Mendengar Suara Tuhan 1


Bahan Peka / Cell Group
Mendengar Suara Tuhan (Part 1 )

Bahan Renungan : Yohanes 10 : 27 – 30
Domba domba Ku mendengarkan suara Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku , dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama – lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tanganKu.
BapaKu , yang memberikan mereka kepada Ku , lebih besar daripada siapapun , dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa Aku dan Bapa adalah satu .
Renungan
            Sampai saat ini , banyak diantara jemaat Tuhan yang terus bertanya – Tanya apakah kita bias mengalami tuntunan ilahi dalam kehidupan sehari – hari sama seperti yang pernah dialami oleh umat Tuhan dalam gereja mula – mula .
            Bagaimana cara mendengar suara Tuhan ? ada 3 (tiga ) cara mendengar suara Tuhan :
1.       Lewat kesaksian batin ( Roma 8 : 14 )
Semua orang yang dipimpin roh Allah , adalah anak roh Allah ( Roma 8 : 14 ) . sesuatu yang keluar dari dasar hati kita yang mendorong kita untuk melakukan sesuatu . roh yang sudah lahir baru adalah sarana yang bias kita andalkan untuk bias mengikuti tuntunan roh kudus , walau kesaksian batin kadang – kadang / bias juga / seringkali terjadi bertentangan dengan pikiran dan keinginan kita .
2.       Lewat suara roh kita / intuisi / perasaan
Kata – kata yang roh kita bicarakan ketika roh kita mendengar ucapan dari roh kudus yang tinggal dalam kita . suara roh kudus berbicara dengan kata – kata penuh wibawa sedangkan roh kita berbicara lembut sekali suaranya.
Bedakan antara suara roh kita dengan suara roh kudus dengan firman Tuhan , pertahankan suara roh kita agar tetap dalam keadaan lembut dan tidak keras hati karena tipu daya dosa . landasan iman kita adalah firman Tuhan bukan perasaan .
3.       Lewat suara roh kudus
Roh kudus dapat berbicara kepada setiap kita , orang percaya dan wajar dalam perjalanan iman orang percaya . untuk mengujinya kita harus melihat dari buah – buahnya ( baca I Tesalonika 5 : 21 )
Ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat pribadi kita maka Allah memberikan roh kudusNya untuk diam dalam hati kita ( Yeh 36 : 27 ) maka kita hidup menurut segala ketetapan – ketetapan Tuhan .



Kunci untuk mendengar suara Tuhan :
1.       Melatih dan mengembangkan kapasitas roh kita
-          Renungkan firman Tuhan ( Yosua 1 : 8 )
-          Jadi pelaku firman ( Matius 7 : 24 )
-          Ketaatan untuk melakukan firman Tuhan
2.       Berdoa didalam roh kudus
Untuk meningkatkan kepekaan mendengar suara Tuhan , kita harus berdoa dengan bahasa roh setiap saat . berdoa dengan bahasa roh tidak harus dengan suara yang keras , setiap saat kita harus berkomunikasi dengan roh kudus .

Cirebon , 21 Maret 2005
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat . S

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer