Melewati Penderitaan


Mezbah Firman
30 Maret 2012
Melewati Penderitaan
Pdt . Petrus Agung Purnama
Bahan Renungan : Mazmur 73 : 1 - 28
Hidup kita dipenuhi misteri , ada banyak hal yang tidak dapat kita mengerti . banyak sekali misteri kehidupan yang kita alami , kita mempunyai tempat untuk misteri ilahi.
Didalam mazmur 73 : 1 – 28 ada 2 ( dua ) kata yang dalam bahasa inggris mempunyai  makna yaitu : To dan Thought.
Sebenarnya dalam kehidupan anak – anak Tuhan mujijat yang paling mudah terjadi yaitu kemakmuran ( Mazmur 23 : 1 ) dalam Mazmur 23 : 1 ada 4 janji Tuhan yaitu :
1.       Dia akan membaringkan dipadang rumput hijau
2.       Dia akan membimbing ke air yang tenang
3.       Dia akan menyegarkan jiwa kita yang haus
4.       Dia akan selalu menuntun kita
              Mazmur 23 : 4 sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman , ayat ini menunjukkan bahwa setiap manusia termasuk anak – anak Tuhan melewati namanya penderitaan . ada saatnya orang melewati penderitaan , kenapa Tuhan ijinkan ?
1.       Oleh karena panggilan mereka untuk melewati penderitaan bukan karena kesalahan , dosa atau kutuk
Ada proses penderitaan dalam jangka waktu yang panjang ,
contohnya : jemaat di smirna ( wahyu 2 : 8 – 11 ) walaupun jemaat smirna miskin secara harta dan mengalami banyak penderitaan , namun mereka kaya di jiwa .
contohnya : jemaat pergamus ( why 2 : 12 – 13 ) juga mengalami panggilan untuk menderita . panggilan Tuhan untuk mengalami penderitaan bias individu atau secara kelompok.
Panggilan untuk menderita karena iman juga bias mengalami penderitaan . Kol 1 : 24 – ada orang – orang yang panggilannya menderita , orang – orang tersebut kebanggaannya yaitu karena panggilan untuk menderita itu kita harus mengerti karena ada orang – orang yang dipanggil untuk menggenapkan penderitaan .
I Petrus 2 : 9 – ada orang – orang yang sadar bahwa mereka tahu harus mengalami penderitaan karena kasih karunia . mereka sadar akan kehendak Allah untuk menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung .
I Petrus 3 : 14 – ada orang – orang yang mengalami penderitaan karena kebenaran . II Korintus 1 : 5 ketika kita mengalami berlimpah – limpah dalam kesengsaraan kristus , kita juga akan mendapatkan penghiburan yang berlimpah – limpah .
Ada orang – orang yang mendapatkan previllege atau anugerah untuk turut serta dalam penderitaan kristus II Korintus 1 : 11 kebanggan paulus dalam penderitaan akan salib kristus II Korintus 1 : 22 – 23 menyebutkan daftar penderitaan paulus hal ini menyatakan bahwa paulus sadar untuk mengalami penderitaan . sekalipun anda sedang melewati apa yang seharusnya anda tidak harus alami , mengucap syukur maka hasilnya akan luar biasa .
2.       Mengalami penderitaan karena proses Tuhan
Tuhan mengatakan dalam Yesaya 43 : 2 bahwa setiap anak – anak Tuhan harus melewati ujian air dan api dalam Maz 66 : 10 – 12 menyebutkan hal yang sama menurut tradisi orang Chinese bahwa ujian yang paling berat adalah melewati ujian air dan apai .
Secara logika manusia dalam Kej 1 : 1 – 6 Tuhan memberikan terang dan air adalah totalitas kehidupan manusia . tubuh manusia 70 % terdiri dari air . manusia juga dalam kehidupannya tidak bias lepas dari air dan api sebagai suplai kehidupan .
Proses yang harus dilewati oleh kita adalah hal yang basic kita berbeda – beda . hal basic itu bisa berbeda –beda , hal basic itu bias masalah keuangan , suami istri , pendidikan dan sebagainya. Hal basic ini adalah hal yang paling dibutuhkan dan harus dilewati . apabila kita bias melewati hal basic tersebut dengan kasih karunia maka kita akan memasuki kelimpahan dari hal basic yang kita butuhkan .
Charles Nieman berkata bahwa yang hari ini sepertinya mengepung kita maka suatu saat akan jadi sumber makanan jika kita telah melewatinya seperti bangsa Israel yang pernah mengalami kondisi terkepung oleh musuh sehingga tidak ada makanan dan kelaparan melanda , tetapi bangsa Israel tidak tahu di depan mereka musuh sudah tidak mengepung dan banyak makanan yang ditinggalkan , mereka tidak tahu setelah 3 orang kusta nehat keluar dari benteng perlindungan , barulah mereka mengetahui bahwa musuh sudah meninggalkan mereka .
Melewati penderitaan bukanlah hal yang mudah dan sangat mengerikan . penderitaan adalah saat kita mengalami perendahan / pelecehan dari orang lain . penderitaan yang kita alami bisa ejekan , penghinaan dari orang lain dan sebagainya .
Jika kita diusir dari apa yang paling kita butuhkan maka jika kita lulus ujian naka kita akan menerima secara berlimpah .
Setiap orang mempunyai penderitaan yang berbeda – beda , ada yang masalah keuangan , ditinggal oleh suami atau istri , sekolah , minder dan sebagainya . setiap orang memiliki histori penderitaannya masing – masing . jika kita lulus ujian penderitaan maka kita akan mengalami kelimpahan , jika kita gagal kita akan kepahitan .
I Korintus 9 : 27 kita harus melatih diri dalam banyak hal sehingga kita tidak dikenai diskualifikasi sehingga kita gagal dan menjadi kecewa sama Tuhan . penderitaan yang kita alami adalah proses Tuhan selama proses penderitaan kita mengeluarkan air yang keruh dan dibuang oleh Tuhan setiap yang kotor dan jelek tidak berpotensi dibuang Tuhan . Amin .

By His Grace
Joshua Ivan Sudrajat . S

Komentar

Postingan Populer