Menjadi Jemaat Yang Berkenan


Menjadi Jemaat Yang Berkenan
Ev. Iin Tjipto Wenas

Bahan Renungan : Rut 3 : 1 – 18

Ada 4 Syarat Untuk Menjadi Jemaat Yang Berkenan Kepada Tuhan yaitu :

1. Rut 3 :1 Menjadi Tempat Perlindungan

Didalam kita mengikut Tuhan kita butuh tempat perlindungan. Tempat Perlindungan adalah Komunitas kecil kita atau Komunitas Sel kita. Didalam Komunitas sel kita diterima dan ada hubungan sehingga kita bisa berlindung dalam komunitas kita.

Biasanya dalam gereja yang jemaatnya sudah banyak, kalau kita hanya mengikuti ibadah raya saja, kita tidak bisa menjadikan gereja menjadi tempat perlindungan kita. Didalam jemaat yang besar sering kali hubungan sudah pudar. Kalau kita berada dalam komunitas kecil maka kita bisa saling menjaga dan saling melindungi.

Hubungan perlu ada di komunitas sel (komsel), hubungan yang saling mengenal akan membuat kita saling membagi sehingga terjadi perlindungan saat teman atau saudara kita butuh perlindungan.

Kesaksian : Sewaktu Ibu Iin kuliah di Delf Belanda, dia tinggal satu apartemen dengan mahasiswi yang kuliah di jurusan ekonomi, setiap hari mereka bertemu di lift, selama beberapa hari dia tidak menemukan mahasiswi ini di lift. Kemudian ibu Iin mencari dia dengan menanyakan dimana letak kamar mahasiswi jurusan ekonomi. Ketika dia ketuk kamarnya, ternyata anak ini sedang sakit cacar air dan kondisi tubuhnya sangat lemah. Akhirnya Ibu iin dan suami bekerja sama untuk menolong anak ini. Suaminya membereskan kamar bersama teman – teman persekutuan mahasiswa, sedangkan yang wanita membantu untuk memenuhi kebutuhan anak ini. Karena melihat kasih yang diberikan, tadinya anak ini tidak pernah gabung dalam ibadah, anak ini ikut ibadah karena dia merasakan perlindungan dan kasih dari teman – teman persekutuan mahasiswa.

Komunitas sel adalah tempat untuk saling berbagi, saling mengenal, saling mendukung, saling bertumbu, dan saling melindungi.

2. Rut 3 : 3 Pakaian Pesta

Pakaian berarti perbuatan kita, di Alkitab mengatakan pakaian pesta melambangkan perbuatan yang baik, kemurahan hati, kasih, sukacita, kesabaran, damai sejahtera.

Urapan adalah minyak yang dicurahkan kepada kita. Minyak sebagai lambing Roh Kudus. Orang – orang yang diurapi oleh Tuhan akan berbeda dengan orang – orang yang tidak diurapi.

Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam hidup ini. Kita harus menjadi berkat buat orang lain. Kita harus menjadi berkat buat orang – orang yang ada disekitar kita. Syaratnya adalah kita harus diurapi oleh Tuhan. Keintiman dengan Tuhan akan melahirkan pengurapan.

Pelayanan kita adalah hubungan dan tanggung jawab kita dengan Tuhan dan hubungan dan tanggung jawab kita dengan manusia. Kita harus mempunyai hubungan dengan Tuhan dan melakukan tanggung jawab yang Tuhan berikan kepada kita. Kita yang diurapi Tuhan semuanya harus berfungsi.

Setiap hari kita harus diurapi oleh Tuhan. Mandi melambangkan pentahiran atau dibersihkan. Pentahiran tidak hanya sekali saja tetapi harus dilakukan setiap kali. Kita harus dibersihkan dari debu kemalasan, kesombongan dan iri hati supaya kita tidak nempel dalam hidup kita.

3. Rut 3 : 5 Tunduk dan Taat

Kita harus tunduk kepada manusia (suami, gembala) dan kita harus Tunduk sama Tuhan. Kita harus sadar bahwa kita ini hanya hamba.

4. Menantikan Tuhan

Kita sebagai anak Tuhan harus senantiasa menantikan Tuhan dengan setia dan tekun.

By His Grace


Joshua Ivan



Komentar

Postingan Populer