Apakah Anda Guru Yang Benar ?

APAKAH ANDA GURU YG BENAR?

Family Devotion ▿ 30 mei 2016

.
Saudara- saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat. - Yakobus 3:1
.
Dlm bahasa jawa sebutan guru diberi makna "DiguGU lan ditiRU" yg artinya di dengarkan perkataannya & ditiru perbuatannya. Juga peribahasa indonesia yg berkata: Guru kencing berdiri, murid kecing berlari" artinya apa yg gurunya perbuat akan ditiru bahkan dilakukan lebih lagi.
.
Guru sebenarnya merupakan panggilan pelayanan yg berat, seperti kata ayat diatas, sebab penghakiman atas jabatan guru akan dihakimi menurut ukuran yg lebih berat, mengapa? Karena bukan hanya perkataan/pengajarannya saja yg akan diikuti & ditiru, tetapi juga TINGKAH LAKU & CARA HIDUPNYA menjadi sorotan & akan ditiru oleh yg mendengarkan.
.
Itulah sebabnya jika seorang Guru/pengajar hanya memperhatikan apa yg diajarkan, tetapi tidak memperhatikan kesaksian hidupnya sehari2 maka guru tsb sudah dianggap menyesatkan murid2nya.
.
Demikian juga para pengajar2 alkitab & guru2 rohani, jgn hanya memperhatikan kedalaman pengajarannya saja tetapi hrs sadar bahwa seluruh kehidupan kita disorot & ditiru oleh para pendengarnya.
.
Jadilah saksi Kristus terlebih dahulu, sebab sebagai saksi, maka apa yg kita ceritakan adalah apa yg telah kita alami, bukan hasil belajar saja, jika kita memang mempunyai panggilan Guru, maka jadilah guru yg benar2 mengajarkan kebenaran & juga menjadi saksi Kristus.
.
SECARA SOSIAL SAJA MASYARAKAT SANGAT MENUNTUT GURU MENJADI PANUTAN DLM SEGALA HAL & TIDAK BOLEH BERBUAT APA YG JAHAT / JELEK, SEBAB PENGARUH GURU SGT BESAR BAGI MURID2NYA -eja-
.
(From: Family Devotion Journal book)

Komentar

Postingan Populer