API TUHAN TETAP MENYALA

API TUHAN TETAP MENYALA 

SIARAN TUNDA BMN NATIONS

MINGGU 22 OKTOBER 2023





EV. SENINA P
API TUHAN TETAP MENYALA

》Imamat 6 : 12-13
"Api yang di atas mezbah itu harus dijaga supaya terus menyala, jangan dibiarkan padam. Tiap-tiap pagi imam harus menaruh kayu di atas mezbah, mengatur korban bakaran di atasnya dan membakar segala lemak korban keselamatan di sana. 
Harus dijaga supaya api tetap menyala di atas mezbah, janganlah dibiarkan padam." 

Jangan biarkan api kita padam. Setiap pagi imam harus menaruh kayu diatas mezbah. Dan kita harus menaikkan setiap penyembahan kita supaya api kita tetap menyala. 

》MEZBAH
Kejadian 8 : 20
"Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu."

Mezbah sangatlah penting. Di mezbah selalu ada api karena salah satu arti mezbah adalah tempat perapian. 

Api Tuhan yang ada di mezbah :
1. Hadirat Tuhan
Kisah para rasul 2 : 3
"dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing."

Api berbicara tentang hadirat Tuhan, jadu hadirat Tuhan dalam hidup kita tidak boleh padam. 

2. Kuasa Tuhan
Kisah para rasul 1 : 8
"Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Saat api kita terus menyala, akan ada hadirat Tuhan yang turun atas hiduo kita sehingga kita akan dikuasai oleh Roh Kudus. Dan kita akan melihat semua keajaiban2 kuasa Tuhan maka kita akan menjadi saksinya Tuhan dan kita akan memberitakan semua kebaikan Tuhan kepada seluruh dunia.

3. Pimpinan Tuhan
Seringkali berita2 tentang apapun membingungkan dan mengintimidasi kita. Ditengah2 ketidak pastian dunia ini, kita butuh pimpinan Roh Tuhan. 

Keluaran 13 : 21
"TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam."

Kita sangat membutuhkan Tuhan untuk terus berjalan di jalan yang benar. Ketika api Tuhan ada dalam hidup kita, maka pimpinan Tuhan akan membuat kita tetap pada jalanNya

Nehemia 9 : 19
"Engkau tidak meninggalkan mereka di padang gurun karena kasih sayang-Mu yang besar. Tiang awan tidak berpindah dari atas mereka pada siang hari untuk memimpin mereka pada perjalanan, begitu juga tiang api pada malam hari untuk menerangi jalan yang mereka lalui."

Ada perjanjian Chesed kasih setiaNya yang dari Tuhan, dimana Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita. Kita harus minta Tuhan untuk menuntun setiap langkah kita dan biar Indonesia tetap dalam rencana Tuhan.

》MEZBAH = ALTARE
Inilah tempat perjumpaan kita kepada Tuhan. Ketika kita menaikkan doa dan penyembahan kita, itu akan membuat kita levih dekat dan intim dengan Tuhan. Mulai untuk membangun hubungan dengan Tuhan sebelum kita melakukan semua kegiatan kita. 

Seringkali kita terjebak dalam rutinitas kita untuk berdoa dll, membangun rutinitas itu baik, tetapi jangan hanya berutinitas tetapi tetap milikilah kerinduan untuk membangun hubungan pribadi dengan Tuhan.

》BAGAIMANA CARANYA ?
Kita harus punya lapar dan haus akan Tuhan.
Matius 5 : 6
"Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan."

Bagaimana ekspektasi dan pengharapan kita kepada Tuhan. Karena jika kita tidak punya harapan, kita tidak akan memiliki kepuasan.
Apapun yang kita ingini, milikilah pengharapan supaya kita bisa memiliki rasa haus dan lapar.

》MIZBEAKH IS A PLACE OF SLAUGHTER
Miz-beakh - zavakh : pembantaian, penyembelihan, mempersembahkan korban.

Korban tidak selalu uang. Tetapi korban adalah apa yang Tuhan minta dari kita yang seringkali kita tidak suka dan tidak mau kasih. Mezbah juga tempat dimana kita untuk mengucap syukur dengan semua korban yang harus kita letakkan. Tetapi saat kita memilih untuk mempersembahkan korban dengan penuh ucapan syukur, akan ada hal2 besar yang Tuhan berikan dalam hidup kita dan semua korban yang kita berikan tidak akan pernah sia2.

Komentar

Postingan Populer