UJIAN

UJIAN

SABTU 9 DESEMBER 2023

PS FENDHY ONGKO






PDT. FENDHY ONGKO
TAHAN UJI

》SEMUA HARUS DIUJI

Daniel 12 : 10
"Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorang pun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya."

Setiap orang harus melewati ujian. Selalu ada ujian untuk kita masuk ke dalam next level. Seringkali bukan masalahnya yang diambil dalam hidup kita, tetapi kita yang dikuatkan sehingga kita bisa mengatasi semua masalah ini.

Setiap ujian yang Tuhan sodorkan dalam hidup kita adalah berguna untuk kita sampai ke destiny kita.
Tetapi banyak orang tidak mengerti bahwa dia sedang mengalami ujian.

■ 1 Korintus 3 : 13-14
"sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.
Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah."


Ujian itu seperti api dan tidak mudah untuk dilewati, tetapi ujian itu akan terus ada dalam hidup kita sampai kita bisa deal with it, maka itu akan selesai. Dan Tuhan pernah memberikan ujian untuk menghancurkan, tetapi Tuhan mau kita bisa dipulihkan, diangkat, dan dimuliakan.

■ Amsal 25 : 4
"Sisihkanlah sanga dari perak, maka keluarlah benda yang indah bagi pandai emas."

■ Ayub 23 : 10
"Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas."

■ 1 Timotius 3 : 10
"Mereka juga harus diuji dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak bercacat."

Mereka harus diuji dulu karakternya, cara kerjanya, pengurapannya, lalu dia akan dipercayakan dalam pelayanan (Quality control).

Akan berbahaya jika di posisi2 tertentu kita tidak diuji dengan benar. Jika kita mau percepatan, kita harus belajar cepat dan banyak diuji.

YUSUF
Mazmur 105 : 19
"sampai saat firman-Nya sudah genap, dan janji TUHAN membenarkannya."

Yusuf mendapat nubuatan ketika umur 17 tahun dan butuh waktu yang lama untuk itu digenapi. Yusuf harus mengalami banyak tes dan sampai diakhir tes dia di penjara. Tetapi dititip trauma dia, itulah titik yang membut Tuhan mengangkat dia dan dipakai Tuhan bahkan untuk menerjemahkan mimpi orang lain.

》TUJUAN UJIAN
- Tuhan mau menunjukan kualitas iman, hati dan pengertian.
Tuhan mengerti hati kita, tetapi terkadang kita yang tidak mengerti isi hati kita. Maka Tuhan perlu membongkar semua yang ada didalam hati kita sampai kita bisa mengerti yang terdalam di hidup kita.
- Tuhan mau memurnikan kita.
Semua ujian dan tekanan itulah yang akan membersihkan dan memurnikan hidup kita. Kita bukanlah sampah, tetapi kita adalah emas. Tuhan mau mempromosikan hidup kita, tetapi harus ada sebuah alasan untuk dipromosikan. Dan kita harus melewati, ujian, belajar dan tes.

* Before God trust us, He tries us.

MACAM MACAM UJIAN
》UJIAN IMAN

Seringkali kita tidak mengerti apa yang sedang terjadi di hidup kita tetapi di dalam kondisi itu kita memilih untuk tetap percaya kepada Tuhan. Tetapi saat kita percaya, Tuhan akan menjadikan semuanya indah dana ajaib.

》UJIAN WAKTU
Seringkali kita suka yang instan. Tetapi Tuhan debgan sabar untuk memproses kita dan menunggu kita sampai kita bisa menyelesaikan semuanya dengan kemenangan. Kesetiaan diuji dengan waktu, bukan hanya waktu yang biasa, tetapi waktu2 yang susah. Butuh waktu untuk Tuhan membangun karakter kita juga.

》UJIAN KETAATAN
Sekalipun kita harus keluar dari zona nyaman, sekalipun bertentangan dengan yang kita mau, kita tetap taat kepada Tuhan.

》UJIAN PENGAMPUNAN
Semua orang harus melewati proses untuk dilukai dan disakiti. Tetapi luka itu harus diubah menjadi kemuliaan, mengubah every scar menjadi star, tetapi Tuhan ingin mengubah luka kita menjadi kemuliaan. Tetapi dalam diri kita harus ada pengampunan sehingga tidak ada luka2 yang membekas dalam hidup kita.

Pengampunan melepaskan kita dari penjara masa lalu kita sehingga kita bisa memiliki harapan untuk masa depan.

》UJIAN KEMURNIAN
Hakim hakim16 : 25
"Ketika hati mereka riang gembira, berkatalah mereka: "Panggillah Simson untuk melawak bagi kita." Simson dipanggil dari penjara, lalu ia melawak di depan mereka, kemudian mereka menyuruh dia berdiri di antara tiang-tiang."

Yusuf memilih memenjarakan nafsunya daripada dia dipenjara oleh hawa nafsunya.

》UJIAN KERENDAHAN HATI
Hanya orang yang bisa direndahkan yang akan ditinggikan dan mendapatkan kemurahan.

* Banyak hal yang ilahi, the price is your pride.
Sampai kita bisa dipermalukan dan tetap senang, direndahkan dan tetap secure, maka kita akan dipercayakan hal2 yang ilahi.

》UJIAN PENINGGIAN
Ada orang2 yang saat dibawa naik tidak lulus. Karakter seseorang akan menentukan saat diberi kedudukan.

BUAH ROH
Buah roh adalah jawaban dan respon yang benar saat kita mengalami ujian. Ketika kita mengalami ujian, kita dilukai orang, kita bisa membalasnya dengan kasih. Diwaktu masa yang susah, kita bisa memiliki kesabaran. Dan biarkan apapun yang terjadi dalam hidup kita, kita bisa meresponi itu dengan buah2 roh.

Komentar

Postingan Populer