Kesempurnaan

KESEMPURNAAN

Di tulis dari Kotbah Pdt. Petrus Agung Purnomo

Holy Stadium, 14 Oktober 2012

 

Jurnalis : Danny Djayasentana

Saudara ingat  akan adanya orang-orang yang menikmati Transfer of Wealth atau pemindahan kekayaan bangsa-bangsa. Saya mau mengajak anda melihat lagi dari awal, yang pertama siapa? Abraham, yang kedua? Ishak, yang ketiga? Yakub, yang ke empat? Yusuf, yang ke lima?, Israel, yang ke enam? Salomo, yang ke tujuh?…..O right.
Saudara satu hari ada seorang yang cerita dengan saya, dan beliau berkata “ pak tadi malam saya bermimpi “,  ini mimpi ya, dan dia berkata “ tapi ini bukan seperti mimpi tapi seperti pengalaman yang real sekali “,  dan pengalaman itu dia berkata “ saya ngobrol dengan bapak “ dan kemudian bapak berkata begini “ dari semua yang terima transfer of wealth, sebagian besar bahkan mungkin dapat dikatakan semua, terjadi oleh karena peran satu wanita “.
Saya waktu dengar dia cerita begitu saya bingung, “ masa sih “, dia berkata “ dari semua yang terima transfer of wealth, hampir semua bahkan dapat dikatakan hampir semua, itu terjadi oleh karena peran satu orang wanita “. Saya hanya jawab singkat tapi kemudian saya renungkan akan mimpi itu. Saya ketika menerima itu saya hanya berkata “ wah itu ajaib “, tapi kemudian saya doakan, saya ngomong begini “ Tuhan ini mimpi, hanya mimpi-mimpi toh atau benar dari Tuhan, apakah betul bahwa sebetulnya wanita itu mempengaruhi sebegitu rupa sehingga terjadi transfer kekayaan yang luar biasa “.
Lalu saya coba renungkan, saya lihat di alkitab, saya menemukan fakta yang ajaib sekali. Coba kita lihat ceritanya di alkitab nanti anda buat study ya ini menarik.
Yang namanya Abraham terima kekayaan karena siapa?, karena Sarah mau diambil oleh Firaun, iya toh, lalu kemudian Firaun memberikan harta dalam bentuk ternak yang sangat banyak kepada Abraham. Jadi betul Abraham itu terima tranfer kekayaan karena peran atau faktor wanita.
Yang kedua Ishak, Ishak juga sama, ketika urusan dia di depan Abimelekh tentang Ribkah selesai, maka kemudian alkitab berkata Ishak itu mulai menabur dan tahun itu juga ia menuai 100 X ganda. Dia sedang ada ditanah orang Filistin, dan dibangsa lain dia juga mendapat tuaian yang luar biasa karena faktor satu wanita.
Bagaimana dengan Yakub, anda harus mengerti, Yakub kerja keras di Padan Aram, ditempatnya Laban bukan karena dia suka kerja keras pada mulanya, dia kerja keras 7 tahun demi mendapatkan seorang wanita namanya Rachel. Rachel membuat seorang Yakub bersedia kerja bakti tidak dibayar 14 tahun lamanya, anda bisa bayangkan itu, cinta yang sangat ajaib.
Lalu anda bertanya “ Yusuf pak? “, jangan lupa walaupun tidak bagus Tante Potifar, dialah yang bagaimana pun membuat Yusuf itu masuk penjara, dan dipenjara itulah kemudian dia bertemu dengan juru minuman raja yang membawa dia kehadapan Firaun dan kemudian dia menikmati kekayaan bangsa Mesir.
Jadi kita melihat Abraham, Ishak, Yakub, ketiga-tiganya karena peran wanita. Yusuf karena soal wanita, Salomo…, Salomo memang punya banyak wanita tapi satu wanita membawa harta sangat banyak buat dia, namanya Ratu Syeba. Alkitab mengatakan sejak saat itu tidak ada lagi orang memberikan rempah-rempah sebanyak yang dibawa oleh Ratu Syeba. Jadi Salomo ini karena wanita.
Terus terang saya belum menemukan yang orang Israel, saya ingat-ingat apakah ada peran wanita yang menonjol sih ketika orang Israel keluar dari Mesir dan kemudian membawa jarahan yang banyak. Tapi tiba-tiba pak Wong BB saya dan dia BB satu ayat dan saya mau bacakan buat saudara.
Kalau Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf, Salomo, peran satu wanita kalau zaman Israel itu lebih gawat lagi rombongan wanita ternyata. Mari kita lihat Keluaran pasal 3 ayat 21 – 22, kita ini belum bahas yang sebenarnya, nanti kita bahas Yakub, saya mau ajak anda melihat kebenaran ini :
Exo 3:21  Dan Aku akan membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa ini, sehingga, apabila kamu pergi, kamu tidak pergi dengan tangan hampa,
Exo 3:22  tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu.”
Jadi zaman Israel yang merampasi itu bukan lakinya, siapa? Perempuan. Kalau ada suami mengeluh “ pak istri saya ini kok mintain duit terus “, nah itu kira-kira keturunan Yahudi zaman exodus anda dianggap Firaun berarti. Kalau istrimu terlalu banyak minta uang, “ eh aku bukan Firaun, aku Musa aku Musa “.  Sebab kalau dia melihat anda sebagai Firaun habislah anda dirampasi. Peran wanita itu dashyat.
Pada waktu mereka di padang gurun akhirnya mereka harus membawa persembahan untuk membangun akan kemah suci yang di zaman Musa. Anda tahu yang bergerak siapa?, coba kita lihat satu ayat lagi. Saudara saya kemaren dapat ayat dari pak Stefanus, jadi kalau ada suami-suami yang marah dia didepan ini.
