KARAKTER ILAHI KESIAPAN UNTUK KITA NEXT LEVEL

*SHRK Day 1, Selasa 5 November 2019*
_*PMI*_

Beberapa hamba Tuhan dari Malaysia, Eropa dan Afrika menubuatkan bahwa 2020 adalah masa Tuhan memberi upah buat Anak-anak Tuhan

8-9 November buat acara double di Jakarta gabungan Anak Muda berbagai Gereja dan juga dibuat di Semarang. Pastikan kita ikut salah satunya. Karena acara dimulai sama dari Pukul 08.00 - 20.00

_*KARAKTER ILAHI ATAU KESIAPAN KITA NEXT LEVEL*_

Setiap orang bisa dapat karunia dan kesempatan. Namun tanpa karakter semua itu hanya sia-sia.

Menurut data di USA banyak orang ekonomi lemah membeli undian. Mereka adalah orang yang malas bekerja. Mereka yang dapat dari puluhan juta hingga 10 miliar. Setelah 3 tahun semua habis tak berbekas dan tidak ada efek apapun dan tanpa bekas. Masalahnya dimana? Masalah karakter dan tidak bisa menghitung. Karena itu seberapapun diberikan pasti habis.

*Karena itu mari minta karakter ilahi dicurahkan. Supaya ketika berkat itu datang, ketika kesempatan itu datang akan mengubah hidup kita sampai kepada kekekalan.*

*KARAKTER ILAHI :*

*1. Menangkap kebutuhan Menabur benih*
Seorang anak kecil memiliki 5 roti dan 2 ikan sebagai benih yang dapat dilipatgandakan.
Yoh 6:9-11

Anak ini membawa roti jelai, jelas anak ini anak orang miskin. Juga biasanya ikan kecil dibuang, namun orang miskin mengambilnya. Jadi anak ini jelas bukan anak orang kaya. Walaupun ada banyak Ibu-ibu disana yang jelas bawa banyak makanan. Tapi hanya anak kecil ini yang mau memberikan roti dan ikanya.

Bahkan Murid Tuhan Yesus berkata disini ada Anak kecil yang punya 5 roti, tetapi apa artinya. Tidak dapat melihat itu sebagai benih. Demikian juga sering kita tidak dapat melihat apa yang ada ditangan kita sebagai benih. Mungkin kita sebagai gembala dengan jemaat sedikit. Atau punya sesuatu dirumah kita.

*Kesaksian :*
Ketika Anak-anak saya masih umur 4 dan 5 tahun saya ajak untuk membantu mengajari anak-anak pemulung untuk diajari dirumah. Pada waktu itu 1998 masa Krisis moneter, dimana semua orang mau memegang erat apa yang mereka punya. Namun saya melihat itu sebagai kesempatan. Dengan membuka rumah saya memberi makan dan mengajar banyak orang. Sehingga memenangkan ribuan jiwa.

Setiap kali ada bencana, kita selalu berangkat dan membawa makanan. Dan selalu mencari yang paling ujung. Karena yang paling depan akan segera dibantu oleh mereka yang datang dari kota. Persoalan yang mengerikan biasanya tidak ada air bersih atau makanan. Namun saat tiba disana ditanya apakah ini dari Islam atau Kristen? Namun dengan jujur kita menjawab Kristen. Dan mereka berkata wah... Kemudian diterima dan masak dan minum. Saat mereka kedinginan dan kelaparan. Kemudian mereka berdoa dengan masing-masing agamanya. Dan berkata TUHAN yang menjawab duluan, itulah TUHAN yang baik. Kalau seandainya kita menunda dan tidak melihat kesempatan, kita kehilangan moment itu.

Apapun yang ada dalam hidupmu. Mungkin hanya bisa berdoa, main musik atau sedikit duit. Namun bila kita tau menangkap kebutuhan, dan menabur benih dalam ketepatan. Maka tahun depan kita akan menuai dengan ajaib.

Saya hanya memulai pelayanan di Kota Bethkasih bersama 2 Anak saya yang umur 4 & 5 tahun. Apapun yang Tuhan sudah berikan ditangan kita akan Tuhan lipat gandakan lebih dari 1000 kali. Karena 5 roti itu bukan hanya untuk 5000 laki-laki.

