Berkat Tuhan



Berkat Tuhan
Pdt. Petrus Agung Purnomo


Berkat Tuhanlah w  yang menjadikan kaya 1 , x  susah payah tidak akan menambahinya. y (Amsal 10 : 22)

Proverbs 10:22New International Version (NIV)
22 The blessing of the Lord brings wealth, without painful toil for it.

Tadi Sore sebelum saya berangkat ibadah saya membaca Alkitab : Berkat Tuhanlah w  yang menjadikan kaya 1 , x  susah payah tidak akan menambahinya. y (Amsal 10 : 22), saya membaca dalam versi NIV The Blessing of The Lord brings wealth, Berkat Tuhan membawa kelimpahan, kemakmuran. Berkat Tuhan tidak disertai dengan kesulitan, kesusahan.

Ada banyak orang yang mendapatkan kekayaan tetapi ketika kekayaan itu didapat tetapi ada masalah-masalah, persoalan-persoalan yang menyertai. Hidup orang berlimpah secara materi namun masalah-masalah juga bertambah banyak.

Jika kita mendapatkan berkat Tuhan maka kita tidak akan mendapatkan masalah. Kita diperhadapkan dengan dua pilihan : kita mendapatkan kekayaan dengan ditambahi dengan kesulitan atau kita mendapatkan kekayaan dari berkat Tuhan dan tidak ada kesulitan yang kita terima.

Kita melihat banyak orang-orang didunia ini mencari kekayaan melalui setan-setan, mereka tidak sadar bahwa selain mendapatkan kekayaan mereka juga mendapatkan kutuk dari setan. Kesusahan akan mengiringi selama kehidupan kita.

Bagaimana caranya supaya kita diberkati oleh Tuhan ? Didalam dunia ini ada panggilan khusus Tuhan kepada orang-orang untuk membagi-bagikan kekayaannya. Ada pengurapan khusus untuk orang-orang tersebut. Ada karunia memberi dalam hidup orang-orang yang diberkati Tuhan. Orang-orang tersebut sudah diikat oleh Tuhan dengan Perjanjian Garam.

1 Yohanes 2 : 20 Tetapi kamu telah beroleh pengurapan 1  t  dari Yang Kudus, u  dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya. v
But ye have an unction from the Holy One, and ye know all things. (1 John 2:20 KJV)

Bagaimana urapan Allah bisa memberkati hidup kita ? Bagaimana orang-orang yang mempunyai karunia untuk membagi-bagikan kekayaannya untuk menolong orang lain dan menggunakan kekayaannya untuk pekerjaan Tuhan ?

Menurut King James Version Orang-orang yang diberkati Tuhan memiliki Unction (daya dorong). Dalam Pengurapan Tuhan ada daya dorong yang kuat. Jika orang dunia mempunyai naluri bisnis. Berkat Tuhan akan turun kepada kita jika urapan Tuhan tinggal dalam kita.

Ketika ada Urapan Tuhan diatas hidup kita, kita mempunyai daya dorong yang kuat sehingga Tuhan dengan mudahnya memberkati kita. Roh Kudus yang memberikan Daya Dorong yang kuat sehingga kita bisa mengerti apa yang Tuhan mau untuk kita lakukan.  

Kesaksian : Adik Iparnya Pdt Petrus Agung Purnomo, ada benjolan, lalu ia ke dokter, ia divonis kena kanker payudara, jika dipegang baru terasa benjolan itu. Kemudian sebelum dibawa ke Singapura, hari Sabtu dia didoakan, kemudian dua hari kemudian ia pergi ke Singapura, dia diperiksa oleh Dokter disana, Disebelah kiri benjolannya hilang dan yang disebelah kanan hanya karena air susu yang tidak bisa keluar. Lalu dia pulang ke Indonesia, di Jakarta ia diperiksa oleh dokter lagi kemudian ia baru tahu bahwa dua-duanya sudah bersih total dari kanker. Ketika didoakan ada daya dorong yang kuat kepada orang yang mendoakan adik ipar saya.

