Miliki Hati Yang Mengampuni 2





Miliki Hati Yang Mengampuni 2
Ev. Yusak Tjipto Purnomo         



Hasil gambar untuk Yusak Tjipto PurnomoMazmur 103 : 3 Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, m  yang menyembuhkan 1  n  segala penyakitmu,

Istri Saya berdoa untuk seorang hamba Tuhan yang sangat baik. Saya lihat hamba Tuhan ini benar-benar cinta Tuhan dan hidup benar dihadapan Tuhan. Istri saya bertekun, berdoa dengan sungguh-sungguh. “Tuhan tolong ya, Tuhan. Salahnya hamba Tuhan ini dimana ? Nampaknya semuanya baik ? Apanya yang kurang, dia kok sengsara terus ?

Suatu malam Tuhan menunjukkan kepada istri saya melalui mimpi : lalu dia bilang kepada saya : “O, saya tidak tahu salahnya ternyata kok seperti itu ?”

Saya bertanya pada istri saya : “kamu ditunjukkan apa sama Tuhan ?”

“Aku ini dibawa ke rumah hamba Tuhan itu dan masuk ke kamar tidurnya, saya melihat semuanya rapih, spreinya pun putih bersih.”

Istri saya berkata kepada Tuhan : “Wong semuanya rapi begini kok Tuhan, spreinya pun putih bersih.” Itu berarti hidupnya suci bukan ? Istri saya melihat begitu. “Hamba Tuhan itu baik kok, hidupnyapun baik”.

Tuhan berkata : “Kamu lihat semuanya baik ?” “Ya” Kata istri saya. “Spreinya putih ?” “Ya” jawab istri saya. Tidak ada yang jelek tanya Tuhan. “Iya” jawab istri saya.

Tuhan berkata : “Dibawah tempat tidurnya itu, angkatlah kasurnya” Dan setelah kasur itu diangkat, istri saya melihat isinya nyamuk dan kutu busuk. Lalu dia bilang : “Kok nyamuknya banyak seperti itu dan kutu busuknya pun banyak. Pantas saja Hamba Tuhan ini sakit-sakitan dan kurang darah karena darahnya habis dihisap oleh nyamuk dan kutu busuk.”

Dan memang kenyataannya hamba Tuhan ini sering sakit-sakitan, maka ia bilang : “Salahnya dimana sih Tuhan, kok sakit-sakitan terus, kok kekurangan terus, tidak ada kelimpahan, padahal hidupnya baik.”

Kemudian istri saya berkata : “Oh, dalam bawah kasurnya isinya penuh penghisap darah semua.” Apakah pemiliknya tahu, bahwa dibawah tempat tidurnya ada kutu busuknya ? Tiap malam digigit nyamuk, darahnya dihisap oleh nyamuk dan kutu busuk. Jika ditempat tidur kita ada kutu busuk, pasti kita tahu, kita akan cari dan kita akan membersihkannya. Ini tidak, malah dipelihara ! Akhirnya, hidupnya tidak diberkati dan selalu sakit-sakitan karena ada dosa yang tersembunyi.

Seringkali kita melihat hidup kekristenan seseorang itu mulus, kalau datang ke persekutuan dan gereja setia. Pakaiannya bagus-bagus. Jadi hamba Tuhannya kelihatannya bagus, mulus tetapi belum tentu. Kekristenan itu harus mempertanggung jawabkan kehidupannya masing-masing. Jika ada yang tidak beres kita akan “digantung”  

Sebab itu kita harus belajar menyadari bahwa Tuhan melihat setiap usaha dan iman seseorang, pribadi demi pribadi. Tuhan melihat motivasi hidupmu, cara kerjamu. Mungkin kita kelihatannya seperti melakukan semuanya dengan motivasi yang tulus, tetapi Tuhan melihat kedalaman hati kita. Belum tentu Tuhan senang dengan apa yang kita lakukan. Yesus berkata : “Banyak orang akan berkata kepadaKu : “Aku mengajar dalam namaMu, Mengusir Setan dalam NamaMu, Membuat Mujijat dalam namaMu !” Tetapi Tuhan Yesus berkata Aku tidak mengenal kamu. Maka kita harus berhati-hati, kita harus menyadari bahwa kekristenan itu adalah Belajar Firman Tuhan.

Matius 7 : 22-23 7:22 Pada hari terakhir f  banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan 8 , bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat g  demi nama-Mu juga? 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu 9 ! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan! h "

Pada waktu Tuhan Yesus melihat orang lumpuh itu diturunkan, apa kata Tuhan Yesus pertama kali ? Lukas 5 : 20 5:20 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: "Hai saudara, dosamu sudah diampuni. l "

Apa sapaan Yesus kepada orang itu ? “Saudara” Apakah Tuhan Yesus mengenal orang itu ? Tidak ! Kenapa disebut : “Hai Saudara, dosamu diampuni.” Lalu orang Farisi dan Ahli Taurat Berkata : “Siapa orang ini yang menghujat Allah ? Siapa yang dapat mengampuni dosa kecuali Allah ?”

Sekarang saya bertanya kepada anda : “Apakah anda dapat mengampuni dosa atau tidak ?” “Apakah kita orang kristen atau tidak ?” Berhak !

Yohanes 20:22-23 20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus 1 . o  20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang 2 , dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada. p "

Kalau kita berhak mengampuni, bagaimana seharusnya kita berdoa ? Apa masih dengan cara yang lama ? “Tuhan, ampuni dia.” Seringkali kita berdoa seperti itu bukan ? Karena kita tidak tahu. Sekarang kita harus berkata : “Sesuai dengan Firman Mu Tuhan kalau aku mengampuni dosa orang itu bebas, karena Engkau yang memberi hak kepadaku.”

Kalau anda sudah dipenuhi oleh Roh Kudus, maka anda sudah memiliki Roh Kudus. Yesus berkata : “Kalau orang itu dosanya diampuni, maka dosanya akan terampuni tetapi kalau tetap tidak mengampuni maka dosanya tetap ada.” Jadi siapakah yang mengampuni, Yesus atau kita ? Kita !”

Jadi kalau ada orang yang berbuat dosa kepada anda bagaimana anda harus  sembahyang sekarang ? Dalam nama Tuhan Yesus, aku ampuni kamu. Harusnya seperti itu. Bersambung....

Jatiwangi, 19 April 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer