Jalin Hubungan Dengan Tuhan dan Sesama


Jalin Hubungan Dengan Tuhan dan Sesama
Ev. Iin Tjipto Wenas

Bahan Renungan : 1 Yohanes 1 : 7

Manusia diciptakan oleh Tuhan tidak sendirian, Dia diciptakan Tuhan untuk mempunyai hubungan dengan lawan jenis. Adam diciptakan dan mempunyai hubungan dengan sesama dia. Tuhan Yesus ingin kita mempunyai hubungan pribadi dengan Dia. Dasar Hubungan itu adalah :

1. Pengampunan

Untuk Mempunyai Hubungan dengan Tuhan Yesus, kita harus mendapatkan pengampunan dosa dari Tuhan Yesus. Ada banyak dari orang kristen yang tidak bisa mengampuni karena pengampunan dari Tuhan Yesus belum sempurna terjadi didalam kehidupan kita. Kita harus minta pengampunan Tuhan itu sempurna dalam kehidupan kita.

Ada banyak contoh dalam kehidupan kita sehari – hari yang tidak bisa mengampuni sesamanya, adik menaruh iri kepada kakaknya. Ada seorang anak yang selama 12 tahun menjadi anak tunggal, tetapi setelah itu ia mempunyai adik, ia merasa ditinggalkan oleh orang tuanya karena ia tidak pernah diperhatikan lagi. Dari situ ia mempunyai kebencian terhadap adiknya. Ia tidak mau mengampuni adiknya.

Banyak orang kristen atau anak Tuhan yang mempunyai luka sama Tuhan dan Hamba Tuhan. Saya pernah memberikan konseling sama seorang ibu yang anaknya meninggal dalam kandungan. Ibu ini kelihatan sedih di wajahnya, ibu ini mempunyai luka sama Tuhan. Ia berteriak sama Tuhan untuk apa saya mengandung dan akhirnya bayi ini lahir dalam keadaan meninggal. Saya menjelaskan kepada ibu ini bahwa saya pernah melahirkan seorang anak dan usianya hanya 3 minggu, namun saya mengatakan bahwa Tuhan mempunyai rencana buat bayi – bayi yang meninggal. Bayi – bayi ini bertumbuh di surga, mereka melayani Tuhan. Ibu ini berkata kenapa tidak ada hamba Tuhan yang menjelaskan rencana Tuhan atas bayi – bayi yang meninggal dalam kandungan. Ibu ini kemudian didoakan dan ibu ini mengalami pengampunan dari Tuhan. Muka ibu ini mengalami perubahan dan sukacita ada di wajahnya. Ibu ini kembali mencari Tuhan dan semua lukanya dibereskan.

Marilah kita minta pengampunan yang sempurna dari Tuhan sehingga kita bisa menjalin hubungan dengan Tuhan dan sesama.

2. Darah Yesus

Kita tahu bahwa di dalam darah mengandung suatu gen, mengandung suatu temperamen dan karakter. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa temperamennya tidak bisa berubah, orang ini tidak percaya bahwa Kuasa Darah Yesus bisa mengubahkan.

Jika kita melakukan perjamuan kudus, kita harus percaya bahwa darah Yesus yang masuk melalui perjamuan kudus ini bisa mengubahkan kita. Percayalah bahwa melalui darah Yesus ada pemulihan, melalui darah Yesus ada pemutusan hubungan dengan kutuk nenek moyang. Melalui darah Yesus kita menerima janji Tuhan dan warisan dari Tuhan. Kita juga akan menerima kuasa dan karakter Yesus melalui perjamuan kudus.

3. Hidup Dalam Terang

Hidup dalam terang adalah bisa mengenal diri sendiri, mengerti kelemahan diri sendiri. Kita harus minta ampun sama Tuhan dan kita akan mendapatkan pemulihan dari Tuhan.

Dalam hidup saya, saya tidak menyadari bahwa saya mempunyai kesombongan. Sejak SD sampai SMA saya selalu mendapatkan ranking satu,  jika ada yang nanya dan muji, saya bilang semua karena Tuhan padahal dalam hati saya, saya berkata saya ranking satu karena saya pintar. Ternyata itu adalah kesombingan. Saya juga mempunyai pikiran, kalau saya menikah nanti, saya tidak mau tergantung dengan uang suami, saya harus bisa punya uang sendiri dan saya tidak mau terima uang dari suami. Saya juga bertekad untuk bisa mengerjakan setiap pekerjaan laki – laki. Kesombongan saya begitu kuat sehingga Tuhan menghancurkan kesombongan saya selama saya di Belanda. Empat tahun lama nya saya mengalami proses dari Tuhan untuk mengikis kesombongan. Tuhan Yesus membereskan kesombongan saya di Belanda, baru selesai dan tuntas selama 7 tahun di Belanda.

Ciri – Ciri Orang Yang Terluka :
  1. Suka Mengkritik.
  2. Suka mengasihani diri.
  3. Pesimis.
  4. Ikut Campur.
  5. Pengacau.
  6. Pengendali.
  7. Cuek atau Tidak Peduli.
  8. Pendengki.
  9. Sukanya Menyedot dan tidak pernah memberi.
  10.  Pemalas.

Tuhan Yesus menginginkan dari setiap kita untuk mengalami pemberesan bersama Tuhan Yesus. Langkah – langkah pemulihan ini adalah : Terbuka dihadapan Tuhan dan lakukan seperti dalam Filipi 4 : 8.

Lakukanlah setiap teladan yang sudah Tuhan Yesus berikan melalui firmanNya. Misalnya jika kita pesimis, kita harus lawan dengan mengadakan pengakuan iman. Jika kita mempunyai hubungan pribadi dengan Tuhan maka kita akan mengalami pemberesan demi pemberesan bersama Tuhan. Amin.

By His Grace
Joshua Ivan S


Komentar

Postingan Populer