Didalam Peristiwa Sungai Yordan ada tiga buah peristiwa yang terjadi : Yang Pertama ketika Yosua menyeberangi Sungai Yordan, di Kanaan sedang musim panen dan menuai. Yang Kedua pada waktu Elisa dan Elia menyeberangi Sungai Yordan, Elisa melihat Elia terangkat ke Surga, sehingga ia mendapatkan pengurapan dua porsi. Peristiwa yang ketiga adalah ketika Tuhan Yesus dibaptis di Sungai Yordan, ketika ia keluar dari Sungai Yordan Tuhan memenuhi Dia dengan Roh Kudus.

Yosua sama dengan Yehosua sama dengan nama Yesus sendiri. Elisa mempunyai arti Tuhan itu Juru Selamat. Ketiga pribadi ini berhubungan dengan Sungai Yordan. Yesus dibaptis oleh Yohanes dan dipenuhi oleh Roh Allah dan matanya terbuka. Elisa juga melihat bahwa Elia terangkat ke surga.

Daya Dorong dari Roh Kudus membuat kita kelimpahan. Ada tiga hal yang berhubungan dengan Unction.

Yesaya 6 : 1-4
Yesaya mendapat panggilan Allah
6:1 Dalam tahun matinya g  raja Uzia 1  h  aku melihat Tuhan 2  i  duduk di atas takhta j  yang tinggi dan menjulang, k  dan ujung jubah-Nya l  memenuhi Bait Suci. 6:2 Para Serafim 3  m  berdiri di sebelah atas-Nya, masing-masing mempunyai enam sayap; dua sayap dipakai untuk menutupi muka mereka, dua sayap dipakai untuk menutupi kaki n  mereka dan dua sayap dipakai untuk melayang-layang. 6:3 Dan mereka berseru seorang kepada seorang, katanya: "Kudus, kudus, o  kuduslah 4  TUHAN semesta alam, p  seluruh bumi q  penuh kemuliaan-Nya! r " 6:4 Maka bergoyanglah alas ambang pintu disebabkan suara orang yang berseru itu dan rumah itupun penuhlah dengan asap. s  

Yesaya mengalami matanya dibukakan pada saat matinya Raja Uzia. Dalam 2 Tawarikh 26 : 16-23 26:16 Setelah ia menjadi kuat, ia menjadi tinggi hati q  sehingga ia melakukan hal yang merusak 3 . r  Ia berubah setia s  kepada TUHAN, Allahnya, dan memasuki bait TUHAN untuk membakar ukupan t  di atas mezbah pembakaran ukupan. 26:17 Tetapi imam Azarya u  mengikutinya dari belakang bersama-sama delapan puluh imam TUHAN, orang-orang yang tegas; 26:18 mereka berdiri di depan raja Uzia dan berkata kepadanya: "Hai, Uzia, engkau tidak berhak membakar ukupan kepada TUHAN, hanyalah imam-imam v  keturunan w  Harun x  yang telah dikuduskan yang berhak membakar ukupan! y  Keluarlah dari tempat kudus ini, karena engkau telah berubah setia! Engkau tidak akan memperoleh kehormatan dari TUHAN Allah karena hal ini." 26:19 Tetapi Uzia, dengan bokor ukupan di tangannya untuk dibakar menjadi marah. Sementara amarahnya meluap terhadap para imam, timbullah penyakit kusta z  pada dahinya di hadapan para imam di rumah TUHAN, dekat mezbah pembakaran ukupan. 26:20 Imam kepala Azarya dan semua imam lainnya memandang kepadanya, dan sesungguhnya, ia sakit kusta pada dahinya. Cepat-cepat mereka mengusirnya dari sana, dan ia sendiri tergesa-gesa keluar, karena TUHAN telah menimpakan tulah kepadanya. 26:21 Raja Uzia sakit kusta sampai kepada hari matinya, dan sebagai orang yang sakit kusta ia tinggal dalam sebuah rumah a  pengasingan, karena ia dikucilkan dari rumah TUHAN. Dan Yotam, anaknya, mengepalai istana raja dan menjalankan pemerintahan atas rakyat negeri itu. 26:22 Selebihnya dari riwayat Uzia, dari awal sampai akhir, ditulis oleh nabi Yesaya b  bin Amos. 26:23 Kemudian Uzia c  mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di ladang dekat pekuburan raja-raja, karena ia berpenyakit kusta, kata orang. Maka Yotam, anaknya, menjadi raja d  menggantikan dia.

