PUT YOUR HOUSE IN ORDER

PUT YOUR HOUSE IN ORDER


JKI Higher Than Ever
Ps Hengky Kusworo
Minggu pagi 19 Juli 2020
Put your house in order/
Tata kembali rumah hidupMu. 

Tubuh mu ini adalah bait Allah, sering kali kita hidup dalam kehendak kita sendiri bukan kehendakNya. Kita tinggal ini dimasa anugrah. Begitu anugrah nya habis y hidup kita selesai. 

Dalam Alkitab Tuhan tdk pernah bangga jika Tuhan membuat kuasa dan mujizat. Karena Dia Tuhan yang maha Kuasa. 

Tuhan mau kita belajar jalan Tuhan atau karakter Tuhan. Seperti Tuhan dengan musa.. Show Me Your glory. 

Nantinya akan banyak tanda tanda dibumi  orang yg buat mujizat. Tapi kita harus bisa mengerti mana itu dari Tuhan atau bukan. 

1 Petrus 4:17-18  Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah? 
Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa?  

Org diluar Yesus tdk trima keselamatan, tapi kita yg trima Tuhan akan diselamatkan. Mari tata ulang hidupmu, jangan bangga hidup dgn kemarahan iri hati perjinahan. Lebih baik kita ditegur Tuhan dari pada engkau dibinasakan.
 
Contoh tokoh Alkitab yg tdk bisa ditegur

Yudas dlm hidupnya tdk pernah ditegur Tuhan. Yudas terus mencuri dan mencuri dan tdk pernah ditegur akhirnya hidupnya mati gantung diri. 

Saul org yg gak bisa ditegur. 

Contoh org yg bisa ditegur. 

Petrus itu org yg bisa ditegur. 

Hari hari ini pny yg namanya roh yg mau dididik. Tidak ada manusia yg sempurna. Kita harus rela ditegur. 

Matius 7:15-23 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Dari buahnya engkau akan tau org itu bagaimana. Karaktermu buahmu itu akan kluar dari pohon hidupmu. Tuhan yg akan hakimi hidup kita adalah karakter kita. Pohon yg tidak berbuah akan ditebang. 

Korban yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan
 
‌Kain
1. Tidak semua korban persembahan dan pengorbanan itu adalah kehendak Tuhan. 
Mat 7:21

Korban persembahan. 
Kain itu memberi korban persembahan habel juga. Tapi Tuhan mengindahkan korban habel dan bukan kain, karena korban kain bukan kehendak Tuhan. Karena korban kain kluar dari rutinnya, klo habel karena iman, karena cinta karena kasihnya kepada Tuhan, habel belajar mencari kehendak Allah. 

Korban persembahan harus kluar karena cinta. Klo perpuluhan milik Tuhan ya kita harus tau dan lakukan dengan cinta. 

‌Saul
- keluar dari panggilan atau jabatannya sebagai raja

Tentang persembahan korban Saul memberi tidak sesuai perintah Tuhan lewat nabinya samuel. Hari itu Saul keluar dari call ingnya panggilan Saul adalah raja bukan imam. 
Hari hari ini jadilah sesuai dengan panggilan mu. Kalau engkau gembala ya jadilah gembala, klo engkau nabi ya jadilah nabi. Jadilah sesuai panggilan mu. 

- pengurapan untuk menjagamu ( sprti domba) 

Sejak Saul kluar dari panggilan atau pengurapan nya setan hajar Saul. 
Bnyk org Kristen begitu kluar dari panggilannya setan hajar orang itu. 

Domba sebelum masuk kandang mukanya telinganya diurapi di kasi minyak supaya lalat tdk bisa masuk di telinganya dan buat domba itu gila. Demikian kita kalau kita kluar dari pengurapan kita dihabisi setan. 
Diurapan diatasmu itu yang menjaga saudara. 
1 kor 14

‌Yefta
Yefta kelemahannya sakit hati. Sakit hati bisa muncul kesombongan. 
- foolish vow/ sumpah yg bodoh. 
Tidak perlu untuk bersumpah dia juga disertai Tuhan. 
- grave mistakes/ kesalahan fatal. 
Yefta tidak belajar kepada Tuhan penuh. Yefta sering disakiti saudaranya. 
- vow comes out of his unfaithfulness, not totally trust on God/ tdk percaya Tuhan sepenuhnya. 
Tdk smua pengorbanan mu adalah kehendak Tuhan. Mari belajar tau kehendak Tuhan dlm hidupmu seperti apa. Tidak perlu membuktikan. 

Mat 7:23 

Saudara dipake Tuhan juga bisa berbuat dosa, org mengusir setan dalam nama Yesus itu karena mereka tidak ganggur tapi sedang bekerja atau melayani tapi gara gara kita pembuat kejahatan akhirnya dienyahkan. 

Ketaatan lebih penting dari pada korban. 
Co Saul 
Saul tidak taat kepada Tuhan. Saul tdk bisa ditegur. Iri dengan daud, hatinya gak trima, pingin dipuji, selalu membandingkan dengan Daud. Itu namanya kesombongan. Dan roh Allah meninggalkan Saul. Itu yg bahaya. 

Beda domba dan kambing :
Kambing itu keras kepala
Kambing selalu mempertanyakan Tuhan. 
Kambing melayani dengan kesombongan. ( merasa sudah melayani sudah memberi sudah menolong butuh penghargaan) 

Domba punya sikap tunduk
Domba klo ditegur diam
Domba klo dibawa ke pembantaian nurut
Ketaatannya sifatnya nurut.
Domba memberi makan kepada org banyak tapi merasa tidak pernah melakukan. Domba melakukan dengan cinta. 

Galatia 5:19-21 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, 
penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 

Salah satu pembuat kejahatan adalah
# penyembahan berhala
Saat engkau terikat dgn barang atau pribadi yg membuat engkau kecanduan itu penyembahan berhala. 

Co engkau nonton film Korea terusan, main game terusan itu penyembahan berhala. 

Penyembahan berhala adalah orang berpasangan. 

1 Korintus 6:16-18  Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: "Keduanya akan menjadi satu daging." 
Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia. 
Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.

Saat engkau menyatu dgn dunia makan yang dari dunia itu masuk dalam hidupmu. Engkau buka siapa dalam hidupmu maka hidup org itu akan melekat kepadamu. 

Mari saudara benahi kembali rumah hidup mu didepan Tuhan. 

Note
Hendy Ferdiantantama Susanto.

Komentar

Postingan Populer