PERSPEKTIF NABI PALESTINA: ‘DARI SUNGAI KE LAUT’

 PERSPEKTIF NABI PALESTINA: ‘DARI SUNGAI KE LAUT’






NUBUATAN KUNO


Tapi dari mana asal ungkapan “Dari sungai ke laut”? Apakah Anda terkejut mengetahui bahwa itu berasal dari Alkitab? Beberapa bagian menggambarkan dimensi tanah perjanjian orang Ibrani. Ini dia dalam pasal pertama kitab Yosua, yang diberi nama sesuai dengan nama asisten Musa:


“Musa, hambaku, sudah mati. Oleh karena itu, telah tiba waktunya bagimu untuk memimpin bangsa ini, bangsa Israel, menyeberangi Sungai Yordan menuju tanah yang Aku berikan kepada mereka. Aku berjanji kepadamu apa yang Aku janjikan kepada Musa: 'Di mana pun kamu menginjakkan kaki, kamu akan berada di tanah yang telah Kuberikan kepadamu, mulai dari padang gurun Negev di selatan hingga pegunungan Lebanon di utara, dari Sungai Efrat di timur hingga Laut Tengah. di barat, termasuk seluruh negeri orang Het” (Yosua 1:2-4; NLT, penekanan penulis).


Yosua diperintahkan untuk memimpin orang-orang Ibrani, yang berkemah di sisi timur Sungai Yordan di seberang Yerikho di sisi barat, untuk menguasai seluruh tanah dari perbatasan Mesir sampai ke timur laut hingga Sungai Efrat, bukan hanya wilayah dari Sungai Yordan hingga Laut Mediterania. Batasan ini mengulangi batasan yang dijelaskan kepada Abram dalam Kejadian 15:8 dan kepada Musa dalam Keluaran 23:31-33. Batasan ini ditambah sedikit dalam Ulangan 11:24 untuk memperjelas bahwa batas utara adalah tanah Libanon.


Pemimpin Mesianik Ariel Blumenthal telah membantu saya memahami konsekuensi geopolitik modern dari batas-batas di timur laut ini ketika dia baru-baru ini menulis bahwa tanah warisan yang dijanjikan Israel mencakup wilayah fisik yang jauh lebih besar daripada yang saya bayangkan sebelumnya: “antara Sungai Eufrat dan Laut Mediterania termasuk apa yang sekarang menjadi bagian dari Yordania, Suriah, dan Irak.”


Masih belum jelas apakah batas-batas alkitabiah “dari sungai ke laut” ini akan terwujud akibat perang yang terjadi di Gaza saat ini. Kami tidak tahu. Namun, ketika kita mendengar seorang jenderal penting Iran dibunuh di Suriah dalam dugaan pemboman Israel dan penasihat serta pengamat Rusia dan AS berada di wilayah tersebut untuk melawan aktivitas teroris ISIS, hal ini patut menjadi perhatian kita. Nabi Yesaya menyatakan bahwa Damaskus suatu hari akan menjadi “timbunan reruntuhan” (Yes. 17:1-3).


SEBUAH PERSPEKTIF PROFETIK


Blumenthal percaya “Tuhan sedang mengubah keadaan, dan saya yakin kita akan melihat beberapa perubahan besar dalam batas-batas” di Timur Tengah. Ia menawarkan perspektif baru mengenai krisis Palestina/Yahudi ketika ia mendesak kita sebagai umat beriman “untuk mengarahkan orang-orang pada Alkitab dan berkata, 'Hei, tahukah Anda dari mana ungkapan itu berasal? Itu berasal dari Alkitab, di kitab Yosua. Tahukah Anda bahwa Tuhan menjanjikan tanah tersebut kepada anak-anak Israel, bangsa Yahudi, lebih dari 3.000 tahun yang lalu sebelum ada yang namanya Palestina atau bangsa Palestina?'”


Ia menunjukkan bahwa banyak catatan sejarah modern di Timur Tengah merupakan “hal yang cukup baru.” Apa yang telah dikuasai selama 400 tahun oleh Kesultanan Utsmaniyah Islam tiba-tiba menjadi milik para pemenang Perang Dunia I. “Negara-negara” baru terbentuk di tanah, pasir, dan rawa-rawa di wilayah luas yang tidak memiliki pemerintahan formal, uang, atau kekuasaan. ibukota sebelumnya. Yordania adalah hal baru. Kuwait adalah hal baru. Israel adalah negara yang baru namun sama tuanya dengan Abram, seperti yang diungkapkan dalam catatan Alkitab. Blumenthal percaya bahwa kita harus menganut ungkapan “Dari sungai ke laut” dan mengarahkan orang-orang pada Alkitab—Firman Tuhan yang kekal. Umat Kristen Arab membutuhkan doa kita seperti halnya orang-orang Yahudi Mesianis yang percaya. Doakan mereka dan tetangga Arab mereka hari ini.{eoa}


Gary Curtis served for 27 years as part of the pastoral staff of The Church on The Way, the First Foursquare Church of Van Nuys, California. Since retirement in 2016, he has continued to blog at worshipontheway.wordpress.com. Gary and his wife live in Southern California and have two married daughters and five grandchildren


Sumber Link : https://mycharisma.com/propheticrevival/a-prophetic-palestinian-perspective-from-the-river-to-the-sea/


Diterjemahkan oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer