MENTAL SEORANG PEJUANG

*MENTAL SEORANG PEJUANG*
*Pdt Petrus Agung Purnomo*

Shalom

Mari kita buka Galatia 3:29 (TB)  Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.

Kita adalah milik Kristus maka kita juga adalah Keturunan Abraham dan kita berhak menerima Janji Allah.

Ada banyak kekayaan dalam Janji Tuhan yang akan diberikan kepada kita.

Kita adalah Keturunan Abraham berhak menerima Warisan Abraham.

*SYARAT MENERIMA BERKAT ATAU WARISAN ABRAHAM ISHAK DAN YAKUB*

Apa yang mereka pernah dapat kan dari Tuhan : Janji Tuhan itu bisa kita dapatkan (bisa diturunkan kepada kita).

Apa yang telah terjadi dibelakang kita menentukan Hak kita pada saat sekarang ini.

*Warisan Kekayaan Rohani yang Tuhan janjikan kepada kita*

*Contohnya : Musa mewariskan apa yang dia punya kepada Yosua*

Demikian juga Elia mewariskan Dua Bagian RohNya kepada Elisa.

*YESUS DIATAS GUNUNG*

Matius 17:1-3 (TB)  Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.
Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang.
Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.

Tuhan Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes naik ke atas gunung. Tuhan Yesus Bertemu dengan Musa dan Elia.

Warisan diturunkan dari generasi yang diatasnya kepada generasi yang dibawahnya.

*YOSUA MENERIMA WARISAN DARI MUSA*

Bilangan 27:18-20 (TB)  Lalu TUHAN berfirman kepada Musa: "Ambillah Yosua bin Nun, seorang yang penuh roh, letakkanlah tanganmu atasnya,
suruhlah ia berdiri di depan imam Eleazar dan di depan segenap umat, lalu berikanlah kepadanya perintahmu di depan mata mereka itu
dan berilah dia sebagian dari kewibawaanmu, supaya segenap umat Israel mendengarkan dia.

Yosua menerima Warisan dari Musa. Yosua adalah seorang yang penuh roh. Yosua menerima sebagian dari kewibawaan Musa.

Ulangan 34:9 (TB)  Dan Yosua bin Nun penuh dengan roh kebijaksanaan, sebab Musa telah meletakkan tangannya ke atasnya. Sebab itu orang Israel mendengarkan dia dan melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

*Yosua penuh Roh Kebijaksanaan setelah Musa meletakkan tangan keatas Yosua*

*ELISA MENERIMA WARISAN DARI ELIA*

2 Raja-raja 2:9-15 (TB)  Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: "Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu." Jawab Elisa: "Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu." 
Berkatalah Elia: "Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi."
Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.
Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!" Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan. 
Sesudah itu dipungutnya jubah Elia yang telah terjatuh, lalu ia berjalan hendak pulang dan berdiri di tepi sungai Yordan.
Ia mengambil jubah Elia yang telah terjatuh itu, dipukulkannya ke atas air itu sambil berseru: "Di manakah TUHAN, Allah Elia?" Ia memukul air itu, lalu terbagi ke sebelah sini dan ke sebelah sana, maka menyeberanglah Elisa.
Ketika rombongan nabi yang dari Yerikho itu melihat dia dari jauh, mereka berkata: "Roh Elia telah hinggap pada Elisa." Mereka datang menemui dia, lalu sujudlah mereka kepadanya sampai ke tanah.

Elisa Menerima Dua Bagian Roh Dari Elia. Roh Elia telah hinggap di dalam hidup Elisa.

*Tuhan Yang Murah Hati Menurunkan Warisan ke atas hidup kita*

Kita harus belajar tentang Warisan Yang Akan kita terima

Mengapa Yosua dipilih untuk menerima warisan dari Musa ? Kapan Nama Yosua Pertama kali muncul ?

Mari kita buka Keluaran 17:8-16 (TB)  Lalu datanglah orang Amalek dan berperang melawan orang Israel di Rafidim.
Musa berkata kepada Yosua: "Pilihlah orang-orang bagi kita, lalu keluarlah berperang melawan orang Amalek, besok aku akan berdiri di puncak bukit itu dengan memegang tongkat Allah di tanganku."
Lalu Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek; tetapi Musa, Harun dan Hur telah naik ke puncak bukit.
Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.
Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam.
Demikianlah Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.
Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit."
Lalu Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya: "TUHANlah panji-panjiku!"
Ia berkata: "Tangan di atas panji-panji TUHAN! TUHAN berperang melawan Amalek turun-temurun."

