*SUDAHKAH ALLAHNYA ABRAHAM, ISHAK DAN YAKUB MENJADI ALLAH KITA?

*Rabu, 6 November 2019*
_*Hadassah Gloria*_

*SUDAHKAH ALLAHNYA ABRAHAM, ISHAK DAN YAKUB MENJADI ALLAH KITA?*

Kej 24:11-12

Hamba Abraham, Eliezer sedang diutus Abraham untuk mencari menantu. Dan ketika Eliezer berdoa ALLAH tuanku Abraham. Eliezer sudah ikut Abraham sangat lama dan menyaksikan bagaimana Tuhan memberkati dan mengangkat Abraham dari nol hingga menjadi besar.

Namun ketika Abraham berkata hambaku akan mewarisi hartaku karena engkau tidak memberikan anak kepadaku. Namun Tuhan berkata : orang ini tidak akan mewarisi hartamu. Karena Eliezer tidak pernah membuat ALLAH Abraham menjadi Allahnya.

Rut 1:16

*Namun Ruth yang walaupun orang asing dari Moab dapat mendapatkan warisan bahkan melalui keturunannya Kristus dilahirkan.*

Eliezer adalah hamba biasa, dan Ruth adalah menantu biasa. Namun Eliezer tidak menjadikan TUHAN Abraham menjadi Tuhannya. Namun Ruth menjadikan TUHAN Naomi juga menjadi Tuhannya.

Banyak orang kagum mendengar khotbah hamba TUHAN besar. Namun sering mereka berpikir tentang TUHAN hanya melakukan itu kepada hamba Tuhan tertentu dan bukan buat mereka.

Apakah kita mengalami Tuhan itu baik? Apakah kita punya pengalaman dengan Tuhan? Karena kekristenan yang sesungguhnya kalau kita punya pengalaman pribadi dengan Tuhan. Dan apakah DIA sudah menjadi ALLAH bagi kita?

*Ketika kita mengalami Tuhan, kesaksian demi kesaksian serta pengalaman dengan Tuhan mengalir dari hidup kita. Kita harus tetap belajar dari hamba Tuhan. Setiap kali kita mendengar pengalaman seorang hamba Tuhan bersama Tuhan, kita juga dapat mewarisi dengan merindukan dan meminta sama Tuhan.*

Hari-hari ini setiap pukul 04.00 am kami selalu sibuk memasak makanan untuk dibagikan. Dan sering orang dari wilayah perumahan bertanya Catering apa? Pertama kami memasak daging, saat dingin dan dibagikan kepada Anak sekolah lamaknya daging mengendap dan harus dipanaskan lagi. Sehingga kita belajar bahwa seharusnya daging itu direbus dulu. Sehingga lemaknya tidak keluar walaupun dingin. Demikianlah seharunya kita harus cepat belajar.

Kel 33:13

Kalau kita mau mengenal Tuhan, kita harus mengenal jalan TUHAN. Karena itu Musa meminta Tuhan menunjukkan jalan TUHAN. Supaya kita mengenal pribadi Tuhan. Kalau kita tidak mengenal jalan TUHAN, kita mudah marah, kecewa bahkan murtad. Dan sangat mudah untuk menyerah.

Ayub 23:8-12

Ketika kita penuh dengan masalah kita mencari Tuhan. Dan Tuhan berkata bahwa ketika kita mencari TUHAN, Maka Tuhan akan menemui kita. Tetapi kenyataanya tidak semudah itu. Seperti Ayub mencari ke Utara, selatan, timur dan barat. Namun Ayub berkata Dia mengenal jalanku.

*Apakah kita tetap berkata, walaupun aku tidak mengenal jalan hidupku, aku akan tetap mengikuti jalan TUHAN.*

Membaca kita Ayub kelihatanya sangat mudah. Karena kita tau bahwa semua seijin TUHAN. Dan sekarang kita punya Alkitab. Namun apakah disaat kita dalam masalah kita juga dapat berkata seperti Ayub? TUHAN mengenal jalan hidupku, dan aku tetap ikut TUHAN.

Oral Roberts seorang revivalis di usia yang sudah sangat tua dan kondisi lemah tetap memuji Tuhan. Ketika anaknya mengunjunginya, anaknya menemukan Oral Roberts sedang memuji Tuhan dan melompat-lompat. Setelah dia capek istirahat dan langsung pulang.

*Seharusnya kita tidak perlu takut bahkan ketika kematian akan menjemput. Karena kita akan bersama TUHAN untuk selamanya. Itulah juga yang dilakukan Oral Roberts.*

Yesaya 43:16-21

Israel sedang keluar dari Mesir dan ada 2 jalan. Jalan pertama adalah Laut. TUHAN membuat jalan yang baru yang TUHAN bukakan melalui laut. Dan ada lagi jalan yang lain yaitu di Padang belantara.

Hari itu bangsa Israel tidak dapat melihat jalan TUHAN. Walaupun mereka melihat laut dibelah, namun tidak dapat melihat jalan yang baru. Karena itulah mereka berputar-putar dipadang gurun.

Namun membuat jalan di laut dan di Padang gurun sama sulitnya. Namun mereka tidak dapat melihat jalan yang baru. Dan sampai semua yang lahir di Mesir mati. Hanya Joshua dan Kaleb yang tersisa.

Banyak juga diantara kita berputar di Padang gurun dan tidak dapat melihat jalan yang TUHAN sudah bukakan.

*Sebenarnya kita dapat memahami dan melihat jalan TUHAN yang baru. Dan cara untuk melihat jalan yang baru maka kita harus melupakan cara lama. Baik kegagalan masa lalu, juga keberhasilan masa lalu harus dilupakan. Karena cara Tuhan selalu baru.*

Dan terkadang kita meminta Tuhan memberkati kita dengan cara yang kita pikirkan. Dan itu membuat Tuhan sedih. Karena kita membuat Tuhan dalam kotak.

2020 ada jalan baru yang TUHAN mau tunjukkan. Yaitu jalan yang belum pernah kita lihat. Namun kita harus membuang cara lama kita. Baik kegagalan dan keberhasilan kita.

Hanya Joshua dan Kaleb yang dapat masuk tanah perjanjian. Karena hanya mereka yang dapat melihat jalan TUHAN.
Mari buka hati kita untuk dapat menerima jalan TUHAN. Mari nantikan cara Tuhan yang ajaib.

TUHAN akan berurusan kepada setiap pribadi kita untuk jalan baru kita. Dan semua jalan baru kita tertulis dalam kitab kita. Dan Firman Tuhan adalah terang bagi jalanku dan pelita bagi kakiku. Semua jalan kita dapat kita temukan di Alkitab kita.

*Semua jawaban yang kita hutuhkan sudah ada dalam Alkitab kita.*

_*Blessings*_

*Ps Johnnerman Sipayung*

Komentar

Postingan Populer