Arti Nama

Ibadah Raya Sore

JKI Higher Than Ever

Minggu, 18 September 2016

Arti Nama

Jurnalis : Hendy Ferdiantama

 

Arti Nama

Kenali Tuhan karena kita pribadi yg terbatas. 

Nama itu
1. pribadi itu sendiri
2. pribadi yg diungkapkan
3. pribadi yg hadir secara aktif. 


Nama itu ada arti atau identitas ada destiny dan pny pengaruh buat hidupmu. Nama memberikan dampak. Jng diberikan dgn sembarangan. 

Benoni = anak penderitaan
Benyamin = anak adalah tangan kanan

 

Hakim-hakim 13:17-18 Kemudian berkatalah Manoah kepada Malaikat TUHAN itu: "Siapakah nama-Mu, sebab apabila terjadi yang Kaukatakan itu, maka kami hendak memuliakan Engkau." 

Tetapi jawab malaikat TUHAN itu kepadanya: "Mengapa engkau juga menanyakan nama-Ku? Bukankah nama itu ajaib?" 


Nama kita itu ajaib. Nama itu nama yg srcret.
Keluaran 3:13-14 Lalu Musa berkata kepada Allah: "Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? — apakah yang harus kujawab kepada mereka?" 

Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

Nama itu yang akan mengungkapkan pribadinya. Ada pewahyuan dlm hidup kita atas nama itu. 

Jehova rapha


Jehova jireh


Jehova shallom


Kejadian 17:5 Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
Abram = nama yg ditinggikan/dipuji o manusia
Yhvh = Yahwe


Nama abram diganti oleh Tuhan menjadi Abraham yang artinya bapa segala bangsa 


Tuhan harus masuk dlm nama kita supaya destiny kita tdk terlalu kecil. Ada mimpi yg besar dlm hidupmu. 

Kejadian 17:6-8 Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja.

Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka." 


Tuhan berurusan dgn pribadi kita. Berikan mimpi kecilmu itu. 

Sarai = kapten


Sarah = ibu segala bangsa ada unsur nama Hey masuk dlm hidup sarah.

Yakub = tukang jegal tk tipu


Israel = pangerannya Tuhan

Tuhan sedang mengubah destiny dlm hidup kita.

Hadassah = bintang, semak yang mengeluarkan bau harum


Markus 10:46-52 Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerikho. Dan ketika Yesus keluar dari Yerikho, bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan orang banyak yang berbondong-bondong, ada seorang pengemis yang buta, bernama Bartimeus, anak Timeus, duduk di pinggir jalan. 

Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!"


Banyak orang menegornya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!" 


Lalu Yesus berhenti dan berkata: "Panggillah dia!" Mereka memanggil orang buta itu dan berkata kepadanya: "Kuatkan hatimu, berdirilah, Ia memanggil engkau." 


Lalu ia menanggalkan jubahnya, ia segera berdiri dan pergi mendapatkan Yesus. 


Tanya Yesus kepadanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang buta itu: "Rabuni, supaya aku dapat melihat!" 


Lalu kata Yesus kepadanya: "Pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Pada saat itu juga melihatlah ia, lalu ia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya. 


Bartimeus = pengemis
Mesias = anak Daud = Yesus

Manusia selalu melihat sisi manusia. Ketidak percayaan membuat kita tdk pernah melihat mujizat. 

Saudara mau minta apa yg bisa Tuhan kerjakan dlm hidupmu ? Setiap nama Tuhan yg diwahyukan kepada kita punya arti yg ajaib mari percaya saja. 

Matius 16:16-19 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.


Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.


Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."


Simon = buluh yang terkulai. Diubah jadi nama...
Petrus = batu karang


Ada destiny dlm setiap nama..saat simon petrus mendapatkan pewahyuan dan dia berkata Kau adalah Mesias maka sesuatu pun terjadi. Petrus diberi kunci kerajaan surga. 


John 8:32 And you shall know the truth, and the truth shall make you free.

Kenali Tuhanmu pribadi. Jng dtgi Tuhan dengan pola. Mari kita kejar Tuhan. Dan only believe. Percaya Percaya Percaya. 

Amin

Song
There is strength in the name of the Lord
There is power in the name of the Lord
There is hope in the name of the Lord
Blessed is He, who comes in the name of the Lord


Tuhan memberkati.

 

Komentar

Postingan Populer