Coba kita buka Keluaran pasal 35, pak Stefanus sudah mempelajari peranan wanita. Keluaran 35 : 21 – 22 ini waktu mereka membawa persembahan untuk membangun akan kemah suci di padang gurun di zaman Musa, dikatakan :
Exo 35:21  Sesudah itu datanglah setiap orang yang tergerak hatinya, setiap orang yang terdorong jiwanya, membawa persembahan khusus kepada TUHAN untuk pekerjaan melengkapi Kemah Pertemuan dan untuk segala ibadah di dalamnya dan untuk pakaian kudus itu.
Exo 35:22  Maka datanglah mereka, baik laki-laki maupun perempuan, setiap orang yang terdorong hatinya, dengan membawa anting-anting hidung, anting-anting telinga, cincin meterai dan kerongsang, segala macam barang emas; demikian juga setiap orang yang mempersembahkan persembahan unjukan dari emas bagi TUHAN.
Saudara ketika di teliti kata ayat ke 22 ini, sebenarnya terjemahan hurufiahnya begini  The man in on the woman , jadi begini : Pria itu datang digendong oleh wanita , terjemahan hurufiahnya. Jadi soal memberi ternyata wanita lebih antusias dan harus gendong yang pria. Berapa banyak istri mengeluh “ pak saya tidak bisa ngasih perpuluhan, kenapa?, engga boleh sama suami “, “ pak saya mau ngasih persembahan tapi suami saya marah-marah “,”  pak saya ingin memberikan janji iman, suami saya ngamuk, janjimu padaku tidak kau tepati kok kamu janji lagi “, “ selalu ada alasan untuk suami saya mencegah saya memberikan persembahan “. Harus anda gendong karena ayatnya berkata seperti itu. So siapa yang wanita? angkat tangan sekali lagi, anda adalah mahluk yang ajaib dan kuat dan diberkati Tuhan, tepuk tangan untuk para wanita pada hari ini, terima kasih banyak.
Sekarang kita kesampingkan, saya berharap anda menemukan orang-orang yang akan membawa onta-ontamu dalam hidupmu. Tetapi saya percaya itu merupakan bagian daripada apa yang memang terjadi pada zaman-zaman itu.
Sekarang kita kan belajar tentang Yakub, mari kita lihat Kejadian 31, saya akan ajak anda membaca ayat cukup banyak, dari ayat 1 sampai dengan ayat ke 18, kemudian nanti kita akan sambung pada ayat ke 36, saya akan senang kalau anda membaca seluruh pasal dengan utuh karena ini cerita yang menarik sekali, Judulnya Yakub lari meninggalkan Laban :
Gen 31:1  Kedengaranlah kepada Yakub anak-anak Laban berkata demikian: “Yakub telah mengambil segala harta milik ayah kita dan dari harta itulah ia membangun segala kekayaannya.”
Gen 31:2  Lagi kelihatan kepada Yakub dari muka Laban, bahwa Laban tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadanya.
Gen 31:3  Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yakub: “Pulanglah ke negeri nenek moyangmu dan kepada kaummu, dan Aku akan menyertai engkau.”
Gen 31:4  Sesudah itu Yakub menyuruh memanggil Rahel dan Lea untuk datang ke padang, ke tempat kambing dombanya,
Gen 31:5  lalu ia berkata kepada mereka: “Telah kulihat dari muka ayahmu, bahwa ia tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadaku, tetapi Allah ayahku menyertai aku.
Gen 31:6  Juga kamu sendiri tahu, bahwa aku telah bekerja sekuat-kuatku pada ayahmu.
Gen 31:7  Tetapi ayahmu telah berlaku curang kepadaku dan telah sepuluh kali mengubah upahku, tetapi Allah tidak membiarkan dia berbuat jahat kepadaku.
Gen 31:8  Apabila ia berkata: yang berbintik-bintiklah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang berbintik-bintik; dan apabila ia berkata: yang bercoreng-corenglah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang bercoreng-coreng.
Gen 31:9  Demikianlah Allah mengambil ternak ayahmu dan memberikannya kepadaku.
Gen 31:10  Pada suatu kali pada masa kambing domba itu suka berkelamin, maka aku bermimpi dan melihat, bahwa jantan-jantan yang menjantani kambing domba itu bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang.
Gen 31:11  Dan Malaikat Allah berfirman kepadaku dalam mimpi itu: Yakub! Jawabku: Ya Tuhan!
Gen 31:12  Lalu Ia berfirman: Angkatlah mukamu dan lihatlah, bahwa segala jantan yang menjantani kambing domba itu bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang, sebab telah Kulihat semua yang dilakukan oleh Laban itu kepadamu.
Gen 31:13  Akulah Allah yang di Betel itu, di mana engkau mengurapi tugu, dan di mana engkau bernazar kepada-Ku; maka sekarang, bersiaplah engkau, pergilah dari negeri ini dan pulanglah ke negeri sanak saudaramu.”
Gen 31:14  Lalu Rahel dan Lea menjawab Yakub, katanya: “Bukankah tidak ada lagi bagian atau warisan kami dalam rumah ayah kami?
Gen 31:15  Bukankah kami ini dianggapnya sebagai orang asing, karena ia telah menjual kami? Juga bagian kami telah dihabiskannya sama sekali.
Gen 31:16  Tetapi segala kekayaan, yang telah diambil Allah dari ayah kami, adalah milik kami dan anak-anak kami; maka sekarang, perbuatlah segala yang difirmankan Allah kepadamu.”
Gen 31:17  Lalu bersiaplah Yakub, dinaikkannya anak-anaknya dan isteri-isterinya ke atas unta,
Gen 31:18  digiringnya seluruh ternaknya dan segala apa yang telah diperolehnya, yakni ternak kepunyaannya, yang telah diperolehnya di Padan-Aram, dengan maksud pergi kepada Ishak, ayahnya, ke tanah Kanaan.
Kita lompat ke ayat 36, kalau anda membaca antara 2 bagian tadi yang telah kita baca, Laban akhirnya mengejar Yakub dan sebagainya, dan akhirnya inilah perkataan Yakub :
Gen 31:36  Lalu hati Yakub panas dan ia bertengkar dengan Laban. Ia berkata kepada Laban: “Apakah kesalahanku, apakah dosaku, maka engkau memburu aku sehebat itu?
