TINGGAL DI GOSYEN

TINGGAL DI GOSYEN

RHEMA PRIBADI




Keluaran 8:22-23, “Tetapi pada hari itu Aku akan mengecualikan tanah Gosyen, di mana umat-Ku tinggal, sehingga di sana tidak ada terdapat pikat, supaya engkau mengetahui, bahwa Aku, TUHAN, ada di negeri ini. Sebab Aku akan mengadakan perbedaan antara umat-Ku dan bangsamu. Besok tanda mujizat ini akan terjadi.”


Gosyen adalah tempat dimana Tuhan membuat perbedaan antara orang Israel dengan orang Mesir.


Gosyen adalah satu tempat yg istimewa di mata Tuhan.  Ada banyak yang ditimpakan ke tanah Mesir tapi Gosyen terlindungi. Gosyen menjadi sesuatu yang luar biasa di mata Tuhan. Gosyen menjadi fokus buat Tuhan.  Gosyen adalah tempat dimana Tuhan membuat perbedaan antara orang Israel dengan orang Mesir.


Arti kata GOSYEN: Drawing Near (Mendekat) artinya Mendekat dengan Allah! Duduk di bawah hadirat Allah atau sebuah hati yang melekat kepada Allah.


Tuhan memberikan pengecualian atas Tanah Gosyen (Kel 8:22; 9:26), dimana umat-Nya tinggal. Dan selama Umat-Nya tinggal di tanah Gosyen dan tidak dengan sengaja keluar dari batas tanah Gosyen maka mereka aman.


Belajar dari tanah Gosyen

Untuk selalu ada dalam pemeliharaan dan menikmati janji Tuhan kita harus selalu mendekat kepada Allah dan hidup dalam ketaatan


Kalau di Gosyen terjadi perlindungan karena orang Israel memenuhi syarat/cara yang telah ditentukan Tuhan yakni darah domba harus dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan ambang atas pada setiap pintu rumah; kalau dalam PL darah anak domba dikuaskan ke  ambang atas dan kedua tiang pintu rumah, tapi dalam PB darah itu harus dipercikan. Lalu apa artinya darah itu dipercikan ? Dipercikan = diperkatakan.


Tuhan Yesus memberkati 

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat 


Komentar

Postingan Populer