PEMBENTUKAN KARAKTER

Pembentukan Karakter
Sabtu, 7 Mei 2016

Bahan Renungan :
2:19 Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat 1 , n  supaya aku hidup untuk Allah. o  Aku telah disalibkan dengan Kristus 2 ; p  2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. q  Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah r  yang telah mengasihi aku s  dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. t  2:21 Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran 3  oleh hukum Taurat, u  maka sia-sialah kematian Kristus. (Galatia 2:19-21)

Renungan :
Pembentukan karakter tujuannya adalah berubah dari yang jelek menjadi baik. Masuk sorga tidak gandeng-gandengan, tetapi pribadi demi pribadi. Tetapi menjadi masalah didalam pembentukan karakter adalah kita hidup didalam tiga dunia yaitu roh, jiwa, tubuh. Sedangkan didalam sorga hidup dalam roh.

Biasanya yang lebih dominan dalam hidup kita adalah dunia daging, sedangkan yang Tuhan mau kita hidup didunia roh. Tetapi untuk perpindahan dari dunia daging ke dunia roh melalui dunia jiwa, ini yang susah. Karena itulah banyak orang kristen yang memiliki karakter yang jelek, yang susah diubah, walaupun dia menyadari akan kekurangannya itu.

Kita harus tahu kehendak Tuhan dan caranya yang Tuhan mau untuk mengubah karakter kita yang jelek. Jika kita tidak mengerti cara yang Tuhan mau, kita bisa kecewa sama Tuhan karena kita berjalan dengan usaha dan kekuatan sendiri dan itu tidak pernah berhasil. Yang dapat mengubahkan dan menghilangkan setiap karakter kita yang jelek adalah Firman Tuhan, tidak ada yang lain.

Dalam Galatia 2 : 20 dikatakan : “namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. q  Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah r  yang telah mengasihi aku s  dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.”

Paulus mati secara daging, dia masih hidup, jadi yang mati adalah kehendak daging yang ada didalam roh dan jiwanya.

Disamping Firman Tuhan secara umum, ada Firman Tuhan yang menjadi Rhema. Secara umum Tuhan mengajar yang memberi faedah. Tuhan mengajar supaya karakter kita bisa berubah. Disamping itu ada Firman Tuhan Rhema yang dimunculkan oleh Roh Kudus yang ada didalam kita. Itu akan mengubahkan karakter yang jelek dalam hidup kita.

Karena itu sangat penting untuk kita mempelajari Alkitab setiap hari sampai selesai dan saat Roh Kudus memunculkan Firman Rhema itu dari pengalaman hari demi hari, maka karakter kita akan diubahkan menjadi lebih baik seperti yang Tuhan mau. Nantinya kita akan tercengang dengan apa yang sudah Roh Kudus kerjakan dalam hidup kita. Saat kita sadari setiap karakter kita yang jelek sudah hilang dari hidup kita. Amin (YTP).

Doa :
Roh Kudus, ubah karakterku menjadi karakter yang Kau mau. Biar Roh Kudus terus bekerja didalam kehidupanku dan terus membimbing setiap langkahku. Amin.

Dari : Renungan Harian Bahtera Imamat Rajani – Ark Of Christ Bandung

Komentar

Postingan Populer