Anak Sulung

ANAK SULUNG




http://www.sarapanpagi.org/anak-sulung-vt201.html

I. Dalam Perjanjian Lama (PL)


    Akar kata Ibrani בְּכוֹר - BEKHOR, terdapat dalam banyak bahasa serumpun, berarti 'cepat datang', dan kata seakar melukiskan 'buah sulung/ new fruit' (Ibrani, בָּכַר - BAKHAR.

    Bentuk בְּכוֹר - BEKHOR hanya dipakai untuk orang dan binatang.

    Anak sulung dari pihak bapak dipandang sebagai awal keperkasaan (Kejadian 49:3; Ulangan 2l:17; bandingkan Ulangan 33:17), puncak dayanya secara umum.

      * Kejadian 49:3 LAI TB, Ruben, engkaulah anak sulungku, kekuatanku dan permulaan kegagahanku, engkaulah yang terutama dalam keluhuran, yang terutama dalam kesanggupan. KJV, Reuben, thou art my firstborn, my might, and the beginning of my strength, the excellency of dignity, and the excellency of power:Hebrew,
      רְאוּבֵן בְּכֹרִי אַתָּה כֹּחִי וְרֵאשִׁית אֹונִי יֶתֶר שְׂאֵת וְיֶתֶר עָז׃
      Translit interlinear, RE'UVEN {ruben} BEKHORI {putera sulungku} 'ATAH {engkau adalah} KOKHI {kekuatanku} VERESHIT {permulaan} 'ONI {kegagahanku} YETER {keluhuran} SE'ET {martabat} VEYETER {dan leluhuran} 'AZ {kesanggupan}


    Anak sulung mempunyai derajat tertinggi sesudah bapak-nya, dan jika si bapak alpa, anak sulung mempunyai otoritas atas adik-adiknya (umpamanya Ruben dalam keluarga Yakub) dan kakak Ribka (Kejadian 24:55, 60).

    Hak anak sulung sangat dihargai tinggi (Kejadian 25:29-34; 27), tapi dalam hal ia berkelakuan buruk maka hak kesulungan itu dapat dilimpahkan kepada anak yang lain (Kejadian 49:3-4; 1 Tawarikh 5:1-2).

    Dalam masyarakat Israel yang mengenal poligami, anak sulung dari pihak bapak harus dibedakan dari anak sulung dari pihak ibu. Anak sulung mendapat warisan dua kali lipat dibandingkan bagian masing-masing anak lainnya (bandingkan 2 Raja 2:9) dan Ulangan 21:15-17 melarang memindahkan hak ini begitu saja dari anak sulung yang sebenarnya kepada anak dari istri yang paling dicintai. Hal ini menunjukkan bahwa hanya ada 1 anak sulung dalam satu keluarga.

      * Ulangan 21:15-1721:15 "Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya, dan mereka melahirkan anak-anak lelaki baginya, baik isteri yang dicintai maupun isteri yang tidak dicintai, dan anak sulung adalah dari isteri yang tidak dicintai,21:16 maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, tidaklah boleh ia memberikan bagian anak sulung kepada anak dari isteri yang dicintai merugikan anak dari isteri yang tidak dicintai, yang adalah anak sulung.21:17 Tetapi ia harus mengakui anak yang sulung, anak dari isteri yang tidak dicintai itu, dengan memberikan kepadanya dua bagian dari segala kepunyaannya, sebab dialah kegagahannya yang pertama-tama: dialah yang empunya hak kesulungan."


    Hukum ini tidak berlaku kepada anak-anak lelaki dari selir-selir dan hamba perempuan (Kejadian 21 :9-13; Hakim 11: 1-2).

    Pada keluarga raja-raja hak anak sulung meliputi hak pengganti bapaknya dalam bidang pemerintahan (2 Tawarikh 21: 1-3), tapi sifat mengunggulkan sering memainkan peranan yang berbahaya, baik di tengah-tengah para raja maupun rakyat (1 Raja 1-2; 1 Tawarikh 26: 10; 2 Tawarikh 11 :22-23). Di Haran, anak perempuan sulung dikawinkan lebih dulu dari adik-adiknya (Kejadian 29:26), dan barangkali begitu juga halnya di Israel (1 Samuel 18:17-27).

    Dalam sastra Ugarit disebut pergeseran hak anak perempuan sulung kepada anak perempuan bungsu. Alkitab menunjukkan kegemaran tertentu terhadap anak bungsu sebagai yang paling sedikit mendapat hak istimewa (Yakub, Efraim, Daud). Kedudukan tinggi anak sulung membuahkan pemakaian secara kiasan dari istilah dalam Keluaran 4:22; Mazmur 89:28.

    Berdasarkan luputnya anak sulung Israel dari maut pada malam Paskah, anak lelaki sulung dari ibu dipandang kudus bagi YHVH (Keluaran 13:2,12; Bilangan 3:13).


    Anak sulung dari angkatan zaman Keluaran ditebus melalui mengkhususkan orang Lewi (Bilangan 3:40-41), sesudah itu tiap anak lelaki sulung, sesudah berumur satu bulan, ditebus dengan membayar 5 syikal kepada imam (Bilangan 18:16; bandingkan 3:42-51).

      * Bilangan 3:40-413:40 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Catatlah semua anak sulung laki-laki Israel yang berumur satu bulan ke atas, lalu hitunglah jumlah mereka,3:41 dan ambillah orang-orang Lewi bagi-Ku -- Akulah TUHAN -- sebagai ganti semua anak sulung yang ada pada orang Israel, juga hewan orang Lewi ganti semua anak sulung di antara hewan orang Israel."
      * Bilangan 18:15-1618:15 Semua yang terdahulu lahir dari kandungan segala yang hidup, yang dipersembahkan mereka kepada TUHAN, baik dari manusia maupun dari binatang, adalah bagianmu; hanya haruslah kamu menebus anak sulung manusia, juga anak sulung binatang yang najis haruslah kamu tebus.18:16 Mengenai uang tebusannya, dari sejak berumur satu bulan haruslah kautebus menurut nilainya, yakni lima syikal perak ditimbang menurut syikal kudus; syikal ini dua puluh gera beratnya.


    Bandingkan :

      * Bilangan 3:42-513:42 Maka Musa mencatat semua anak sulung yang ada pada orang Israel, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya.3:43 Semua anak sulung laki-laki yang dicatat namanya dalam pencatatan itu, yakni yang berumur satu bulan ke atas, ada dua puluh dua ribu dua ratus tujuh puluh tiga orang.3:44 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa:3:45 "Ambillah orang Lewi ganti semua anak sulung yang ada pada orang Israel, juga hewan orang Lewi ganti hewan mereka, supaya orang Lewi itu menjadi kepunyaan-Ku; Akulah TUHAN.3:46 Sebagai uang tebusan untuk kedua ratus tujuh puluh tiga anak sulung Israel yang melebihi jumlah orang Lewi itu,3:47 haruslah engkau mengambil lima syikal seorang; engkau harus mengambilnya menurut syikal kudus -- syikal ini dua puluh gera beratnya --.3:48 Berikanlah perak itu kepada Harun dan anak-anaknya sebagai uang tebusan untuk orang-orang yang kelebihan itu."3:49 Lalu Musa mengambil uang tebusan untuk orang-orang yang melebihi jumlah mereka yang telah ditebus oleh orang Lewi itu;3:50 dari pada anak-anak sulung Israel diambilnya perak itu, seribu tiga ratus enam puluh lima syikal, ditimbang menurut syikal kudus,3:51 maka Musa memberikan uang tebusan itu kepada Harun dan anak-anaknya sesuai dengan titah TUHAN, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

    Dari data-data galian kita tahu bahwa anak-anak kecil orang Kanaan sering dikorbankan, kadang-kadang orang Israel mengikuti teladan mereka (Yehezkiel 20:25-26; Mikha 6:7), tapi hal ini adalah tafsiran yang salah atas Keluaran 22:29.


    Hal-hal lain yang berkenaan dengan "anak sulung" :

      Anak sulung jantan dari binatang tahir harus dikorbankan (Bilangan 18:17-18; Ulangan 12:6,17); jika cacat binatang-binatang itu harus disembelih dan dimakan (Ulangan 15:19-23). Anak sulung jantan dari binatang najis harus ditebus (Bilangan 18:15), dalam hal anak keledai harus ditebus dengan anak domba atau lehernya harus dipatahkan (Keluaran 13:13; 34:20). Suatu penyakit yang parah dapat disebut 'anak sulung maut' (TB, penyakit parah, Ayub 18:13).



    Mitsvot untuk Anak Sulung :

      - Mitsvot ke-368 : MENEBUS ANAK SULUNG LAKI-LAKI
      - Mitsvot ke-459 : MENGORBANKAN ANAK SULUNG HEWAN YANG TAHIR (HALAL) DAN MEMPERSEMBAHKANNYA.

      Reff : 613 MITSVOT, di 613-mitsvot-vt218.html#p424



II. Dalam Perjanjian Baru (PB)


    Yesus Kristus ialah Anak Sulung (Yunani, πρωτοτοκος – prôtotokos) (Matius 1:25; Lukas 2:7), dan diceritakan bahwa orangtua-Nya memberlakukan kepada-Nya apa yang ditentukan hukum Taurat (Lukas 2:27).

      * Matius 1:25LAI TB, tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.KJV, And knew her not till she had brought forth her firstborn son: and he called his name JESUS. TR, και ουκ εγινωσκεν αυτην εως ου ετεκεν τον υιον αυτης τον πρωτοτοκον και εκαλεσεν το ονομα αυτου ιησουνTranslit, kai ouk eginôsken autên heôs ou eteken ton huion autês ton prôtotokon kai ekalesen to onoma autou iêsoun

      * Lukas 2:7LAI TB, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. KJV, And she brought forth her firstborn son, and wrapped him in swaddling clothes, and laid him in a manger; because there was no room for them in the inn.TR, και ετεκεν τον υιον αυτης τον πρωτοτοκον και εσπαργανωσεν αυτον και ανεκλινεν αυτον εν τη φατνη διοτι ουκ ην αυτοις τοπος εν τω καταλυματιTranslit, kai eteken ton huion autês ton prôtotokon kai esparganôsen auton kai aneklinen auton en tê phatnê dioti ouk ên autois topos en tô katalumati

      * Lukas 2:22-27 2:22 Dan ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan,2:23 seperti ada tertulis dalam hukum Tuhan: "Semua anak laki-laki sulung harus dikuduskan bagi Allah",2:24 dan untuk mempersembahkan korban menurut apa yang difirmankan dalam hukum Tuhan, yaitu sepasang burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati.2:25 Adalah di Yerusalem seorang bernama Simeon. Ia seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya,2:26 dan kepadanya telah dinyatakan oleh Roh Kudus, bahwa ia tidak akan mati sebelum ia melihat Mesias, yaitu Dia yang diurapi Tuhan.2:27 Ia datang ke Bait Allah oleh Roh Kudus. Ketika Yesus, Anak itu, dibawa masuk oleh orang tua-Nya untuk melakukan kepada-Nya apa yang ditentukan hukum Taurat,

    Serentak Kristus ialah Anak Sulung dari Bapa-Nya di sorga, dan menduduki martabat tertinggi di antara banyak saudara di bumi dan yg mempunyai kekuasaan penuh terhadap mereka (Roma 8:29; Ibrani 1:6).

      * Roma 8:29 LAI TB, Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. KJV, For whom he did foreknow, he also did predestinate to be conformed to the image of his Son, that he might be the firstborn among many brethren. TR, οτι ους προεγνω και προωρισεν συμμορφους της εικονος του υιου αυτου εις το ειναι αυτον πρωτοτοκον εν πολλοις αδελφοις Translit Interlinear, hoti {bahwa} hous {yang} proegnô {Dia mengenal sebelumnya} kai {dan} proôrisen {Dia menentukan sebelumnya} summorphous {serupa} tês eikonos {gambaran} tou huiou {Anak} autou {-Nya} eis {kepada} to {yang} einai {menjadi} auton {Dia} prôtotokon {Sulung} en {dari} pollois {banyak} adelphois {saudara}

    Melalui kebangkitan-Nya, 'Dia-lah sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati' (Kolose 1:18; Wahyu 1:5). Gelar 'Yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan' (Kolose 1 : 16-17) menunjuk kepada kekuasaan-Nya terhadap seluruh ciptaan, tapi hal itu tidak berarti bahwa Dia sendiri telah diciptakan.

    Artikel terkait :


    Orang-orang percaya disebut' jemaat anak -anak sulung' (Ibrani 12:23) sebab mereka menerima hak-hak istimewa yg lebih dari semua orang lain.

      * Ibrani 12:23 LAI TB, dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna, KJV, To the general assembly and church of the firstborn, which are written in heaven, and to God the Judge of all, and to the spirits of just men made perfect, TR, πανηγυρει και εκκλησια πρωτοτοκων εν ουρανοις απογεγραμμενων και κριτη θεω παντων και πνευμασιν δικαιων τετελειωμενωνInterlinear, panêgurei kai ekklêsia prôtotokôn en ouranois apogegrammenôn kai kritê theô pantôn kai pneumasin dikaiôn teteleiômenôn


Amin.



Kepustakaan :
    - O Eissfeldt, Erstlinge und Zehnten im AltenTestament, 1917;
    - W Michaelis, TWNT7, hlm 872-883;
    - The New International Dictionary of The New Testament Theology, C Brown (ed), 1975, hlm 667-670.
    - Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, Vol 1, hlm 48.

Komentar

Postingan Populer