Miliki Hati Yang Mengampuni 3



Miliki Hati Yang Mengampuni 3
Ev. Yusak Tjipto Purnomo         


Hasil gambar untuk Hati Yang Mengampuni

Pasangan Suami Istri kalau sakit hati pada pasanganmu, bagaimana sembahyang mu ? “Tuhan ampuni suamiku, atau Tuhan ampuni istriku” Diampuni Tuhan tidak ? Tidak sebab Alkitab berkata kamu yang harus mengampuni, mengapa Tuhan yang harus mengampuni ? Karena saudara gengsi.

Matius 6 : 12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni 1  orang yang bersalah r  kepada kami;

Alkitab menulis : Aku mengampuni kesalahan ...... (isi sendiri). Ketika kita berkata demikian maka dosanya langsung dihapuskan karena Tuhan Yesus tidak bisa menyangkal FirmanNya.

Jika istri sakit hati sama suami katakan : Dalam nama Tuhan Yesus, aku mengampuni kamu. Tetapi biasanya istri-istri gengsi karena mereka tidak mempraktekkan Firman Tuhan.

Alkitab berkata : “Jika engkau tidak mengampuni maka engkaupun tidak diampuni.” Para Suami juga harus mempraktekkan Firman Tuhan. Jika anda sakit hati, langsung mengampuni. Sebab saya sudah alami sendiri, kalau sudah pernah mengalami rasanya jadi damai sejahtera yang luar biasa karena kita menjadi pelaku-pelaku Firman Tuhan.

Seringkali ketika saya berdoa sama istri saya, saya tidak tahu kalau kata-kata saya telah menyakiti hati istri saya. Waktu sembahyang bersama tiba-tiba istri saya berkata : “Tuhan aku ampuni suamiku.” Saya kaget : Salah apa aku ? Jangan Gengsi Tapi katakanlah : Tuhan aku minta ampun karena telah menyakiti hatinya.

Kita sudah mempunyai Roh Kudus, kita diberi wewenang untuk mengampuni terhadap orang yang bersalah kepada kita.

Lukas 5 : 22 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni 1  orang yang bersalah r  kepada kami;

Kita sudah menjadi anak Tuhan Yesus, Yesus berkata : “Jika engkau melakukan FirmanKu, engkau didalam Aku dan Aku didalam kamu.” Kita adalah anak Tuhan Yesus.

Suami adik saya marah sama istrinya karena istrinya melayani Tuhan. Pada waktu sembahyang Tuhan berbicara sama saya : Katakan kepada suami adikmu, mengapa engkau cemburu karena istrimu melayani Aku ?

Kepada adik saya, saya katakan Ampuni suami kamu. Kepada suaminya saya katakan kamu bodoh, kalau istrimu melayani Tuhan, disayang Tuhan berkatnya juga kamu ikut menikmati juga. Dia bilang : Oh itu salah ya, Saya bilang : Salah, minta ampun ! Lalu keduanya minta ampun dan mereka mengucapkan saling mengampuni. Mulai malam ini kalian jadi satu dan tidak ada penghalang lagi, tahun depan kalian punya anak. Mereka bilang : Puji Tuhan, kemudian mereka mempunyai anak.

Kehidupan kekristenan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Semua bisa diselesaikan. Mazmur 34 : 15-18 34:15 (34-16) Mata TUHAN v  tertuju kepada orang-orang benar, w  dan telinga-Nya x  kepada teriak mereka minta tolong; 34:16 (34-17) wajah TUHAN menentang y  orang-orang yang berbuat jahat z  untuk melenyapkan ingatan a  kepada mereka dari muka bumi. 34:17 (34-18) Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, b  dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. 34:18 (34-19) TUHAN itu dekat c  kepada orang-orang yang patah hati, d  dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Bukan hal yang mudah, kita harus belajar untuk mengampuni dan mengampuni menghasilkan perdamaian. Jika kita sakit hati kita harus mengampuni, jangan gengsi. Kita harus menjadi pelaku Firman Tuhan. Berkat-Berkat Tuhan akan dicurahkan kepada orang-orang yang mengampuni.

Sebab itu kita harus belajar dari Firman Tuhan. Untuk membuat orang lumpuh berjalan, yang pertama kali Tuhan Yesus katakan adalah “Bangkit !” atau “Dosamu telah diampuni” Dosamu diampuni dulu, baru mujijat terjadi. Ada urutannya yang mendahului mujijat itu terjadi.

Yesaya 59 : 1-2 59:1 Sesungguhnya, tangan a  TUHAN tidak kurang panjang 1  b  untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; c  59:2 tetapi yang merupakan pemisah d  antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu 2 , dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, e  ialah segala dosamu.

Allah sanggup menolong kita, tetapi kejahatan dan dosa kitalah yang menjadi penghalang tangan Tuhan menolong kita. Kita tidak menyadari wewenang yang sudah Allah berikan kepada kita dan seringkali kita mencuri kemuliaan Allah.

Ada seorang lelaki kaya yang mempunyai anak-anak, ia menyerahkan semua kekayaannya kepada anak-anaknya. Kemudian anak-anaknya tidak mau mendengarkan nasehat ayahnya. Lelaki ini sakit hati, kena stroke, dibuang keluarganya. Kemudian ia mencari Tuhan dan mulai mengenal Tuhan. Lelaki ini berpikir bahwa anak-anaknya adalah jaminan masa tuanya.
Alkitab berkata : Beginilah Firman Tuhan : “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan !”  Yeremia 17 : 5

Kita menyadari bahwa hidup kekristenan didunia ini tidak ada yang baik, kecuali anda bersandar kepada Tuhan Yesus. Roh Kudus yang diberikan kepada kita, harus menjadi penolong dalam hidup kita. Dalam segala perkara kita berkomunikasi sama Roh Kudus.

Kita harus selalu bertanya sama Roh Kudus kalau kita mau melakukan sesuatu. Jika Roh Kudus berkatakan berikan kepada A kita berikan kepada A. Jika Roh Kudus berkata jangan berikan kepada B maka kita tidak memberikannya. Jika kita tidak Taat maka kita yang akan menanggung beban. Allah Roh Kudus tahu yang terbaik didalam hidup kita.

Saya mengalami namanya sakit hati, kalau tidak mencintai Yesus saya tidak bisa mengampuni. Selama tiga tahun saya melayani orang yang sudah hampir bangkrut, saya tidak menerima persembahan dari dia, saya menggunakan waktu dan saya memakai uang untuk transport melayani orang itu. Begitu orang ini mengalami pemulihan dan tidak jadi bangkrut, saya malah diusir dan berkata : Yusak saya sudah tidak butuh kamu lagi. Saya berpikir akan memukul orang tersebut namun tangan saya seperti berat dan saya tidak mempunyai tenaga untuk melakukan hal itu.

Emosi saya turun ketika Tuhan Yesus berkata : Upahmu besar, berbahagialah kamu yang telah dihina.Tuhan Yesus menyuruh saya mengucap syukur, walaupun saya dibuang. Tuhan berkata didalam hati ya : Ampuni dia.

Karena ketekunan dan ketaatan saya, Tuhan Yesus memberkati saya berlimpah-limpah. Sebab itu kita harus mengampuni terlebih dulu, setelah mengampuni mujijat terjadi.

Mulai sekarang mari kita praktekkan kalau kita sakit hati, kita harus mengampuni terhadap orang yang sudah menyakiti kita. Setelah engkau mengampuni maka Mujijat terjadi dalam hidupmu. Apapun boleh terjadi, Yesus sanggup melakukan segala perkara. Amin.

Jatiwangi, 19 April 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat S


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer