BERAKAR KUAT DI DALAM TUHAN YESUS

BERAKAR KUAT DAN DALAM DI DALAM TUHAN YESUS 




Sahabat Joshua Ivan Sudrajat hari ini saya melihat Pesan Tuhan dari Instagram Ibu Iin Tjipto Purnomo tentang BERAKAR KUAT DAN DALAM


“Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur,” (Kolose 2:6-7).  


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Apakah fungsi akar rohani di dalam kehidupan kita? Akar rohani berfungsi sebagai fondasi hidup yang membuat kita kuat. Akar rohani juga berfungsi sebagai alat penghisap “nutrisi” dari Kristus ke dalam hidup kita. Lalu bagaimanakah kita semakin berakar di dalam Kristus?


Apa maksud dari berakar ke dalam Kristus?


Yohanes 15:4-7 

Ada waktunyanya kita mengalami Tuhan hadir dalam hidup kita dan Tuhan memberikan kesemptan kepada kita untuk meminta apapun kepada-Nya. Tuhan mau kita mengalami kehadiran Tuhan setiap saat dalam hidup kita, bukan hanya pada waktu pertemuan-pertemuan ibadah saja.


Arti tinggal di dalam Dia adalah melihat kepada karakter dan pribadi dari Tuhan Yesus


Tertanam di dalam Tuhan Yesus artinya kita menarik semua apa yang ada di dalam Tuhan Yesus, baik itu kehidupan-Nya dan karakter-Nya.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Berakar di dalam Tuhan Yesus Kristus berarti berakar di dalam KASIH-Nya (Agape), berakar di dalam pribadi-Nya.


AKAR bagi sebuah pohon sangat penting.


Akar memberikan pohon kekuatan, menjadikan kokoh, untuk tegak berdiri (kestabilan) sehingga tidak mudah goyah ataupun roboh. 


Begitu juga kasih Allah di dalam Tuhan Yesus memberikan kita kekuatan dan stabilitas rohani, menjadi kokoh, dan keamanan bagi rohani kita. Aman artinya kita memiliki perlindungan, karena kita memiliki akar yang kuat dalam Kristus. Kita mengalami covering di dalam Kristus, di dalam gereja-Nya (Komunitas)


Amsal 12 : 3 Akar orang benar tidak akan goncang. Akar orang benar selalu ada di tanah yang benar, berakar kuat ke dalam, bahkan sampai ke batang air (aliran air di dalam tanah). Sebagai anak-anak Tuhan, kita harus berakar kuat ke dalam, jika tidak maka kita akan menjadi orang kristen yang dangkal, tidak tertanam di gereja, yang mudah goyah dan roboh ditiup oleh rupa-rupa angin pengajaran.


Akar memberikan makanan/ vitamin kepada pohon (batang, carang, daun) untuk menghasilkan buah. 


Akar adalah sumber untuk menyerap air dan makanan bagi pohon. Jika kita berakar di dalam Tuhan, maka Tuhan akan memberikan kita makanan rohani. Analogi di Alkitab “pohon yang berakar ke dalam sampai ke batang air”. Air menggambarkan Firman Tuhan dan Roh Kudus (Baca: Mazmur 1 : 1 – 3; Yeremia 17 : 7 – 8)


Akar memberikan pohon kapasitas untuk menghasilkan buah (reproduksi). Kasih Tuhan membuat kita menghasilkan buah, bukan hanya diberkati (mendapat berkat), tetapi juga untuk memberkati. Jika kita memiliki akar di dalam Kristus maka kita diberkati untuk memberkati.


Amsal 12 : 12 Akar orang benar mendatangkan hasil (akan berbuah)


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Berakar dan bertumbuh di dalam Kristus adalah suatu proses seumur hidup.


Jika kita tidak mengalami PROSES untuk berakar dan bertumbuh, maka pasti kita akan mati secara rohani. Itu sebabnya untuk berakar dan bertumbuh kita harus ada di dalam komunitas rohani (GDS). Hidup kita harus ditanam di tanah yang baik dan subur, supaya kita bisa berakar dan bertumbuh.


Matius 13 : 5 – 6  Jika tanahnya berbatu dan tipis, maka pohon akan menjadi layu dan kering, karena tidak berakar. Setiap orang hanya bisa bertumbuh jika firman Tuhan masuk ke dalam hidupnya, karena firman adalah makanan rohani. Firman selalu bekerja dengan urapan Roh Kudus untuk menjadi kekuatan rohani dalam hidup kita. Dari pihak kita harus ada kerinduan/ kehausan untuk mendalami firman Tuhan, dan untuk terus mendapatkan urapan baru supaya kita berakar lebih dalam, dan bertumbuh semakin kuat secara rohani.


Bagaimana Supaya kita harus bertumbuh? 



1 Petrus 2 : 1 – 3  Kita harus mencungkil dan membuang semua “batu-batu” (segala kejahatan, segala tipu muslihat, segala macam kemunafikan, kedengkian, fitnah) yang dapat menghambat kita untuk bertumbuh secara rohani. Dan selalu ingin akan firman Tuhan (air susu yang murni dan rohani) supaya kita semakin bertumbuh. Buang semua dosa dan semua kejahatan, dan terima yang benar. Uji diri kita masing-masing saat ini, apakah kita masih memiliki kerinduan kepada firman Tuhan?


Yakobus 1 : 21 – 22  Buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan, dan terimalah firman Tuhan dengan lemah lembut yang tertanam dalam hati kita yang menjadikan kita pelaku firman Tuhan melalui pertolongan Roh Kudus. 


Jika kita taat melakukan firman, maka Tuhan akan memberikan kita kekuatan dan kemampuan untuk melakukannya. Melangkah dulu, baru Tuhan akan memampukan kita.



Alkitab mengajarkan kita bahwa untuk bertumbuh itulah proses hidup, namun kita juga harus berusaha melakukan bagian kita 


Kolose 1 : 21 – 23  Tuhan mau memakai hidup kita untuk memanifestasikan kemuliaan-Nya. Itu sebabnya kita harus TEKUN di dalam IMAN (itu adalah usaha kita), Jangan pasif, kita harus AKTIF. Jika Tuhan sudah memulai segala sesuatu dalam hidup kita, maka kita juga harus melangkah. Jika kita melangkah, maka Tuhan akan bekerja lebih dari apa yang kita doakan dan pikirkan.



Bertekun di dalam iman, tetap teguh, tidak bergoncang, dan Jangan mau digeser dari pengharapan Injil, itulah yang harus menjadi sikap dan kehendak kita, bahwa kita mau tetap TEGUH dan KUAT di dalam Tuhan! 


Tetap teguh dan tidak bergoncanng lawan dari Efesus 4 : 14 (baca) Kita bukan lagi anak-anak yang mudah diombang ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, permainan palsu dan kelicikan yang menyesatkan.

Kita akan tetap teguh kuat dan kokoh (HEDRAYOS – yunani) tidak mudah diombang-ambingkan, tidak mudah dihancurkan. 



1 Korintus 15 : 58 (baca) “Karena itu… berdirilah teguh, jangan goyah”


Serangan iblis semakin hebat untuk menghancurkan iman kita, itu sebabnya kita harus berakar, bertumbuh, berbuah di dalam Kristus, supaya kita ada dalam covering (perlindungan Tuhan).


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Hari-hari ini kita harus semakin Berakar di dalam Tuhan Yesus, untuk itu kita harus memiliki PERJUMPAAN PRIBADI dengan Tuhan Yesus Kristus



Tuhan Yesus memberkati


Jatiwangi 20 Februari 2024


Only By HIS GRACE


Joshua Ivan Sudrajat 





Komentar

Postingan Populer