2. HIDUP ADALAH KRISTUS DAN MATI ADALAH KEUNTUNGAN

Fil 1:21 Hidup adalah Kristus mati adalah keuntungan

Apakah setiap hari kita bisa mematikan ego, kedagingan, kesombongan, dosa dan semua kelemahan? Untuk mematikan semua itu banyak orang berpikir berat dan tidak enak.

Kita akan sangat beruntung bila kedagingan kita mati. Karena hidup kita akan penuh damai dan tidak mudah marah lagi. Banyak orang tidak berhasil karena mereka menganggap mati daging itu kerugian. Sekalipun seluruh dunia menjelekkan saya, mengatai yang buruk di internet saya tidak melihat itu sebagai masalah. Karena Firman Tuhan berkata berbahagialah engkau bila dihina atau di fitnah.

Setiap kali saya dapat orang yang aneh, yang harus diajar dan di didik itu adalah latihan untuk kesabaran. Karena mati daging itu

Setiap kali saya dapat orang yang aneh, yang harus diajar dan di didik itu adalah latihan untuk kesabaran. Karena mati daging itu keuntungan. Hidup akan menjadi lebih mudah dan enak. Dan penuh dengan keuntungan. Karena hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Setiap bangun pagi, selalu tanya apa yang Tuhan mau. Sehingga kita tidak perlu kuatir. Karena hidup kita dan pelayanan kita dan apapun yang kita butuh adalah Tuhan punya.

Karena berapapun kebutuhan kita sesungguhnya kita tidak punya. Namun bila kita tau semua milik Tuhan, maka Tuhan yang menyediakan semuanya..

*Persoalannya tidak banyak orang yang dapat bergerak seperti selera Tuhan Yesus.*

Sebagai contoh bila Anda adalah orang kaya, dan anda mau makan. Apakah anda mencari koki yang memasak semaunya atau memasak yang anda mau? Kita mencari pembantu yang sok tau atau yang nurut dengan yang anda mau?

Mungkin hari ini banyak diantara kita berpikir kalau kita cukup pandai mengatur diri sendiri, keluarga sendiri dan mengatur keuangan sendiri. Maka hidup kita masih focus saya dan saya. Namun bila kita berkata Tuhan, hidupku adalah Kristus, maka kita melihat bagaimana Tuhan mengatur hidup kita dengan ajaib.

*Seorang penyembah harus meletakkan hidup di altar Tuhan. Hidup bagi Kristus bukan lagi semaunya sendiri. Ikut apa yang Tuhan mau. Maka keajaiban demi keajaiban. Hidup adalah Kristus ketika kita kita mengikuti ritme-Nya TUHAN.*

Hidup adalah Kristus adalah mengikuti keinginan TUHAN, bukan semaunya kita.

Apapun yang TUHAN mau saat kita ikuti dengan taat maka akan menghasilkan keajaiban. Contoh ketika suatu kali saya di invite di Mawar Saron dan mereka umumkan untuk bangun sekolah. Dan TUHAN suruh saya letakkan duit yang saya punya. Walaupun tidak punya banyak, saya taruh semuanya. Begitu sampai dirumah TUHAN berkata : Aku akan memberikan engkau sekolah. Hari ini Tuhan beri sekolah mulai TK, SD, SMP, SMU, Diploma, S1 dan S2 dengan lebih dari 5000 Siswa.

3. MENGEJAR YANG KEKAL DAN MENINGGALKAN YANG NYAMAN
Kej 25:31-33

Yakub lebih kecil dari Esau. Dan Esau disayang Ishak dan Esau badan besar serta suka berburu. Yakub sering di bully Esau.

Ketika kita mengejar yang kekal, kita akan melihat dampaknya. Kita akan melihat apa yang Tuhan percayakan tahun depan.