Yosua melakukan seperti yang diperintahkan Musa. Yosua maju berperang melawan Amalek. Musa naik ke atas gunung. Ketika Musa mengangkat tangannya dan menjadi kuatlah bangsa Israel, Ketika Musa merasa lelah, lalu Harun dan Hur menopang tangan Musa.

*Yosua Pertama kali muncul dikenal sebagai Fighter, Warrior, Pejuang*

*ELISA SEORANG PEJUANG*

Mari kita buka 1 Raja-raja 19:15-17 (TB)  Firman TUHAN kepadanya: "Pergilah, kembalilah ke jalanmu, melalui padang gurun ke Damsyik, dan setelah engkau sampai, engkau harus mengurapi Hazael menjadi raja atas Aram.
Juga Yehu, cucu Nimsi, haruslah kauurapi menjadi raja atas Israel, dan Elisa bin Safat, dari Abel-Mehola, harus kauurapi menjadi nabi menggantikan engkau.
Maka siapa yang terluput dari pedang Hazael akan dibunuh oleh Yehu; dan siapa yang terluput dari pedang Yehu akan dibunuh oleh Elisa.

Elisa pertama kali di sebut sebagai Warrior. Elisa adalah Seorang Warrior yang mengeksekusi.

Kita harus menjadi seorang Pejuang untuk menghadapi masalah kita.

Kita harus menjadi Dewasa dan Aqil Baliq supaya kita bisa berperang. Kita berperang menghadapi penguasa-penguasa diudara. Kita harus menyalibkan daging.

Sejak kita lahir baru kita menjadi Warrior. Awal Karir Yosua adalah seorang Warrior.

Mazmur 84:6-8 (TB)  (84-7) Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.
(84-8) Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion.
(84-9) Ya TUHAN, Allah semesta alam, dengarkanlah doaku, pasanglah telinga, ya Allah Yakub. Sela

Orang yang Kekuatannya Didalam Tuhan : *From Strength To Strength*

Dari Sejak Awal Kita Harus Kuat, Tidak Mudah Menyerah Dengan Masalah.

*Orang yang menyerah pada Tuhan ia tidak akan menyeeah kepada keadaan.*

*FROM FAITH TO FAITH*

Roma 1:16-17 (TB)  Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.
Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."

*FROM GLORY TO GLORY*

2 Korintus 3:18 (TB)  Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

KETIKA KITA LAHIR BARU JATAH KITA ADALAH KUAT DAN MENANG

Ketika engkau mentok kekuatan mu, dengan tenaga yang tersisa sudah seperti ampas diperas Sampai tetes terakhir, kita merangkak tiba-tiba kita melihat Kemuliaan Tuhan.

*PETRUS SEORANG PEJUANG*

Tuhan Yesus mengajar Petrus untuk menjadi seorang Fighter

Lukas 5:1-6 (TB)  Pada suatu kali Yesus berdiri di pantai danau Genesaret, sedang orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan firman Allah.
Ia melihat dua perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya.
Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu.
Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: "Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan."
Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."
Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak. 

Jika kita mau menerima Warisan Ilahi mental kita harus dibongkar

Petrus adalah seorang Nelayan ia menjala ikan semalaman, sudah mentok dan tidak dapat ikan. Sebelum TUHAN YESUS memberikan Ikan Tuhan Yesus mengajar terlebih dahulu kepada orang-orang. Dia naik ke atas perahu.

Ketika Tuhan Yesus mengajar di atas bukit lalu setelah mengajar orang-orang kemudian TUHAN YESUS memberikan Roti dan Ikan kepada 5000 orang dengan Lima Roti dan Dua Ikan.

Hidup kita harus berubah dan Jangan Menyerah. Jika kita Menyerah maka kita akan berhenti.

Kita lihat wanita yang sakit pendarahan selama 12 tahun ia terus berjuang sampai ia menjamah ujung Mumbai jubah Yesus.

Kita lihat iman dari empat orang yang menurunkan orang lumpuh dari atas genteng. Mereka berangkat dari Iman kepada Iman

Marilah kita miliki Mental Seorang Pejuang yang tidak menyerah. Amin

Penulis Joshua Ivan Sudrajat
Sumber You Tube :
https://youtu.be/lY3HHFJosXk

Komentar

Postingan Populer