Pada waktu umur 16 tahun Uzia diangkat menjadi Raja, ia adalah raja yang pintar dan briliant, kerajaan raja uzia kokoh karena ditolong oleh Tuhan, ia mendapatkan pengurapan raja dan ia menjadi sombong, ia mengambil alih tugas imam, ia membakar ukupan dan ketika ditegur ia menjadi marah dan kusta ada didalam tubuhnya.

Uzia adalah simbol dari orang yang tidak mau tinggal tetap dalam panggilannya. Jika kita dipanggil Tuhan untuk bekerja atau berusaha, kita harus bekerja sesuai dengan panggilan. Tinggal dalam panggilan Tuhan akan memperkuat daya dorong urapan kita. Tidak mudah untuk kita tetap tinggal dalam panggilan Tuhan, kita harus terus belajar untuk tinggal dalam panggilan Tuhan.

Jika kita dipanggil Tuhan untuk menjadi pegawai jadilah pegawai, jika kita jadi pengusaha kita harus kerjakan dengan tekun. Dalam gereja seringkali ketika ada orang kaya baru bertobat maka hal itu jadi berita dimana-mana, gereja tidak melihat secara mata rohani, orang kaya yang baru bertobat langsung ditempatkan didalam gereja dan diberi jabatan, padahal ia belum dewasa secara rohani, ini akan membuat kacau gereja Tuhan, orang kaya ini mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus, sehingga ketika ia banyak mengalirkan dana untuk pelayanan maka ia akan terjebak dengan menguasai gereja dengan kekuasaannya. Jika pengusaha ditempatkan digereja padahal Tuhan tidak memanggil dia dalam dunia pelayanan maka jika ia terus melayani maka lama kelamaan akan bangkrut.

Uang itu biasanya menguasai suatu pelayanan di gereja. Jika engkau pengusaha yang dipanggil Tuhan untuk memberkati gereja dan menolong orang-orang jangan kamu kuatir jika didalam gereja kamu tidak mempunyai jabatan atau kedudukan. Jika Tuhan memanggilmu untuk melayani di gereja maka layanilah Tuhan dengan sungguh-sungguh, jika tidak dipanggil Tuhan maka jangan kamu lakukan pelayanan. Jangan Kuasai Gereja Tuhan dengan Uangmu. Seringkali Tuhan memanggil kita untuk melayani Tuhan tidak berada dalam struktur gerejawi.

Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, dari pada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makan.  (Amsal 12:9)

Lebih baik kita menjadi orang kecil di gereja, tidak mempunyai kedudukan digereja dan menjadi orang yang tidak dikenal. Banyak anak-anak Tuhan yang ingin disanjung dan terkenal dimana-mana. Seringkali orang-orang yang punya uang banyak di gereja mempunyai Power yang banyak juga dalam gereja. Kita harus bisa memisahkan antara uang dan ambisi untuk menguasai gereja maka kalau kamu bisa memisahkan kita akan diberkati oleh Tuhan. Kekayaan kita seringkali membuat kita cenderung mengatur pekerjaan Tuhan. Jika kita tidak dipanggil Tuhan untuk melayani Tuhan di gereja maka jangan kita melayani di gereja. Jangan mengatur gereja dengan uang mu maka kamu akan hancur jika kamu mengatur gereja dengan uangmu.

Jika kita diberkati oleh Tuhan maka kita harus ikhlas dalam memberkati gereja atau orang-orang dan kita menjadi orang-orang yang tidak terlihat.

Markus 7 : 31-37
Yesus menyembuhkan seorang tuli
7:31 Kemudian Yesus meninggalkan pula daerah Tirus y  dan dengan melalui Sidon pergi ke danau Galilea, z  di tengah-tengah daerah Dekapolis. a  7:32 Di situ orang membawa kepada-Nya seorang yang tuli dan yang gagap b  dan memohon kepada-Nya, supaya Ia meletakkan tangan-Nya c  atas orang itu. 7:33 Dan sesudah Yesus memisahkan dia dari orang banyak, sehingga mereka sendirian, Ia memasukkan jari-Nya ke telinga orang itu, lalu Ia meludah d  dan meraba lidah orang itu. 7:34 Kemudian sambil menengadah ke langit e  Yesus menarik nafas f  dan berkata kepadanya: "Efata!", artinya: Terbukalah! 7:35 Maka terbukalah telinga orang itu dan seketika itu terlepas pulalah pengikat lidahnya, lalu ia berkata-kata dengan baik. g  7:36 Yesus berpesan kepada orang-orang yang ada di situ supaya jangan menceriterakannya kepada siapapun h  juga. Tetapi makin dilarang-Nya mereka, makin luas mereka memberitakannya. 7:37 Mereka takjub dan tercengang dan berkata: "Ia menjadikan segala-galanya baik, yang tuli dijadikan-Nya mendengar, yang bisu dijadikan-Nya berkata-kata."