Gen 31:37  Engkau telah menggeledah segala barangku, sekarang apakah yang kautemui dari segala barang rumahmu? Letakkanlah di sini di depan saudara-saudaraku dan saudara-saudaramu, supaya mereka mengadili antara kita berdua.
Gen 31:38  Selama dua puluh tahun ini aku bersama-sama dengan engkau; domba dan kambing betinamu tidak pernah keguguran dan jantan dari kambing dombamu tidak pernah kumakan.
Gen 31:39  Yang diterkam oleh binatang buas tidak pernah kubawa kepadamu, aku sendiri yang menggantinya; yang dicuri orang, baik waktu siang, baik waktu malam, selalu engkau tuntut dari padaku.
Gen 31:40  Aku dimakan panas hari waktu siang dan kedinginan waktu malam, dan mataku jauh dari pada tertidur.
Gen 31:41  Selama dua puluh tahun ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, dan engkau telah sepuluh kali mengubah upahku.
Gen 31:42  Seandainya Allah ayahku, Allah Abraham dan Yang Disegani oleh Ishak tidak menyertai aku, tentulah engkau sekarang membiarkan aku pergi dengan tangan hampa; tetapi kesengsaraanku dan jerih payahku telah diperhatikan Allah dan Ia telah menjatuhkan putusan tadi malam.
Saudara sekalian saya mau mengajak anda melihat beberapa point, yang kalau kita bisa pelajari, saya berdoa akan memberikan sebuah RHEMA yang kuat dalam hidup kita. Inilah orang yang menikmati apa yang namanya Transfer Of Wealth, ternyata faktornya bukan hanya satu, bukan hanya karena seorang wanita lalu kemudian semuanya berjalan dengan sebaik-baiknya, itu juga salah satu faktor tapi ada banyak faktor yang lain.
Nah diantaranya adalah sebuah pengakuan yang diucapkan oleh anak-anak Laban yang laki-laki, lihat pada pasal 31 pada ayat 1 :
Gen 31:1  Kedengaranlah kepada Yakub anak-anak Laban berkata demikian: “Yakub telah mengambil segala harta milik ayah kita dan dari harta itulah ia membangun segala kekayaannya.”

Kalau kita berkata “ Tuhan berkati aku “, maka Tuhan akan bertanya “ apa yang AKU berikan kepadamu akan engkau apakan sebenarnya “, “ semua yang AKU anugerahkan dan percayakan kepadamu akan engkau apakan “. Nah alkitab mengatakan, mereka mengatakan bahwa Yakub mengambil hartanya Laban, tetapi kalau Yakub mengatakan Tuhan yang mengambil dan memberikan kepadanya.
Tetapi alkitab berkata, mereka mengatakan Yakub yang mengambil dan dari harta yang diambil atau dari harta yang Tuhan berikan itu Yakub MEMBANGUN akan kekayaannya. Saudara kata MEMBANGUN disini aneh, sebetulnya kata ini punya banyak arti tapi salah satu artinya itu sama dengan yang dipakai I Raja-Raja pasal 11, coba kita buka dulu supaya anda mengerti apa arti kata MEMBANGUN disini. Karena kalau ini anda punya saudara akan jadi orang yang SIAP untuk Tuhan BERKATI.
I Raja-Raja 11 :  28, saya tunjukan satu kata dan itu kata yang sama dipakai, ketika di Kejadian di katakan yakub MEMBANGUN kekayaannya dari situ. Nah kalau kita ingin MEMBANGUN sesuatu dari apa yang Tuhan percayakan kepada kita INI SYARATNYA.
1Ki 11:28  Yerobeam adalah seorang tangkas; ketika Salomo melihat, bahwa orang muda itu seorang yang rajin bekerja, maka ditempatkannyalah dia mengawasi semua pekerja wajib dari keturunan Yusuf.
Dengan kata lain MEMBANGUN itu butuh sebuah KERAJINAN, butuh sebuah KETEKUNAN, ini tidak bisa dikerjakan dengan kemalasan. Ada banyak orang sudah menikmati blessing nya Tuhan, Tuhan memindahkan kekayaan orang lain kepada kita tetapi kita BERSIKAP TIDAK RAJIN BEKERJA.
Ada banyak orang yang menghabiskan waktunya terlalu banyak untuk hal-hal yang tidak produktif.
Kalau kita ingin berkata “ Tuhan berkati aku “, DIA akan bertanya “ untuk apa nak berkat yang aku berikan kepadamu “. Ingat DIA juga Tuhan yang punya PERHITUNGAN. Ingat peristiwa talenta yang diberi 5, diberi 2, diberi 1 , setelah DIA kembali DIA tanya?, yang 5 jadi berapa?, yang 2 jadi berapa?, yang 1 jadi berapa?, yang tidak menghasilkan PELIPAT GANDAAN, DIA berkata “ engkau hamba yang MALAS dan JAHAT “.
KEJAHATAN dan KEMALASAN sepertinya indentik atau BERSAMAAN munculnya.
Nah saudara sekalian dalam terjemahan yang lain, kata ini diterjemahkan dalam bahasa Inggrisnya bagus sekali. Kata MEMBANGUN atau RAJIN BEKERJA itu terjemahannya INDUSTRIES. Sesuatu yang sifatnya INDUSTRI. Nah INDUSTRI itu adalah sesuatu yang MASS PRODUCTION, PRODUK MASAL. Kalau anda menghasilkan satu persatu itu belum INDUSTRI, tetapi kalau HASILNYA SUDAH SANGAT BANYAK itu INDUSTRI.
Entah berapa banyak sebetulnya yang kemudian Tuhan sempat berikan kepada Yakub tapi yang ternyata adalah ketika Tuhan memberikan kepada Yakub apapun yang dipercayakan maka ia RAJIN bekerja, dia MEMBANGUN sesuatu dan menjadi sesuatu yang INDUSTRI.
