Memiliki Roh Berkelimpahan, Intim dan Perkasa


Memiliki Roh Berkelimpahan, Intim dan Perkasa
Ev. Iin Tjipto Wenas
Bahan Renungan : Kisah 7 : 1 – 53

Yusuf (Kisah 7 : 9 – 10)
Yusuf mempunyai Roh Kelimpahan. Kelimpahan artinya memberi terus menerus berkelimpahan. Yusuf mempunyai roh berkelimpahan karena dia mengampuni secara terus menerus mulai dari saudara – saudaranya, istri potifar, juru minuman. Yusuf berkelimpahan sehingga ia memberikan nasihat kepada Firaun, Yusuf berkelimpahan sehingga ia memberikan pertolongan, Yusuf berkelimpahan sehingga ia memberikan makanan. Tuhan mau kita mempunyai sifat atau roh yang berkelimpahan. Yusuf sebenarnya tidak berkelimpahan secara materi , namun Tuhan yang memberkati Yusuf secara berlimpah karena Yusuf mempunyai roh yang berkelimpahan. Apakah kita mempunyai jiwa yang berkelimpahan ? Maukah kita menjadi seperti Yusuf yang diberkati Tuhan ? Jadilah seperti Yusuf dan Menabur di lading Tuhan, karena menabur diladang Tuhan tidak rugi Tuhan akan memberkati kita dengan berkelimpahan. Milikilah roh yang berkelimpahan.

Musa (Kisah 7 : 35)
Saat ini kita mempelajari tokoh alkitab yang bernama Musa ada 2 hal yang bisa kita pelajari dari tokoh ini, yaitu :
1. Intim dengan Tuhan.
Orang yang punya keintiman adalah orang yang bisa meraba hatinya Tuhan, bisa mengerti pikiranNya Tuhan, bisa mengerti cara kerjanya Tuhan. Orang yang tidak intim dengan Tuhan, tidak bisa mendengar suara Tuhan akan digilas oleh iblis.
Kita harus belajar peka, belajar intim dengan Tuhan, belajar taat sama Tuhan. Seringkali kita lebih mementingkan perasaan kita daripada perasaan Tuhan. Seringkali kita menggunakan cara kita untuk mengatasi pergumulan kita.
Dimana ada keintiman dengan Tuhan disitu ada ketaatan. Dimana ada ketaatan disitu ada keintiman dengan Tuhan.

2. Lemah Lembut
Lemah Lembut artinya kerelaan kita untuk mengikuti Tuhan dan mau dibentuk oleh Tuhan.

Yosua (Kisah 7 : 45 – 47)
Kita belajar dari tokoh alkitab yang bernama Yosua, seumur hidupnya Yosua ini berperang. Ketika kita berperang kita tidak cukup hanya memiliki roh kelimpahan, keintiman saja melainkan dibutuhkan roh yang perkasa.

Kenneth Hagin pernah berdoa namun doa dia tidak bisa naik ke hadirat Tuhan, kemudian Roh Kudus memberikan pengertian kepada dia bahwa ada iblis yang sedang menekan dia, kemudian ia berdoa dan mengusir iblis dari hadapan dia, maka doanya bisa naik ke hadirat Tuhan.

Kita harus menyerang dan menduduki musuh, jika kita tidak menyerang dan hanya bertahan maka kita akan dihancurkan oleh iblis. Tuhan katakan kamu harus berperang dan rebut kemenangan itu sebab Tuhan sudah menjadikan kita lebih dari pemenang. Tuhan katakan apakah engkau sedang berperang buat keluargamu, usahamu, kotamu dan bangsamu.

Tuhan telah memanggil saya untuk tinggal dan menetap di Bekasi, Tuhan menyuruh saya untuk melakukan peperangan rohani, saya menduduki daerah – daerah musuh.

Paulus berlari sedemikian rupa dan ia berlari mengarahkan pada tujuan yang Tuhan sudah tetapkan dan dia mendapatkan mahkota.

Daud adalah seorang penyembah, dia mempunyai keintiman dengan Tuhan. Lambang seorang penyembah adalah kerub yang terbuat dari emas. Emas lambang sebuah kemurnian. Kerub saling menundukkan diri. Untuk dimurnikan perlu kerendahan hati. Dalam kerendahan hati ada persatuan. Persatuan membiarkan orang lain menang.

Salomo adalah orang yang mempunyai hikmat dan kebijaksanaan. Kita butuh hikmat Tuhan untuk melakukan tepat apa yang Tuhan mau. Kita harus menangkap apa yang Tuhan mau.

By His Grace


Joshua Ivan S

Komentar

Postingan Populer