Yesus menyembuhkan orang tuli di kota Tirus dan Sidon, Yesus memisahkan diri dari orang-orang kemudian Ia membereskan orang sakit tuli dan gagap. Jika kita ingin dipertajam daya dorong, kita harus hidup menyendiri dengan Tuhan, kita harus mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan. Kita harus bertemu muka dengan muka secara pribadi dengan Tuhan Yesus. Ketika kita mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan maka breakthrough terjadi dalam hidup kita. Unction bisa merubah kehidupan kita.Kita harus menyediakan waktu untuk fellowship dengan Tuhan.

Yesaya 50 : 4 Tuhan ALLAH e  telah memberikan kepadaku 1  lidah f  seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu 2 . g  Setiap pagi h  Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid. i   Tuhan mau mempertajam pendengaran kita supaya kita bisa mendengar suara Tuhan.

Keluaran 33 : 5-6 33:5 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada orang Israel: Kamu ini bangsa l  yang tegar tengkuk. Jika Aku berjalan di tengah-tengahmu sesaatpun, tentulah Aku akan membinasakan m  kamu. Oleh sebab itu, tanggalkanlah perhiasanmu, maka Aku akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepadamu." 33:6 Demikianlah orang Israel tidak memakai perhiasan-perhiasan lagi sejak dari gunung Horeb. n

Jika kita diberkati oleh Tuhan, maka jangan berkat itu jadi berhala dalam hidup kita. Jika harta benda kekayaan kita menjadi berhala maka itu akan menghalangi mata Tuhan tertuju kepada kita. Jika mata Tuhan tidak tertuju kepada kita maka itu akan menghalangi berkat Tuhan dan unction kita tidak bekerja.

Pengkotbah 9:8 Biarlah selalu putih pakaianmu h  dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu. Kekudusan didalam hidup kita itu penting supaya pengurapan tinggal dalam hidup kita. Kita harus memperhatikan cara mendapatkan uang kita, cara usaha kita harus legal.

9:17 "Air curian manis, dan roti yang dimakan dengan sembunyi-sembunyi lezat m  rasanya." 9:18 Tetapi orang itu tidak tahu, bahwa di sana ada arwah-arwah dan bahwa orang-orang yang diundangnya ada di dalam dunia orang mati. n (Amsal 9:17-18)

Jika kita membungakan uang dalam mendapatkan harta kita, itu tidak legal dihadapan  Tuhan. Semua yang dikerjakan oleh kita harus legal. Kita jangan makan dari hasil membungakan uang. Itu tidak diberkati oleh Tuhan. Air curian itu manis dan roti yang dimakan dengan sembunyi-sembunyi itu lezat rasanya tetapi orang tidak tahu disana ada arwah-arwah.

Ananias dan Safira membohongi Petrus dan mereka mati karena mereka juga berbohong sama Roh Kudus. Takut akan Tuhan adalah sumber berkat. Orang kaya itu seperti unta yang masuk lubang jarum, di Israel jika malam hari pintu gerbang utama ditutup dan yang dibuka hanya pintu untuk manusia saja. Jika unta mau lewat maka ia harus merunduk, jika unta-unta itu mau masuk maka semua barang bawaannya harus diturunkan lebih dulu. Artinya jika kita mau diberkati Tuhan maka kita harus merendahkan diri dan dalam hidup kita ada kerendahan hati.

Jika kita diberkati Tuhan dan mempunyai kerendahan hati maka kita akan menjadi bendaharanya Tuhan. Kekayaan yang kita punya dipakai untuk memberkati anak-anak Tuhan yang membutuhkan pertolongan. Jika kita menolong orang-orang dengan tulus hati maka hidup kita makin diberkati oleh Tuhan. Amin

Sumber : Rekaman MP3 Berkat Tuhan – Pdt Petrus Agung Purnomo





Komentar

Postingan Populer