Saudara Tuhan memberkati kita dengan BERKAT Allah Abraham, Ishak dan Yakub dan didalam BERKAT yang sama itulah akan membuat hal yang sama berlaku dalam kehidupan anda, semua yang kita sentuh akan jadi BESAR dan BERKEMBANG, kenapa? KITA TERIMA WARISAN ABRAHAM DIDALAM KRISTUS. Kita juga keturunan Abraham kata alkitab dan berhak mendapatkan warisan itu dan diantaranya adalah seperti yang dialami oleh Yakub, yang dia sentuh menjadi besar dan dia orang yang menciptakan sesuatu yang Industries.
Saya berdoa anda percaya itu, coba ngomong pada sebelah anda, “ apa pun yang aku sentuh menjadi BESAR karena BERKAT Tuhan ada dalam hidupku “.  Amin.
1.       BEKERJA DALAM KAPASITAS PENUH
Yang pertama kalau kita belajar ini ada kaitannya, banyak orang hari ini ketika dia mengalami kesusahan, dia engga menunjukan sebuah KERAJINAN dalam dia bekerja. Ada orang berkata “ pak tapi kita kan hidup dalam kasih karunia “, Paulus mengatakan makin besar kasih karunia yang dia terima makin keras dia bekerja, bukan sebaliknya.
Pelajaran soal kasih karunia itu bukan mengajari kita jadi PEMALAS, kalau sungguh anda adalah orang yang menikmati kasih karunia engkau akan kerja lebih keras. Dan saya berharap itu juga merupakan REAKSI kita, karena bagaimana Tuhan akan memberkati kita, melimpahi kita lebih banyak lagi dengan banyak hal, dan mempercayai kita dengan lebih banyak lagi kalau REAKSI kita JAHAT dan REAKSI kita MALAS.
Coba kita lihat pasal ke 31 ayat ke 6,
Gen 31:6  Juga kamu sendiri tahu, bahwa aku telah bekerja sekuat-kuatku pada ayahmu.
Kata bekerja sekuat-kuatku itu artinya DALAM KAPASITAS PENUH. Saudara inilah Yakub orang yang bisa di berikan KEPERCAYAAN oleh Tuhan. Ketika nanti dia pulang, dia berkata kepada Tuhan “ hanya dengan membawa tongkat ini Tuhan, aku meninggalkan rumah ayahku menyeberangi sungai Yordan “,  tapi kemudian waktu dia balik, alkitab berkata dia mengatakan “ sekarang lihatlah telah menjadi 2 pasukan “.
Ini orang yang luar biasa, ini orang yang kerja keras, ini orang yang bisa dipercayai, ini orang yang tahu bahwa anugerah yang diberikan Tuhan kepadanya menuntutnya kerja lebih baik lagi. Saya berdoa semua kita akan menyadari bahwa Tuhan mau semua kita tidak ada yang JAHAT dan MALAS tapi melakukan bagian kita sampai kita mencapai akan DESTINY kita.
Saudara banyak hal yang harus di bereskan rupanya dalam kehidupan kita karena seringkali kita terlalu MALAS dan tidak mengerjakan apa yang semestinya harusnya di kerjakan.
Saya membaca hasil dari TES POTENSI dan ternyata semua itu, saya baca ya, POTENSI nya lebih dari 10 macam bidang, bayangkan ya  saya melihat yang saya baca, sebagian saya baca sudah lupa, orang ini hanya mengerjakan 2, jadi kira –kira 12 potensinya, anda tanggung jawab dengan Tuhan.
Ketika ternyata dalam dirimu ada begitu banyak POTENSI dan selama ini kita biarkan.
Yakub berkata “ aku bekerja sekuat-kuat ku “, artinya AKU BEKERJA DALAM KAPASITAS PENUH. “ Aku tidak menggunakan hanya sebagian, semua yang Tuhan berikan dan percayakan aku lakukan dalam KAPASITAS YANG PENUH “.
Kalau semua kita bisa melakukan apa yang Tuhan mau, dashyat saudara, TIDAK ADA ORANG MISKIN DIANTARA KITA, engga ada, saya melihat hari-hari ini Tuhan memberikan begitu banyak KEMUDAHAN dan ANUGERAHNYA besar buat anak-anakNYA. Saya berdoa HATI SEPERTI YAKUB kita miliki.
Teruskan lagi pasal yang sama ayat 38 sampai dengan ayat 42, lihat apa yang Yakub kerjakan, ini orang TELADAN yang AJAIB sekali, dia mengatakan :
Gen 31:38  Selama dua puluh tahun ini aku bersama-sama dengan engkau; domba dan kambing betinamu tidak pernah keguguran dan jantan dari kambing dombamu tidak pernah kumakan.
Bayangin selama 20 tahun tidak pernah ada yang keguguran, dokter hewan seperti apa sehebat Yakub ini. Menggembalakan kambing domba tidak pernah keguguran. Saya baru di ceritain di Jakarta, konon katanya kalau orang ternak ayam maka ayam itu juga punya kesensitivan, ada orang yang salah kaprah dalam beternak ayam, katanya begini “ O ..ayam harus di kandangi dikandang yang sepi dan tenang sehingga dia tidak stress “, katanya. Lalu kemudian dagingnya lebih empuk kalau tidak stress, terus dia bisa makan dengan banyak tidur dengan tenang, pokoknya kalau bisa sepi.
Lalu ada orang mengatakan “ salah ayam harus terbiasa dengan berbagai bunyi-bunyian “, lalu teman saya tanya “ kok bisa begitu kenapa? “, “ saya punya pengalaman, ayam ku kubuat yang sepi, tiba waktunya aku mau jual ke Jakarta, mobil yang mau ngangkut masuk ngelakson….krinngggg….beberapa ayam teriak AAAAAA…..mati “, heart atack serangan jantung ayam “, ternyata kaget selama ini malam kudus sunyi senyap, bunyi klakson, kaget shock jantungnya berhenti ayamku pada mati. Betapa susahnya memelihara binatang.
