MENAKLUKKAN TANAH PERJANJIAN

MENAKLUKKAN TANAH PERJANJIAN


Pada waktu saya mengikuti Virtual Sunday Service pada hari minggu yang lalu, saya menerima suatu impresi dari Roh Kudus sebagai suatu arahan dalam masa kita mendesak dalam hadirat-Nya:
1. Roh Kudus akan membawa kita untuk bertumbuh dalam wisdom, stature dan favor.
Tuhan ingin kita mengembangkan takaran iman dalam kehidupan kita sedemikian rupa sehingga mulai muncul kerinduan dan pengharapan untuk Roh membawa kita bertumbuh dalam wisdom, stature dan favor.
Ibrani 11:6 (TB)  Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.
(Kita sudah membahas tentang hal ini dalam beberapa hari terakhir)
2. Roh Kudus akan membawa kita untuk mengalami penyingkapan tentang 'ladang yang sudah Dia berkati' - jenis pekerjaan yang memang sudah Dia tetapkan untuk menjadi profesi dan sekaligus ladang pelayanan kita.
Di saat semua orang ' dirumahkan' dan banyak perusahaan harus berhenti berproduksi, inilah saat yang paling bagus untuk kita mereset kehidupan kita - khususnya di aspek pekerjaan kita!
Jika selama ini sebetulnya kita 'kurang menikmati jenis pekerjaan yang sedang kita jalani', sepertinya kita terpaksa harus menjalaninya karena hanya sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga - maka masa seperti sekarang adalah masa terbaik untuk melakukan reset kehidupan! Kita bersiap-siap untuk memulai kehidupan yang baru begitu pandemi ini berakhir!
Jadi mintalah untuk Roh Kudus menyingkapkan apa yang ada dalam hati Bapa berkaitan dengan jenis pekerjaan yang harus kita mulai segera setelah pandemi ini berakhir. Belajarlah mengenali jenis passion yang Tuhan kobarkan dalam hidupmu. Jadikan passion yang mulai Roh kobarkan setiapkali berdoa atau menyembah sebagai tuntunan atau patokan dalam kita merancang kehidupan kita setelah pandemi ini.
Inilah patokannya: 'Ora et Labora' - kita berdoa, mencari tuntunan Roh atas hidup kita sampai Roh Kudus menyatakan rahasia yang selama ini merupakan isi hati Bapa bagi kita (1 Korintus 2:10-12). Baru setelah Roh menyatakan rencana atau rancangan Bapa, kita pun melangkah mengikuti arahan Roh tersebut.
Saya percaya, pada saat kita terus membangun persekutuan dengan Bapa, Roh Kudus sendiri juga terus menyelidiki hal-hal yang ada dalam hati Bapa berkaitan dengan diri kita, dan Dia akan menyatakannya kepada kita!
Perjalanan hidup sebagai anak Allah, bukanlah perjalanan hidup yang penuh dengan 'mengira-ngira' ataupun dugaan yang tidak jelas. Perjalanan hidup kita sangat jelas, sistematis, terukur dan progresif! Roh Kudus akan membawa kita untuk terus maju dan mengalami progres di dalam Dia!
Jika selama ini perjalanan hidup kita terasa hanya 'berputar-putar di padang gurun rohani', inilah saatnya untuk kita menseting ulang hidup kita guna melangkah masuk dan menaklukkan tanah perjanjian kita!
Dalam doa Ishak, saat ia melepaskan berkat kesulungannya kepada Yakub, Alkitab mencatat:

Kejadian 27:27-29 (TB) Ketika Ishak mencium bau pakaian Yakub, diberkatinyalah dia, katanya: "Sesungguhnya bau anakku adalah sebagai bau padang yang diberkati TUHAN. Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah. Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia."
Alkitab menegaskan, kala Tuhan membawa kita memasuki ladang yang sudah Ia berkati, maka kita akan menikmati:
(1) Tuhan akan memberikan kehidupan untuk memastikan apa yang kita kerjakan, jadi menghasilkan,
(2) Tuhan akan menyediakan jenis pekerjaan atau profesi yang akan membuat kita jadi menikmati berbagai berkat atau kelimpahan yang dari pada-Nya,
(3) Tuhan juga akan membuat kita menikmati promosi yang dari pada-Nya, yang membuat keberadaan kita menjadi ternama di antara bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa,
(4) Tuhan akan membesarkan kita di antara sanak saudara atau kaum keluarga kita,
(5) Tuhan akan ikut memberkati orang-orang yang memberkati dan berbuat baik kepada kita, tapi Dia juga akan menghukum orang-orang yang berniat berbuat jahat kepada kita,
Inilah juga jaminan berkat yang Dia sediakan bagi semua orang yang mau dengar-dengaran dengan suara Tuhan dan terus menyelaraskan hidup mereka di jalan-jalan Tuhan. #AkuCintaTuhan
Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer