Ibadah AoC 22 Agustus 2016

AOC BANDUNG
22 AGUSTUS 2016


By: Pdt. Pramono L. 
 
Jurnalis : Bobby Hartanto


Matius 12:33
33: Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.

Kalau pohon itu namanya keluarga, buahnya adalah anak-anaknya, generasi yang ada di keluarga itu. Keberhasilanmu tidak hanya dilihat dari ketika engkau menjadi pemimpin atau menjadi suami / istri yang baik, bukan hanya ketika engkau memimpin dan mencapai suatu level, tapi akan dilihat dari anak cucu dan generasi setelahnya, apa yang akan mereka lakukan.

Keluaran 3:15
15: Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

Abraham Ishak dan Yakub itu adalah kakek, anak, dan cucu, Dia Tuhan yang mau untuk berada di generasi demi generasi dan rumah tanggamu. Di perjanjian baru juga pola yang sama ada.

2 Timotius 1:5
5: Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.

Jangan sampai generasi hilang, karena kebanyakan yang ada hanya sampai 2 generasi, di generasi ke-3 atau cucu nya hilang, "tidak terjangkau". Contoh seperti Abraham Ishak Yakub, Lois Eunike Timotius, tapi tidak terlihat di generasi setelah Musa-Yosua, Elia-Elisa, dll. Perhatikan harta, tahta, dan wanita, karena 3 hal ini akan mempengaruhi apa yang akan terjadi di generasi kita selanjutnya.

1. Harta
Rajinlah mencari uang bersama dengan Tuhan, lalu bijaklah gunakan uangmu hingga terjadi financial breakthrough, dan akan ada 2 tandanya, yaitu engkau bisa menabung dan engkau juga bisa menabur. Yang salah itu menabur tidak bisa, menabung juga tidak bisa, selalu kurang dan kurang. Engkau menabung dan tidak menabur, hati-hati seperti Laut Mati, kalau menabur terus-menerus hati-hati orang di dekatmu kepahitan.

2.Wanita / pernikahan / kehidupan seksual.
Hadiah terbesar yang orang tua bisa berikan kepada anaknya adalah ketika ayah / ibu nya hanya memiliki satu orang di hati mereka, yaitu pasangannya (suami / istrinya sendiri). Paradigma pernikahan itu bukan untuk mengejar kebahagiaan, tapi menerima kehendak Tuhan dan melakukan kehendak Tuhan itu sampai selesai, maka kebahagiaan dan kelimpahan itu adalah side effectnya. Acara yang paling penting dalam pernikahan adalah tentang covenant antara calon mempelai pria dan wanita, karena ketika 2 orang sepakat, Tuhan datang. Ketika membuat janji pernikahan, jangan berkata dari menghafal atau membaca, apalagi ketika engkau berkata siap menerima pasanganmu dalam semua kondisi / keadaan, tidak hanya susah senang kaya miskin sakit sehat, tapi juga dalam semua keadaan apapun.

3. Tahta
Memimpinlah bukan sebagai leader, tapi father, bukan sebagai bos, tapi parent yang melayani anak-anak. Ketika engkau memimpin, engkau harus seperti orang tua buat anak-anakmu, jangan seperti bos / leader. Leader itu belum tentu rela mati untuk bawahannya / anak rohaninya, tapi kalau father itu pasti akan memimpin dan rela berkorban untuk anak-anaknya.

Amsal 17:6 6: Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka. 
Kenapa anak cucu? Karena Firman mengatakan manusia hanya 70 tahun, atau kalau kuat 80 tahun. Dalam bahasa lainnya, jadilah orang tua yang menjadi teladan dan jadi orang yang membanggakan bagi anak-cucu nya. Kalaupun engkau punya generasi di atasmu yang rusak / hancur, putuskan kutuk itu dengan pertobatanmu agar engkau tidak merusak generasi selanjutnya. Hari ini kita generasi Ishak, besok kita jadi generasi Abraham, dan seterusnya. Jangan ulangi Musa-Yosua dan Elia-Elisa, tapi jadilah seperti Abraham-Ishak-Yakub, Lois-Eunike-Timotius.

Gunakan uang dengan benar. Bangun pernikahan dengan roh takut akan Tuhan. Memimpinlah dengan father's heart, bukan seperti bos.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Komentar

Postingan Populer