Pengurapan Imam Dan Pengurapan Raja

Pengurapan Imam Dan Pengurapan Raja

 


Semua anak-anak Tuhan diperlengkapi dengan berbagai karunia yang dipakai untuk melengkapi gereja Tuhan. Agar karunia yang dimiliki kita dapat dipakai maksimal untuk melayani Tuhan, kita perlu berjalan dalam pengurapan Tuhan. Pengurapan sendiri terbagi dalam 2 jenis, yaitu pengurapan raja dan pengurapan imam.

Pengurapan imam, diberikan kepada orang-rang yang melayani Tuhan secara penuh waktu / full time. Tugas imam yang utama adalah menyediakan makanan rohani bagi anak-anak Tuhan. Sedangkan raja raja berfungsi untuk mempersembahkan makanan jasmani melalui
hartanya.


Kita semua harus mengenali karunia kita agar dapat berfungi secara maksimal. Contoh, ada orang yang mendapat karunia nubuatan melalui penglihatan atau mimpi-mimpi. Orang seperti ini cocok menjadi pendoa. Ada pula orang yang mempunyai karunia membedakan roh, dimana dia cocok ditempatkan di garis depan dalam peperangan rohani

Karunia berbeda dengan bakat. Bakat didapatkan seseorang sejak dia lahir, sedangkan karunia baru didapatkan sejak orang tersebut lahir baru.

Hal terpenting yang harus dilakukan agar karunia dapat digunakan maksimal untuk Tuhan adalah mau menyerahkan diri kepada Tuhan untuk melayani. Untuk dapat melayani, kita harus bisa merendahkan diri di hadapan orang lain, tidak sekedar melakukan pekerjaan pelayanan saja. Kita juga harus mau diproses, dimana pola pikir lama, karakter yang tidak benar, kesombongan kita semua dibongkar dan dihancurkan. Bila kesemuanya itu belum dibongkar, kita tidak akan bisa mengasihi maka tidak mungkin kita bisa melayani dan mengasihi orang secara maksimal.

Kita harus mewujudkan keinginan Tuhan di alam daging, walaupun di alam roh, apa yang kita kehendaki sudah terjadi. Contohnya, walaupun sudah ada pengampunan bagi anak-anak Tuhan, kita harus mengampuni orang terlebih dulu. Demikian juga walaupun kita percaya bahwa berkat bagi anak Tuhan berlimpah, kita harus mewujudkannya dulu di alam daging dengan menabur.

Tuhan akan bekerja maksimal di bumi bila ada orang yang mau dipakai oleh Tuhan untuk mewujudkan kehendakNya. Setiap Tuhan hendak turun, harus ada orang yang membuka jalan. Contoh, Yohanes Pembaptis dipakai Tuhan untuk membuka jalan bagi Yesus.
Jadi Tuhan hanya perlu orang yang mau, apakah orang tersebut mampu atau tidak, itu bukan masalah bagi Tuhan.

Untuk dapat berhasil dalam pelayanan, ada 3 hal yang perlu kita miliki: urapan , karakter yang benar, dan roh yang kuat. Urapan lah yang membedakan kita dengan orang-orang dunia dan yang menentukan kita untuk berhasil di dunia. Banyak orang dunia yang berhasil dalam kesehariannya karena punya karakter yang kuat, namun kita semua punya urapan yang tidak dimiliki orang dunia.

Roh kuat tercermin dari pribadi yang tidak mudah digoncang, dan punya hubungan kuat dengan Tuhan. Agar roh kuat, kita harus menjaga hubungan dengan Tuhan, berbahasa roh, selalu belajar firman, dan belajar percaya. Orang yang punya urapan, karakter benar, tetapi roh yang lemah, dia akan jatuh. Contohnya adalah Salomo. Agar roh kita kuat perlu latihan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Kita secara pribadi dipanggil baik sebagai imam, raja atau nabi dalam kehidupan kita.  Bila tahu tiga panggilan ini, kita tidak akan menyia-nyiakan urapan Tuhan dalam diri kita. Tugas imam adalah mewakili jemaat di hadapan Tuhan. Tugas Nabi adalah mewakili Tuhan di hadapan manusia. Raja bertugas membawa rakyatnya takut akan Tuhan. Imam mempersembahkan korban kepada Tuhan dan meminta ampun kepada Tuhan. Nabi menyampaikan kehendak Tuhan dan menyampaikan kebenaran. Raja berkorban kepada orang dipimpin, memberi damai sejahtera dan juga memimpin dalam peperangan.

Ketiganya ini adalah panggilan setiap pribadi, berbeda dengan karunia yang berbeda-beda bagi setiap orang.

Dalam Alkitab banyak contoh-contoh yang menggambarkan panggilan ini. 1 Petrus 2: 9 menjelaskan bahwa kita semua adalah bangsa terpilih, imamat rajani. Tuhan Yesus saat berada di dunia menjalankan fungsi sebagai imam, raja, dan nabi.

Dalam Perjanjian Lama, walaupun tidak ada karakter yang punya secara jabatan memiliki ketiga posisi tersebut, tetapi dalam hidup mereka, mereka menggenapkan ketiga posisi tersebut.
Contohnya, Abraham adalah manusia biasa dari Ur Kasdim yang dituntun Tuhan untuk menuju Kanaan. Di dalam kehidupannya Abraham juga bertindak sebagai nabi, imam dan raja. (Contoh Kej 23: 1-6 Abraham diperlakukan seperti raja oleh bani Het ketika ingin mengubur Sara).

Raja harus punya ketegasan, namun ada saat mengalah untuk merebut hati seseorang, tidak membiarkan orang mengendalikan dirinya. Orang yang bermental raja akan selalu dicari orang, membuat suasana berubah, membawa dampak, dan bisa mengubah keadaan. Bila orang yang menghindari gereja karena tidak suka kepada seseorang, maka dia tidak punya mental raja. Demikian pula dengan orang yang memilih-milih gereja supaya dia bisa bertumbuh, dia tidak mempunya jiwa seorang raja, sebab seorang raja adalah orang yang bisa membawa perubahan.

Sebagai imam, kita mau menyediakan hidup yang mau dikuduskan dan diproses. Ester menjadi imam, ketika dia berada di hadapan raja untuk membela kaumnya yang terancam akan dibantai. Ester mau berkorban, menyucikan diri. Ester mengajak kaumnya untuk berpuasa. Kita harus menjadikan ini sebagai contoh.

Kita harus mengerti panggilan kita sebagai imam, raja dan nabi. Bila kita mengerti dan mengiyakan, maka urapan akan terjadi. Mintalah tuntunan Tuhan, apa yang harus dilakukan sebagai seorang raja nabi dan imam. Urapan terjadi bila apa yg diinginkan Allah bisa kita lakukan sesuai kehendakNya.
Tuhan Memberkati.

Komentar

Postingan Populer