Tapi Yakub berkata “ tidak ada yang keguguran “, bayangin, dia jagai berapa ribu ekor engga jelas, dia jagai, 20 tahun record tidak pernah ada yang keguguran. Kalau bukan seorang pekerja hebat tidak mungkin akan seperti ini. Kalau anda punya pegawai gini hebat toh,  engga ada alasan “ o… keguguran “, engga ada.
Terusin lagi dia berkata “ dan jantan dari kambing dombamu tidak pernah kumakan ”, bayangin pengen sate kambing aja engga bisa, dengan ribuan kambing didepannya, nyembelih untuk dirinya saja tidak, ALIAS TIDAK DIKORUPSI, kalau anda punya pegawai seperti ini luar biasa, hampir engga ada ketemu yang seperti ini.
Gen 31:39  Yang diterkam oleh binatang buas tidak pernah kubawa kepadamu, aku sendiri yang menggantinya; yang dicuri orang, baik waktu siang, baik waktu malam, selalu engkau tuntut dari padaku.
Anda pernah dengar cerita toko dirampok, terus karyawan tokonya berkata begini “ pak jangan kuatir saya ganti semua pak “, “ ganti apa? ”, “ ya yang dirampok “. Malah dicurigai jangan-jangan kamu perampoknya.
“  Yang diterkam oleh binatang buas tidak pernah kubawa kepadamu, aku sendiri yang menggantinya; yang dicuri orang, baik waktu siang, baik waktu malam, selalu engkau tuntut dari padaku “,
Gen 31:40  Aku dimakan panas hari waktu siang dan kedinginan waktu malam, dan mataku jauh dari pada tertidur.
Pegawai jarang tidur terus, Yakub jauh dari pada tertidur , anda bisa ngerti ini KERJA KERAS YANG LUAR BIASA .
Gen 31:41  Selama dua puluh tahun ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, dan engkau telah sepuluh kali mengubah upahku.
Ajaib engga, UMR nya berubah terus bukan makin membaik malah engga karu – karuan di ubah terus.
Gen 31:42  Seandainya Allah ayahku, Allah Abraham dan Yang Disegani oleh Ishak tidak menyertai aku, tentulah engkau sekarang membiarkan aku pergi dengan tangan hampa; tetapi kesengsaraanku dan jerih payahku telah diperhatikan Allah dan Ia telah menjatuhkan putusan tadi malam.”
Terjemahan lain mengatakan dan kamu telah dihardiknya tadi malam “. Yang dilihat Tuhan bukan hanya kesengsaraan tapi kesengsaraan dan jerih payahnya.
ADALAH SEBUAH CALLING BESAR BUAT KITA UNTUK BEKERJA DENGAN KAPASITAS MAKSIMAL SEPERTI YANG TUHAN BERIKAN DAN MENCIPTAKAN SESUATU YANG INDUSTRIES SEHINGGA APA PUN YANG KAU SENTUH AKAN JADI BESAR.
Saya berdoa tidak ada orang yang berhenti BERMIMPI untuk suatu hari anda dalam KAPASITAS PENUH mencapai akan DESTINY mu, ini waktunya saya percaya semua kita seharusnya diberikan Tuhan ANUGERAH Tuhan yang AJAIB. Dan inilah YAKUB saudara, itu Point yang pertama
2.       KESEMPURNAAN DARI TATANAN YANG ILAHI ( THE PERFECTION OF DIVINE ORDER )
Point yang kedua, ini menarik sekali, lihat lagi pada Kejadian 31 , saya mau ajak anda melihat pada ayat yang ke 6 dan 7 :
Gen 31:6  Juga kamu sendiri tahu, bahwa aku telah bekerja sekuat-kuatku pada ayahmu.
Gen 31:7  Tetapi ayahmu telah berlaku curang kepadaku dan telah sepuluh kali mengubah upahku, tetapi Allah tidak membiarkan dia berbuat jahat kepadaku.
Dia ungkapkan lagi dan dia ini tidak nipu loh kepada kedua istrinya, dia ngomong lagi kepada Laban di ayat 41 kalau anda lihat lagi :
Gen 31:41  Selama dua puluh tahun ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, dan engkau telah sepuluh kali mengubah upahku.
Saudara saya merenung sebetulnya, tadinya begini, darimana sih pengetahuan dia soal bagaimana cara menghasilkan domba yang belang-belang dan bintik-bintik. Kalau anda baca ceritanya itu menarik sekali, Yakub pamitan tadinya berkata “ aku mau pulang ya, aku mau bawa istri –istriku dan anak-anakku dan sedikit kekayaan yang aku dapatkan “. Labannya berkata merayu “ jangan, karena terbukti dari pengalaman sejak engkau datang, aku diberkati, Yakub, ayolah kerja lagi dengan aku “.
Yakub berkata “ boleh aku akan kerja lagi untuk engkau “, tetapi dia berkata begini “ berikan upahku karena aku selama ini aku tidak mendapat upah, kerja Cuma dapat 2 anakmu tapi upahku tidak ada, aku kerja 14 tahun aku tetap miskin tidak punya apa-apa, sekarang upahin aku dong “.
Laban berkata begini “ kau minta upah apa? “. Nah kalau anda rangkai ceritanya sebetulnya begini, malamnya itu Tuhan ngomong sama Yakub “ Yakub kamu lihat tuh ditempat domba berkelamin didekat tempat minuman itu, yang lahir itu bintik-bintik belang -belang  “. Lalu kemudian dari situ Yakub mengerti dia berkata begini “ gini aja ini domba-domba yang belang-belang yang bintik –bintik singkirkan semua, aku hanya menggembalakan yang putih tapi yang belang-belang aku tidak mau “.
Dia berkata “ dari yang putih semua ini kalau seandainya bisa melahirkan yang belang-belang dan bintik-bintik nah itu UPAH SAYA, tapi kalau putih dengan putih kawin lahirnya putih itu dombamu bukan punyaku “.
Kira- kira Laban ngomong gini “ goblok nih anak, mana ada putih dengan putih ya lahirnya putih, mana ada putih dengan putih lahirnya belang-belang “. Laban berkata “ Ok ,  ok kita pisah 3 hari “, dia panggil anak –anak lakinya, “ jagain yang belang-belang jangan sampai dicuri satu ekor pun “. Pisahkan yang putih betul Yakub yang bawa dan yang bintik-bintik di jaga sama anak-anak laban, jaraknya jalan 3 hari jauh sekali.
Saya itu merenungi darimana ya IDE seperti ini karena kalau anda baca, Yakub mengambil beberapa ranting pohon, dikerat, dimasukan di palungan tempat minumnya hewan dan disitulah sebetulnya domba-domba biasanya berkelamin setahun 2 x. Nah waktu mereka berkelamin itu mereka MELIHAT DIMATA MEREKA BELANG-BELANG DAN BINTIK-BINTIK lalu LAHIRLAH anak-anak yang belang-belang dan bintik-bintik.
Saya kapan hari itu jalan dengan pak Sugih, dengan ibu Eka, kami bahas soal Yakub ini, dan beliau ngomong begini “ pak menurut saya sebetulnya Yakub itu hebat dan genius, itu bukan hanya soal mata merekam dan lahirnya seperti itu “.
Anda pernah dengar cerita ngga, seorang ibu benci banget sama tetangganya dan dia mengandung waktu lahir anaknya persis tetangganya. Ada lagi ibu yang merasa dirinya kurang cantik dan suaminya kurang ganteng dan kepingin punya anak seperti bintang film, itu foto bintang film di pajang gede di kamarnya dan dia punya keyakinan mudah-mudahan lahirnya seperti itu. Sebagian katanya berhasil.
So anyway dia berkata begini “ kalau menurut saya pak ini orang genius, itu bukan hanya karena potensi mata melihat apa dan merekam dan jadinya seperti apa walaupun itu benar “. Dia berkata “ ada 3 macam ranting yang dikerat, sebetulnya keratan itu membuat getah daripada ranting itu keluar dan getah dan ranting itu dimasukkan ketempat minum, jadi domba –domba ini bukan hanya datang kesana untuk berkelamin mereka minum dulu dari mereka minum lalu mereka berkelamin.
Dia berkata begini “ saya percaya pak, satu ada yang meningkatkan LIBIDO dari pada hewan, jadi nafsu dan gairahnya hewan itu naik,
yang kedua sebetulnya itu ada lagi getah yang mempengaruhi sampai masuk ke GENETIKA, ini faktor GENETIK , masuk kesitu sehingga mengubah, “ aneh “ dia bilang tapi menurut saya, iya. Engga ngerti pokok e bisa masuk sampai MERUBAH.
Yang ketiga faktor MATA , saya engga terlalu engeh ketika saya pelajari ini, saya coba search di internet ternyata betul, orang –orang itu yang ketika mereka neliti, Yakub ini omong kosong atau ilmiah, mereka berkata “ ini ilmiah “. Itu hebatnya, dia dengar dari Tuhan “ yang lahir bintik-bintik belang-belang Yakub buat kamu “.
Tapi apa yang Tuhan katakan itu sebetulnya, dia bisa MENJABARKAN begitu rupa sampai pada ACTION nya itu STEP BY STEP nya dia tahu.
Darimana PEMAHAMAN nya itu? PEMAHAMAN itu muncul ketika 10 x diubah upahnya dan upahnya berubahnya belang-belang, bintik –bintik, belang-belang, bintik-bintik. Jadi Laban itu curang, umpamanya gini “ yang belang-belang ya upahmu “, ternyata yang belang-belang banyak. “ Ganti bintik-bintik sekarang “, dan bintik-bintik banyak. Nah selama 10 x itu dia lihat dia amati, ini orang hebat.
Karena alkitab berkataKemuliaan Tuhan menutupi segala sesuatu, Kemuliaan Raja Raja MENGUNGKAPKAN segala sesuatu. Jadi rahasia alam itu dia UNGKAP oleh karena perubahan-perubahan. Sebetulnya secara daging ini orang dipermainkan oleh mertuanya. Tapi rupanya 10 x itu ajaib, dia belajar, bahasa jawanya enak DITITENI, diperhatikan”  loh ini kok begini ya ini kok begini ya “, 10 x kerja selama 20 tahun dengan Laban, pengalaman 20 tahun ini dia berkata “ aku ngerti kira-kira “, ketika Tuhan berkata “ begini nak jatahmu “. Dan itu ilmu dia simpan di hatinya, Laban pun tidak di beri tahunya.
Begitu Laban berkata “ kau minta upah apa? “, dia berkata “ belang belang bintik bintik “, dan dia berkata “ aku ambil dari yang putih “, Laban berkata “ tidak mungkin “, Yakub berkata “ lu kolot tidak tahu zaman baru “, dia berkata “ laboratoriumnya Yakub berkata bisa “.
Sampai hari ini kalau anda suka pelihara domba, engga ada rupanya disini ya. Di Eropa itu ada domba khusus diberi nama domba Yakub, itu aneh memang bintik bintik dan belang belangnya banyak cuma tanduknya bisa empat, itu yang engga jelas darimana tanduknya empat tapi itu namanya domba Yakub istilahnya.
Nah saudara sekalian peristiwa 10 x diubah adalah peristiwa 10 x dipermainkan tapi orang yang CERDAS ROHANI nya dia tidak akan mengeluh, tidak akan marah, tidak akan berontak, tapi dia akan belajar sebab TIDAK ADA YANG TERJADI TANPA SEIZIN TUHAN. Dan buat Yakub dia berkata “ ok 10 x diubah “, dia kesal engga, sebetulnya dia kesal, dia tahu mertuanya curang dengan dia, dan dia berkata “ 10 x diubah “,  tapi pengalaman 10 x perubahan itu justru membawa sebuah KEAJAIBAN dalam hidupnya. Tekanan 10 x perubahan belang belang bintik bintik itu.
