Bagaimana Janji Tuhan Digenapi Dalam Hidup Kita

Bagaimana Janji Tuhan Digenapi Dalam Hidup Kita



Seringkali kita merasa sebagai anak Tuhan, kita belum menerima janji-janji Tuhan dalam hidup kita. Dan mungkin kita bertanya pada Tuhan apa yang salah dalam hidup kita. Kita sudah melakukan yang baik tetapi kita merasa janji Tuhan belum digenapi dalam hidup kita. Seperti halnya sebuah cek berharga yang bernilai tinggi. Dalam cek tersebut pasti memiliki nilai, tanggal jatuh tempo dan juga tanda tangan si pemberi cek. Seringkali juga kita menjumpai cek kosong dalam sebuah transaksi keuangan kita. Janji Tuhan itu seperti cek, dan jika kita punya cek kita harus tau bagaimana cara mencairkan cek tersebut. Janji Tuhan berbeda dengan cek kosong, jika seseorang bisa memberikan cek kosong kepada kita, janji Tuhan tidak pernah janji kosong dalam hidup kita. Tuhan selalu menepati janji-janji-Nya dalam hidup kita. “Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?” Bilangan 23:19.
 
“Sebab Kristus adalah "ya" bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia kita mengatakan "Amin" untuk memuliakan Allah.” 2 Korintus 1:20. Jika kita percaya Yesus maka semua janji Allah akan digenapi dalam hidup kita. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah mengapa banyak orang percaya yang masih merasa janji Tuhan belum digenapi dalam hidup mereka? Seperti halnya cek, saat seseorang tidak tahu cara mencairkan cek tersebut maka orang tersebut tidak akan menerima uang yang senilai dengan cek tersebut. Janji Tuhan tidak bisa langsung kita dapat tetapi ada proses yang harus kita jalani seperti halnya proses mencairkan sebuah cek. Tuhan sudah memberikan Alkitab kepada setiap kita, di dalam Alkitab Tuhan telah mengajarkan cara meraih dan menerima janji-janji Tuhan.  
 
Tahun ini adalah Tahun Kepercayaan Tuhan buat setiap kita. Kita adalah orang kepercayaan Tuhan, sebagai orang kepercayaan Tuhan kita pasti akan menerima janji-janji Tuhan dalam hidup kita seperti halnya Yosua. Ada 7 Janji Allah kepada Yosua dalam Yosua 1:3-9:
 
1.       Tuhan akan memberikan setiap tempat yang diinjak oleh kaki Yosua
“Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa.” Yosua 1:3. Dimanapun kita berada Tuhan akan membuat kita menjadi berkat ditempat tersebut.
2.       Tuhan akan berjalan di depan kita
“Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu,…” Ulangan 31:8. Tuhan akan berjalan di depan kita di dalam setiap langkah hidup kita. Apapun yang kita alami hari-hari ini Tuhan sudah terlebih dahulu berjalan mendahului kita. Tuhan sudah menyiapkan yang terbaik buat setiap kita.
3.       Tuhan tidak akan membiarkan kita jatuh dan gagal
“….Aku tidak akan membiarkan engkau ….” Yosua 1:5. Tuhan tidak akan membiarkan kita jatuh dan gagal dalam hidup kita. Saat kita terus mengandalkan Tuhan keberhasilan demi keberhasilan akan Tuhan berikan buat setiap kita.
4.       Tuhan tidak akan meninggalkan kita
“….dan tidak akan meninggalkan engkau.”Yosua 1:5. Mungkin manusia meninggalkan setiap kita tetapi Tuhan tidak pernah meninggalkan kita dalam hidup ini. Tuhan akan terus ada buat setiap kita dan menyertai setiap kita. 
5.       Siapapun Tidak akan tahan kepada kita
“Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; ….” Yosua 1:5. Siapapun yang berbuat jahat kepada kita tidak akan bisa bertahan karena yang beserta kita adalah Raja di atas segla raja.
6.       Kita akan dibuat Tuhan beruntung
“….janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.” Yosua 1:7. Tuhan akan membuat perjalanan hidup kita beruntung saat kita hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.
7.       Perjalanan kita akan berhasil
“Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” Yosua 1:8. Tuhan akan membuat perjalanan kita berhasil dan beruntung saat kita memperkatakan Firman Tuhan siang dan malam dan bertindak sesuai dengan perintah Allah.

Ada dua hal yang harus kita lakukan untuk menerima ketujuh janji Allah kepada Yosua. “Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi." Yosua 1:9. Tuhan menyuruh setiap kita agar tetap kuat dan teguh. Untuk menjadi kuat perlu adanya suatu proses yang membentuk setiap kita. Menjadi kuat berbicara tentang ketabahan, kegigihan setiap kita dalam menghadapi tekanan dan proses kehidupan. Kita tidak bisa mengandalkan kekuatan kita sendiri dalam hidup ini, kita harus mengandalkan Tuhan dalam menjalani hidup ini. 
 
Selain menjadi kuat kita harus teguh dalam menghadapi hidup ini. Teguh berbicara tentang berjaga-jaga dan mempunyai mental pemberani bukan pengecut. Pemberani adalah orang yang mampu mengalahkan ketakutan dalam diri mereka. Seorang pemberani bukan berarti ia tidak memiliki rasa takut tetapi seorang pemberani adalah orang yang bisa mengalahkan ketakutan dalam dirinya. “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Roma 8:28. Allah akan terus ada buat setiap kita dan rancangan-Nya pasti mendatangkan kebaikan buat setiap kita. Oleh karena itu kita harus kuat dan teguh dalam menjalani hidup ini.
 
Berhati-hatilah dengan virus T2G. Takut, tawar hati dan Gentar. Janganlah setiap kita memiliki ketakutan yang berlebihan, jangan tawar hati karena akan membuat setiap kita patah semangat, selain itu jangan gentar menghadapi hidup ini. Kita harus kuat dan teguh untuk melawan virus T2G. Ulangan 31:6-8. Dalam Yosua 1:8. “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” Lakukan 3P; Perkatakan, Pikirkan dan Perbuat Firman Tuhan. Saat kita memperkatakan, merenungkan dan melakukan apa yang Tuhan perintahkan dalam Firmannya maka janji-janji Tuhan akan kita dapatkan.

Komentar

Postingan Populer