Ketika saya memulai sekolah, 3 konglomerat menawarkan bangun sekolah elit dengan memberikan 15% buat orang miskin tapi pintar. Ada banyak sekolah yang mau orang miskin tapi pintar atau bodoh tapi kaya. Namun yang saya mau buat adalah sekolah untuk orang bodoh dan miskin. Maka semua konglomerat itu berkata apa???

Semua konglomerat mundur dan berkata kamu gila dan tidak masuk akal. Jadilah bijak dan hitung. Namun hari ini sekolah kami sudah berjalan 21 tahun dan donatur kamu adalah Tuhan Yesus. Anak-anak bodoh itu sekarang sudah ada di seluruh Indonesia, Kuwait dan berbagai Negara memegang perusahaan-perusahaan besar. Hari ini seberapa kita berani mengejar kekekalan.

*Hari ini keturunan Israel menguasai dunia secara ekonomi, pendidikan dan semuanya. Karena Yakub memilih yang kekal dan meninggalkan kenyamanan.*

Dulu seluruh Gereja berteman dengan saya. Karena waktu saya muncul hanya ada 2 pengkhotbah wanita. Tetapi Tuhan berkata masuk dalam doa peperangan rohani, masuk ke pelayanan paling bawah. Layani orang miskin. Tiba-tiba banyak orang mulai menyerang dengan rumah dilempari batu dan kotoran. Anak-anak diancam mau diculik dan orang bawa golok ancam mau membunuh. Tiba-tiba semua teman-teman Gereja berkata kamu terlalu radikal, kamu terlalu nekat, dan berkata kamu sesat. Bahkan orang terdekat berkata kamu tak dapat dimengerti dan terlalu aneh. Seberapa kita menginginkan yang kekal sampai kita berani meninggalkan kenyamanan.

TUHAN tidak mau berhutang, namun Tuhan mencari orang yang punya tekad dan menghargai kekekalan. TUHAN mencari orang yang mau dibawa terbang tinggi. Yang mau membayar harganya.m

4. TERIMA BINGKAR DAN PASANG
Daud di gua Adulam
1 Sam 22:1-2
Maz 26:2

Bila kita ingin memiliki rumah lebih besar, maka harus bongkar dan pasang.

Demikian juga bila kita mau menjadikan wadah dari tanah liat, harus mengalami pembongkaran dan penghancuran. Bila kita ingin dilipatgandakan 3 kali lipat maka harus siap di bongkar dan dipasang.

Ketika saya masih usia 3 tahun tinggal dirumah Nenek saya orang paling kaya di Jepara. Tunjuk apa saja semua pasti dipenuhi dengan 10 pembantu. Kemudian tiba-tiba Orangtua saya pindah ke Biak Papua, dan usia 3,5 tahun harus sekolah. Karena Orangtua saya harus bekerja. Dan teman-teman Sekolah besar-besar semua diatas 9 tahun. Dan mereka anggap saya orang aneh. Kenapa paling kecil, dan kenapa putih dan kenapa rambut lurus?

Kemudian pindah ke Bandung, dan ketinggalan banyak pelajaran. Semua Anak-anak bisa B.Inggris namun saya bisa bahasa Papua. Kemudian tamat SMA Tuhan suruh ke Belanda dengan Gereja saat Pdt mulai khotbah, jemaat pada tidur. Kemudian Tuhan suruh ke Kota yang dimana-mana ada tulisan anjing dilarang masuk. Karena orang Kristen dianggap anjing disana. Saat mengajukan permohonan ijin sekolah tidak diberikan.

Dari Istana masuk ke gua, dari gua diusir keluar dari negara yang dicintai. Itulah yang dialami Daud dan kemudian masuk ke gua Adulam. Di sanalah berkumpul para penjahat kepada Daud. Banyak orang sibuk menyalahkan orang lain. "Dan berkata pemimpiku menindas dan menyakitiku. Namun seberapa yang berani berkata : bongkar lagi, didik lagi, tindas lagi TUHAN. Karena aku tertindas itu baik bagiku. Agar aku bergantung hanya kepadamu. Sehingga kita hanya melihat kepada TUHAN dan bukan mengandalkan diri sendiri.*

Apakah hari ini kita mau menyerahkan hidup kita ditangan Tuhan untuk dibongkar TUHAN.