Tuhan tidak pernah membiarkan anda dirugikan, ujungnya semuanya akan anda tuai dengan luar biasa, asal SIKAP HATI KITA BENAR.
Saat kita menghadapi TEKANAN, mengalami PRESURE, mengalami APA PUN, mari punya SIKAP HATI YANG BENAR DIHADAPAN TUHAN.
Tapi yang menarik saudara sekalian, dia mengatakan 2 x tentang PERUBAHAN yang 10 x dan buat saya ini hal yang menarik, saya mencoba belajar apa sih artinya kenapa sampai 2 x disebutkan 10 x. Sebetulnya itulah angka dimana Yakub BELAJAR, MENGAMATI kemudian dia MENCOBA dan BERHASIL. Dan banyak anak Tuhan juga tidak punya kemampuan MENGAMATI seperti itu.
Tapi buat orang Yahudi ANGKA 10 artinya THE PERFECTION OF DIVINE ORDER. ( SEBUAH TATANAN TUHAN DALAM KESEMPURNAAN )
Makanya saya berkata “ tidak ada hal sedikit pun dalam hidup kita yang terjadi diluar kehendak Tuhan yang sempurna “. Semuanya pasti bagian dari pada rencana dan kehendak Tuhan.
Kenapa harus 10 x ? karena ternyata itu merupakan sebuah KESEMPURNAAN dari tatanan Tuhan, DIA mau berkata “ Yakub aku sediakan yang SEMPURNA buat hidupmu, karena itu engkau harus melewati 10 x diubah upahmu karena itu merupakan THE PERFECTION OF DIVINE ORDER, sebuah KESEMPURNAN dari tatanan yang Ilahi “ dan dia berkata “ itu JATAHMU nak, engkau harus lewati tidak bersungut-sungut, tangkap sesuatu, belajar dari padanya, lewati semuanya, kamu akan lihat hasilnya luar biasa “.
Dan ternyata 10 itu memang betul –betul THE PREFECTION OF DIVINE ORDER, saya beritahu anda beberapa :
Yang pertama, saya bilang Tuhan kenapa dia sampai sebut 2 x ya soal 10 x, saya ini pernah dengar seorang hamba Tuhan sudah almarhum namanya Oral Robert. Oral Robert pernah mengatakan begini “ Tuhan biasanya memberikan kesempatan orang itu bertobat balik total ke dia itu 10 tahun “, entah kenapa dia berkata “ kalau 10 tahun dia tidak mau berbalik hatinya ke Tuhan seperti yang Tuhan mau biasanya kesempatannya hilang “.
Ketika saya baca ini ayat, 2 x  Yakub berkata “ 10 x engkau telah mengubah upahku “. Saya renungin apa ini, ketika saya pelajari buat orang Yahudi angka 10 artinya THE PERFECTION OF DIVINE ORDER, sebuah kesempurnaan dari tatanan yang ilahi. Tidak kebetulan rupanya diubah terus 10 x karena itu mengatakan itulah THE PERFECTION OF DIVINE ORDER.
Nah ketika saya baca di alkitab saya menemukan banyak fakta menarik tentang 10 ini, bukankah ada 10 perintah Allah iya kan, bukankah ada 10 tulah yang kena kepada orang Mesir sebelum peristiwa exodus, kalau anda hitung dari Adam sampai Nuh itu 10 generasi lalu dihabisi oleh air bah karena sampai kepada THE PERFECTION OF DIVINE ORDER, kalau anda membaca di alkitab, alkitab mengatakan ada 10 x yang menggerutu, bersungut –sungut, memberontak kepadaKU 10 x tidak masuk Kanaan, katanya ada 10 x itu di alkitab peristiwa makan paskah dari exodus sampai kepada Yesus, ada yang berkata doa Bapa kami itu 10 poin, kenapa 10? THE PERFECTION OF DIVINE ORDER.
Siapa yang percaya didalam kehidupan kita ini tidak ada yang kebetulan semua diatur Tuhan? Coba angkat tangan.
Maka biarkan Tuhan itu mengatur hidup kita dalam KESEMPURNAAN daripada tatanannya. Jangan kita minta selesai sebelum tatanannya SEMPURNA buat kita. Karena Tuhan ingin memberikan yang SEMPURNA kepada anak-anakNYA.
Kalau anda masih harus menunggu, mari mengucap syukur dan sambil belajar, dimana kelemahanku, dimana sebetulnya rahasianya, dimana sebetulnya kuncinya, kalau semua kita bisa seperti itu hasilnya pasti luar biasa.
Kalau semua kita bisa menangkap yang seperti ini, tidak ada orang yang menggerutu, tidak ada orang yang bersungut-sungut, sebab kita percaya Tuhan mengatur hidup kita sempurna adanya. Ada sebuah tatanan ilahi yang sempurna yang berlaku atas hidup Yakub. Dan selama 10 x diubah terus diubah terus, ujungnya dia belajar dia temukan sebuah formula hebat untuk menjadikan sesuatu jadi sebuah industri yang luar biasa.
Walaupun kadang-kadang kita berkata “ sampai kapan Tuhan “, dan biasanya kita marah, kita berontak, tidak terima dengan keadaan, dan kita berkata “ hayo Tuhan dipercepat semuanya “. Tapi ada namanya THE PERFECTION OF DIVINE ORDER.
10 x itu ternyata merupakan waktu untuk dia belajar dan sekali dia diberikan kebebasan untuk kemudian memilih hasilnya luar biasa. Karena itulah anak-anak Laban berkata “ Yakub MEMBANGUN kekayaannya “. Menjadi suatu industri yang luar biasa.
