggu
- Memulihkan hati yang terluka
- Mencelikkan mata yang buta
- Menyatakan kebesaran kuasa Tuhan
Saudara, kita akan dipakai Tuhan untuk memerdekakan dan membebaskan mereka yang ada dalam tawanan-tawanan. Kita akan memulihkan hati mereka yang terluka. Kita akan dipakai Tuhan untuk mencelikkan mereka yang buta. Bukan hanya saya, tetapi Saudara juga akan dipaksi

Komentar

Postingan Populer