DOA SYAFAAT

DOA SYAFAAT
Joshua Ivan Sudrajat



Sahabat Joshua Ivan Sudrajat hari ini kita akan belajar tentang Doa Syafaat

1 Timotius 2:1 (TB)  Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang,

Apa Itu Doa Syafaat?

Doa syafaat adalah berdoa untuk orang lain atau sesuatu yang bukan kebutuhan kita pribadi, tetapi mencakup kebutuhan orang lain atau kebutuhan yang lebih luas seperti lingkungan, bangsa, gereja, bangsa lain, orang lain, dan seterusnya. Dalam bahasa Inggris, kata yang dipakai adalah intercession. Pendoa syafaat ialah seseorang yang datang mendekat dan berdoa di hadapan Allah untuk menggantikan posisi orang lain.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa doa syafaat adalah berdoa atas nama orang lain, maksudnya mendoakan seseorang atau sekelompok orang yang tidak sedang bersama-sama melaksanakan ibadah di satu atap gereja. Lebih mudahnya, doa syafaat ini berarti ‘mendoakan orang lain’.

Ada beberapa macam doa syafaat yang bisa didoakan seperti mulai dari doa syafaat untuk bangsa dan negara Indonesia, gereja dan pelayanan, perusahan, teman-teman kantor, saudara, sekolah, pemuda-pemudi gereja, orang-orang sakit, musuh atau orang yang menganiaya dan tidak berbuat baik pada kita dan masih banyak lagi.

DOA SYAFAAT DALAM ALKITAB

Dalam alkitab sendiri mencatat mengenai doa syafaat sendiri. Misalnya bahwa umat harus berdoa bagi semua yang berkuasa (1 Timotius 2 : 2), para hamba Tuhan (Filipi 1 : 19); gereja (Mazmur (122 : 6) ; teman-teman (Ayub 42 :8); teman-teman sebangsa (Roma 10 : 1); orang-orang sakit (Yakobus 5 : 14); para musuh (Yeremia 29 : 7); mereka yang menganiaya kita (Matius 5 : 44); mereka yang membuang kita (2 Timotius 4 : 16) dan semua orang (1 Timotius 2 :1).

Dalam alkitab doa syafaat juga pertama kali disebut oleh Abraham yang berdoa untuk Sodom yang penuh kejahatan.  Kala itu, Abraham memanjatkan doa karena ia tahu Tuhan akan menghancurkan Sodom yang ditempati oleh Lot, keponakannya.

Dengan tekun dan sungguh-sungguh, Abraham memanjatkan doa syafaat kepada Tuhan. Ia memohon kepada TUhan agar kota itu tidak dapat dimusnahkan jika ada 10 orang benar. Namun pada kenyataannya, orang benar yang ada di Kota Sodom tidak sampai 10 orang. Kota Sodom dan Gomora akhirnya dihancurkan. Meski begitu Lot dan kedua orang anaknya tetap selamat berkat doa Abraham.

Selain cerita Abraham, doa syafaat juga pernah didoakan oleh Musa yang dibantu oleh Harun dan Hur sebagai tim pendoa syafaat yang menentukan kemenangan dalam peperangan bangsa Israel. Selain itu juga, Daniel yang menjadi pendoa syafaat bagi orang-orang Yahudi yang ada di dalam pembuangan Babel. Selain itu, ada Nehemia yang menjadi pendoa syafaat bagi kota Yerusalem yang hancur, dan ada Esther yang menjadi pendoa syafaat bagi seluruh bangsa Yahudi di pembuangan.

DOA SYAFAAT PROFETIK

Doa Syafaat Profetik adalah doa syafaat yang berhubungan dengan nubuatan, suara Tuhan, untuk disampaikan kepada jemaat/orang lain dan atau untuk menjadi beban doa. Orang yang melakukan doa syafaat profetik, berdoa bukan saja atas pergumulan orang lain tetapi  menerima beban doa yang ada di dalam dirinya dari Roh Kudus. Dia akan berhenti berdoa setelah Roh Kudus menyampaikan jawaban atau memberikan konfirmasi bahwa surga telah mendengar atau memberi respon.