Karena kalau putih dengan putih kawin keluar belang-belang itu hampir tidak mungkin. Tapi kalau kemudian lahirnya banyak banget, ini industries.
Betapa Tuhan ingin sebetulnya, dalam hidup setiap anda, yang engkau pegang menjadi suatu lndustri yang luar biasa.
Saudara yang punya rumah makan, saya berdoa begini, bukan hanya satu walaupun sudah laris, kenapa engkau tidak bermimpi disetiap kota besar di Semarang ada cabangmu satu, industri. Kalau anda giling sambel itu untuk ratusan kota diseluruh Indonesia, dari pada sambelmu dinikmati 1 kota kenapa tidak seluruh bangsa nikmati sambelmu, Industri.
Wah saya masih pakai uleg-uleg pak “, ganti saudara harus pakai cara industri, mari percaya ada yang besar. Kalau anda punya peternakan kenapa Cuma satu, “ iya pak satu ini aja ileran semua “, ditumpang tangan coba ini saudara kalau perlu. Tapi biar engkau bermimpi, kenapa ya cuma satu kenapa tidak banyak? Masukan disini sebelum nanti ujungnya akan jadi.
Izinkan Tuhan dalam KESEMPURNAAN tatanan ilahinya itu mengatur hidupmu, hanya jangan batasi DIA dengan semua kelemahan dan tidak keberdayaan kita, ini zaman yang ajaib.
Ingat, lebih berkelimpahan, lebih diuntungkan, lebih excelent, satu hari di pelataranNYA dibandingkan 1000 hari ditempat lain. Yang orang lain kerjakan 3 tahun anda dan saya cukup satu hari dan semuanya selesai. kenapa tidak dimasukan dipikiran dan dihati kita bahwa itu mungkin. Kenapa tidak kita percaya bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan dan bagi kita yang percaya kepadaNYA.
Yakub itu dia belajar, dia belajar, dia belajar, ditengah di pingpong oleh mertuanya itulah masa yang tidak pernah menguntungkan tetapi ternyata tanpa disadari dia menggenapkan THE PERFECTION OF DIVINE ORDER, sebuah Kesempurnaan dari tatanan ilahi dalam kehidupannya.
Saya berdoa, anda dan saya akan menikmatinya.
3.       THE GRACE AND THE FAVOR GOD AND MAN
Yang terakhir, bagaimana pun ujungnya bukan karena kekuatan manusia kita, ujungnya karena THE GRACE AND THE FAVOR OF GOD AND MAN. Lihat beberapa ayat sebelum kita selesai :
Ini ayat-ayat yang tidak boleh lepas dalam hidup kita :
Gen 30:27  Tetapi Laban berkata kepadanya: “Sekiranya aku mendapat kasihmu! Telah nyata kepadaku ( dalam terjemahan hurufiahnya “ aku belajar dari pengalaman bahwa Tuhan memberkati aku karena engkau “, saudara baca ini Tuhan memberkati orang, Tuhan memilih orang dan Tuhan memberkati dan memilih anda dan saya ), bahwa TUHAN memberkati aku karena engkau.”
Gen 30:28  Lagi katanya: “Tentukanlah upahmu yang harus kubayar, maka aku akan memberikannya.”
Gen 30:29  Sahut Yakub kepadanya: “Engkau sendiri tahu, bagaimana aku bekerja padamu, dan bagaimana keadaan ternakmu dalam penjagaanku,
Gen 30:30  sebab harta milikmu tidak begitu banyak sebelum aku datang, tetapi sekarang telah berkembang dengan sangat, dan TUHAN telah memberkati engkau sejak aku berada di sini; jadi, bilakah dapat aku bekerja untuk rumah tanggaku sendiri?”
Saya berdoa biarkan anugerah dan pengurapan seperti ini turun dalam hidup kita.
Pasal 31 ayat yang ke 9, SEMUA TRANSFER TERJADI KARENA TUHAN.
Gen 31:9  Demikianlah Allah mengambil ternak ayahmu dan memberikannya kepadaku.
Ide belang belang bintik bintik bagaimana pun itu idenya Tuhan, Yakub mengembangkan setelah dia melewati THE PERFECTION OF DIVINE ORDER.
Lihat pada pasal yang sama ayat 24, bagaimana Tuhan itu memperingatkan Laban, lihat campur tangan Tuhan, Laban sebetulnya berniat berbuat sesuatu yang jahat kepada Yakub tapi yang terjadi :
Gen 31:24  Pada waktu malam datanglah Allah dalam suatu mimpi kepada Laban, orang Aram itu, serta berfirman kepadanya: Jagalah baik-baik ( bahasa inggrisnya “ watch your self “ dengan kata lain Tuhan mengancam hati-hati loh ) , supaya engkau jangan mengatai Yakub dengan sepatah katapun.”
Dan begitu masuk perkataan itu, dia ulang lagi pada ayat 29, Laban berkata kepada Yakub begini :
Gen 31:29  Aku ini berkuasa untuk berbuat jahat kepadamu, tetapi Allah ayahmu telah berfirman kepadaku tadi malam: Jagalah baik-baik, jangan engkau mengatai Yakub dengan sepatah katapun.
Watch your self “, “ jagalah baik-baik “,  “ hati-hati loh “ , ini peringatan Tuhan, jangan engkau mengatai Yakub dengan sepatah kata pun.
Yang terakhir, pada pasal yang sama ayat 42 , SELALU TUHAN ADALAH SEGALA-GALANYA :
Gen 31:42  Seandainya Allah ayahku, Allah Abraham dan Yang Disegani oleh Ishak tidak menyertai aku, tentulah engkau sekarang membiarkan aku pergi dengan tangan hampa; tetapi kesengsaraanku dan jerih payahku telah diperhatikan Allah dan Ia telah menjatuhkan putusan tadi malam.”
Saya berdoa belajar banyak, karena saya percaya Tuhan sangat ingin kita semua menikmati yang terbaik dalam anugerahNYA.
AMIN.

Komentar

Postingan Populer