Saat program TV datang mau buat reality show datang ke Mahanaim dan bertanya apakah disini dulu homo dan sudah dipulihkan? Ada. Apakah ada dulu Lesbi? Ada. Apakah dulunya keluarga hancur dan TUHAN pulihkan? Ada. Semua ditanyakan ada.

5. ABAIKAN KEMUSTAHILAN DAN MENGANDUNG KESELAMATAN
Lukas 1:34-38

Pada waktu itu Tuhan berkata kasih makan bangsa ini. Namun pada waktu itu beli sate harga 10,000 juga tidak ada. Dan perintah itu datang saat tidak punya apa-apa dan tidak bisa bayar listrik. TUHAN berkata beri mereka makan, bangun sekolah dan selamatkan bangsa ini. Bila saat itu saya berkata saya tidak punya teman dan tidak punya uang, maka tidak bisa seperti sekarang ini.

TUHAN selalu berfirman ketika keadaan saat tidak mungkin. Dan saat perintah itu datang kita berkata : bagaimana itu mungkin terjadi.

Atau kita menjawab seperti Maria : Aku ini adalah hamba Tuhan, jadilah padamu seperti yang TUHAN katakan.

Mulai malam ini tangkap rencana besar yang Tuhan taruh dalam hidupmu. Jangan batasi Tuhan. Katakan bahwa setiap kita punya Great Destiny namun akan menjadi berkat bagi bangsa ini. Dan bahkan akan memberi makan puluhan ribu orang setiap hari dan membawa keselamatan atas bangsa ini. Apakah berani percaya Tuhan mengukir GREAT DESTINY.

*KESAKSIAN :*
Kezia lahir Down Syndrom dan saat lahir dokter Anak ini tidak bisa melakukan apa-apa.
Namun memenangkan sangat banyak lomba, kue, foto dan banyak lomba yang lain. Bahkan mengalahkan banyak saudaranya yang normal. Hari ini Garuda sudah mengumumkan menerima Kezia jadi Staff Garuda.

Setiap kali ada acara kebutuhan khusus, Kezia selalu ikut dan selalu diberikan kesempatan untuk bicara. Dan selalu dengan terang-terangan menyebut yg Tuhan Yesus dan memenangkan ribuan jiwa bagi Kristus. Apakah kita mau mengabaikan kemustahilan dan menhandung keselamatan?

7. MELAYANI TUAN YANG SUSAH MENANGKAP JUBAH
1 Raja 19:19-21

Kalau kita pelajari di Alkitab, semua orang yang besar adalah mereka yang mau mengabdi. Menjadi besar lewat jalan pengabdian. Dan pengabdian adalah sekolah elit yang tidak diminati banyak orang. Kebanyakan orang memilih jadi pemberontok. Namun hanya pengabdian yang dapat menjadikan besar.

Elisa mengabdi kepada Elia dan Elia bukan orang yang gampang. Namun Elia galak dan tega. Karena pernah berkata kalau aku hamba Tuhan biar api dat

ang dari langit. Maka 50 pasukan disambar api. Demikian juga saat berurusan dengan 450 nabi baal diejek dan dihina. Kemudian disembelih semua.

Saat Elia memanggil Elisa juga hanya dengan melempar jubah. Elia miliki prinsip setiap yang mau jadi murid harus menangkap kode dan ikut. Jadi tidak gampang berurusan dengan Elia.

Dalam hidup ini ada banyak tuan yang tidak gampang. Apakah kita berani mengabdi disebuah pelayanan, kegerakan? Apakah kita berani mengabdi? Karena tanpa pengabdian tidak bisa jadi besar. TUHAN bisa menaruh siapa saja diatas kita. Bisa suami kita, pemimpin kita, bos kita atau siapa saja.

TUHAN..  siapkan kami di tahun Great Destiny. Didik kami dan lengkapi dengan Roh Allah dan karakter Kristus. Mendapat perkenan-Mu dan jaminan-Mu. Buat kami menangkap dan melewati Proses.

_*Blessings*_
Ps Johnnerman Sipayung



Komentar

Postingan Populer