Doa syafaat ini merupakan salah satu spesifikasi doa syafaat yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang pada tingkat panggilan tertentu. Seperti panggilan untuk menjadi pendoa syafaat. Dalam doa ini, pesan Tuhan adalah ciri khas.

Disebutkan dalam alkitab juga bahwa Petrus mengalami hal yang sama di dalam roh saat berdoa di loteng sebuah rumah di Yope. Pesan Tuhan jelas, bahwa Tuhan tidak menginginkan Petrus menyampaikan Injil secara eksklusif kepada bangsa Yahudi saja namun kepada bangsa lain juga.

MANFAAT DOA SYAFAAT

Manfaat dari doa syafaat ialah sebagai doa pertahanan agar seseorang tidak menyerah. Selain itu, serupa dengan doa yang sabar menanggung segala kemunduran dan mengatasi setiap rintangan, doa syafaat seperti doa yang mengejar sampai kita menangkap kehendak Tuhan dalam situasi apapun yang kita hadapi.

Ini seperti dalam Filipi 3:12, "Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus

CONTOH-CONTOH DOA SYAFAAT

Sahabat Joshua Ivan Sudrajat kita melihat dan membaca contoh-contoh doa syafaat di bawah ini untuk dibaca sehari-hari.

Doa Syafaat di Pagi Hari

Ya Tuhan yang maha baik, kami mengucapkan banyak terimakasih dan syukur karena Engkau telah memberkati pagi hari kami dengan penuh kebahagiaan serta sukacita.

Terimakasih Ya Tuhan karena sudah memberikan kamu tidur yang nyenyak, udara pagi yang sejuk dan suasana yang damai, Kami sangat bersyukur atas pemberian mu pagi hari ini yang sungguh Indah.

Tuhan Yesus berkatilah seluruh keluarga ku, orang-orag yang ku kasihi seperti teman dan sahabat ku dan seluruh masyarakat Indonesia dan makhluk hidup yang ada di bumi ini agar bisa mendapatkan pagi yang indah dan sejuk seperti yang kami dapatkan.

Berkatilah juga mereka yang kurang tidur karena faktor pekerjaan sehingga mereka Engkau berikan waktu yang cukup untuk istirahat dan dijauhkan dari segala penyakit. Berkatilah juga mereka yang belum bisa mendapatkan kedamaian di pagi hari.

Kami yakin Engkau akan memberikan sukacita kepada setiap makhluk yang percaya kepada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan memohon. Amin.

Doa Syafaat untuk Bangsa dan Negara

Tuhan yang maha mulia dan maha baik, kami bersyukur atas apa yang telah engkau berikan sehingga menjadikan kami bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki banyak keanekaragaman suku, budaya dan bahasa.

Kami bersyukur karena bangsa Indonesia adalah negara yang sedang berkembang dan dipandang baik oleh dunia, sehingga menjadi tempat wisata bagi para turis dan bisa memajukan ekonomi setiap daerah wisata.

Kami bersyukur juga karena perekonomian stabil, kondisi politik sedang baik dan toleransi kehidupan beragama pun sangat baik. Kami sangat senang dapat hidup dan bertumbuh di negara yang kaya raya ini.

Namun, tetap ada beberapa kasus bangsa ini mengalami kemunduran, ada beberapa hal yang kurang baik masih terjadi di negara ini. Contohnya dalam hal menindak keadilan dan hukum, kesenjangan sosial masih tinggi, pengangguran masih tinggi dan masih banyak diskriminatif yang dilakukan oleh beberapa oknum lainnya.

Meski demikian kami memohon kepada Mu ya Tuhan agar negara kami bangsa Indonesia bisa menjadi yang lebih baik di kemudian hari, selalu dipimpin oleh pemimpin yang bijaksana dan baik.

Mari Kita Terus Berdoa dan Berdiri Untuk Indonesia

Jatiwangi 6 MEI 2023
Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer