Iman Yang Agresif

Iman Yang Agresif

Pastor Steven Agustinus



Saat menterjemahkan untuk Dr Jonathan David dlm konferensi yang diadakan di Jakarta, dalam salah satu session, ada pesan Tuhan yg saya rasa berbicara kuat dalam batin saya. Yaitu tentang melatih jemaat utk memiliki dan hidup didlm kehidupan iman yg agresif. Maksudnya, betul-betul berkomitmen untuk menghadapi dan menyelesaikan setiap tantangan serta pergumulan dlm hidup sehari-hari dg mengandalkan firmanNya dan cara-cara yg Ilahi (mengikuti tuntunan RohNya).

1. Saat Yesus 'menghadapi masalah', harus memberi makan lebih dari 5000 orang, yang Ia lakukan dalam menanggulangi masalah tsb adalah dg tetap mempergunakan cara-cara yg sifatnya Ilahi (Mat 14:15-21)

2. Ketika Yesus menghadapi masalah lain - masalah transportasi - Ia membereskannya juga dg cara-cara yg Ilahi. Saat Ia sdh menyuruh murid-muridNya utk menyeberang dan saat itu sdh lewat tengah malam, sementara perahu murid-muridnya dihantam badai, tidak mungkin mencari perahu lain utk menyelamatkan murid-muridNya. Jadilah Yesus berjalan diatas air untuk mengatasi masalah transportasi yg Ia miliki (M aat 14: 22-33)

3. Pada waktu Yesus menghadapi masalah ekonomi - Ia tdk memiliki uang utk membayar bea masuk ke Bait Suci, Ia menyuruh Petrus utk memancing ikan dan ikan pertama dr hasil pancingannya, akan ada uang disana. Cukup untuk membayar bea masuk bait suci utk mrk berdua (Mat 17:24-27)
Ada banyak kisah-kisah lain yang menunjukkan Yesus memberikan teladan kpd kita ttg bgm menyelesaikan berbagai masalah/ tantangan yg bisa muncul dlm kehidupan sehari-hari dg bergantung kpd firmanNya (kehidupan iman) dan mengharapkan terselesaikannya masalah/ tantangan hidup tsb dg cara-cara yg Ilahi - mengikuti tuntunan RohNya...

1. Utk memiliki kehidupan Iman yg agresif, dibutuhkan latihan & tekad utk menempuh cara yg Ilahi, bkn yg paling mudah.

Kecenderungan kebanyakan mans adl mencoba menyelesaikan suatu masalah dg cara yg paling mudah. Jika kita sedang menghadapi sakit-penyakit, dari pada sibuk melakukan deklarasi firman sambil menahan rasa sakit, mengapa tdk mencoba melalui jalur obat dan dokter? Jika kita sedang menghadapi masalah keuangan (ada hutang), salah satu cara paling gampang adl dengan meminjam dari tempat lain atau mencari-cari sumber income yg baru...

Dibutuhkan tekad utk berketetapan mencoba menanggulangi setiap masalah dengan cara mengandalkan firman & tuntunan RohNya. Sepertinya kita sdg menjalani suatu 'jalan hidup yg memutar'. Tapi saya yakin, saat kita melatih jemaat utk trs hidup dg mengandalkan firman & tuntunan RohNya, kita justru sdg mengkondisikan mrk utk menikmati realita kerajaanNya yg tdk tergoncangkan (Ibr 12:28)

2. Hidup dan membangun kehidupan iman yg agresif menuntut seseorg utk selalu menghampiri Tuhan dan meminta firman/ tuntunan RohNya.


Tanpa adanya firman, tidak ada dasar yang kita bisa pakai utk mengharapkan terjadinya sesuatu. Firman adl suatu material surgawi yg dpt kita pakai utk memastikan terjadinya sesuatu; sekaligus merupakan suatu dasar utk kita mengharapkan (demanding) Tuhan melakukan sesuatu bg kita (Ibr 11:1-3, Rom 4:18-24)
Pastikan setiap hari kita trs menghampiri Dia, membangun persekutuan yg sehat dgNya. Pastikan persekutuan dg Bapa tdk pernah terjadi scr agamawi, tp suatu percakapan yang intim antara 'dua sahabat'. Belajarlah utk trs menjadikan firman yg pernah Ia sampaikan kpd kita sbg dasar utk bercakap-cakap dgNya. Melalui pekerjaan Roh Kudus, kita akan menikmati berbagai penyingkapan hati Bapa. Pergunakan penyingkapan Roh tsb sbg material utk kita mulai membangun kehidupan iman yg agresif dlm kehidupan kita...

SAYA PERCAYA, KEHIDUPAN IMAN YANG AGRESIF AKAN MENJADI BAGIAN KEHIDUPAN SEHARI-HARIKU. ROH KUDUS AKAN TERUS MENOLONG AKU MEMBANGUN PERSEKUTUAN YANG HIDUP DAN SEHAT DENGAN BAPA.

AKU MENERIMA DIMENSI KEHAUSAN DAN KELAPARAN AKAN FIRMANNYA. AKU TERUS MENDESAK MASUK DALAM HADIRATNYA DAN MENERIMA KEPASTIAN TENTANG BAGAIMANA AKU HARUS MENGHARAPKAN TUHAN UNTUK BERTINDAK BAGI AKU - HE WILL DO SOMETHING SUPERNATURAL ON MY BEHALF.

KEHIDUPAN SEHARI-HARIKU AKAN TERUS MEMUNCULKAN KESAKSIAN TENTANG KEDAHSYATAN TUHAN. AKU DITETAPKAN UNTUK TERUS NAIK DAN BUKAN TURUN, MENJADI KEPALA DAN BUKAN EKOR. ROH MEMBAWA AKU TERUS BERTUMBUH DARI SATU DIMENSI KEMULIAAN KEPADA KEMULIAAN YANG LEBIH LAGI.

SETIAP MASALAH YANG MUNCUL SELALU MEMBUAT AKU JADI LEBIH KUAT DARI SEBELUMNYA, MEMBERI AKU ALASAN UNTUK MENJADI PRIBADI YANG BERKEMENANGAN DALAM SEGALA KEADAAN...
DIDALAM NAMA YESUS, TERJADILAH ATASKU.....‪#‎AkuCintaTuhan‬ (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer