Cinta Agape dan Kepenuhan Tuhan



Cinta Agape dan Kepenuhan Tuhan
Pdt. Petrus Agung Purnomo


Kehidupan kita tidak akan berubah jika kita tidak mendapatkan Rhema dari Firman Tuhan yang kita baca dan mendengarkan kotbah-kotbah. Rhema Tuhan yang mengubahkan kehidupan kita. Jika kita belum mengetahui kebenaran Tuhan maka hidup kita tidak akan berubah. Mengenal Kebenaran Tuhan maka hidup kita berubah.

Efesus 3 : 18 – 20 Doa Tuhan Yesus supaya kita dapat memahami kebenaran dari Firman Tuhan, Mengenal Kasih Agape yang Tuhan Yesus berikan melampaui segala sesuatu.

Efesus 3 : 19 – 20 King James Version Tuhan Yesus berdoa agar kita memahami kebenaran Firman Tuhan dan Mengenal Cinta Agape yang melampaui segala pengetahuan. Jika kita mengenal Cinta Agape Tuhan maka kita akan dipenuhi oleh Kepenuhan Kristus.

Banyak orang yang mencoba mengenal Tuhan dengan pengetahuan Alkitab yang dia peroleh, semuanya tidak bisa apalagi kita mengenal Cinta Tuhan Yesus.

Jika kita mencintai seseorang kita tidak bisa mencintai dengan cara sebatas pengetahuan saja, kita harus mengalami namanya Jatuh Cinta, bukan hanya pengetahuan.

Mengenal CintaNya bisa dikenali dengan CintaMu kepada Tuhan. Jemaat Efesus ditegur oleh Tuhan karena kehilangan cinta yang mula-mula dan kasihnya mulai dingin, suam-suam.

Hubungan dengan Tuhan itu bukan berdasarkan untung rugi. Kita melihat Anak Yang Sulung, dia melayani dan bekerja di rumah Bapanya bukan dengan cinta namun dengan sebatas kewajiban dan menerima upah sedikit.

Lukas 15 : 11 – 32 Anak Yang Bungsu mempunyai cinta kepada Bapanya, walaupun ia pergi foya-foya dan menghabiskan harta bapanya. Ia kelaparan dan kerja di peternakan babi, ketika ia akan makan makanan babi, ia ingat bahwa di rumah bapanya karyawan bapanya tidak kelaparan, disana banyak makanan. Akhirnya ia sadar akan kesalahannya, ia kembali pulang ke rumah bapanya.

Diperjalanan menuju rumah bapanya si bungsu menyadari kesalahannya, dia menyadari kasih akan yang dia terima dari bapanya. Ketika Bapanya melihat si bungsu pulang, ia segera berlari dan memeluk si bungsu. Bapanya memberikan kepada bungsu Jubah yang terbaik, jubah pada waktu itu adalah lambang kebangsawanan.

Jika sekarang orang kristen banyak yang mengejek dan mengatakan ibadah pakai jubah tidak alkitabiah. Kita lihat Jubah diberikan kepada di bungsu ini di kitab Perjanjian apa ? Perjanjian Baru, Yesus hidup di Perjanjian Baru. Jadi jika kita memakai Jubah itu adalah lambang kebangsawanan, kedudukan kita dihadapan Tuhan.

Bapanya memberikan si bungsu Cincin Meterai itu melambangkan otoritas, kekuasaan.

Cinta Agape Tuhan itu menciptakan hubungan cinta yang luar biasa. Jauh diluar pengertian kita dan jauh dari pikiran kita. Kita bisa mengalami kepenuhan Tuhan karena Hubungan Cinta.

Si Sulung kerja dengan bapanya, dia hanya kerja dan melakukan tugas, ia tidak mengabdi dengan cinta, ia mengharapkan sedikit upah.

Di Amerika, waktu jaman perbudakan, ada seorang budak dari Afrika, ia dibawa ke Amerika, dia buas dan jahat, ia diikat dengan tali, dia suka mengamuk. Pemilik budak ini ingin menjual budak ini, namun budak yang buas ini akan mempunyai harga jual yang murah. Dipasar budak ada seorang bangsawan yang memperhatikan perlakuan majikan budak yang kasar, ia kemudian menanyakan harga budak itu. Kemudian ia membayar harga budak itu dengan sangat mahal.

Ia membawa budak yang buas dan beringas ini, budak ini mengamuk, ketika sampai dipintu gerbang rumahnya, bangsawan ini mengeluarkan pisau, pikir budak ini dia akan dibunuh, kenyataannya tali pengikatnya diputuskan, dia dibebaskan dan disuruh pergi. Bangsawan ini masuk ke rumah itu, sibudak bingung, kemudian ia sadar akan kasih dr bangsawan itu, budak ini mengejar bangsawan, ia berlutut dan mau mengabdikan dirinya sebagai lambang ucapan terima kasih. Bangsawan itu sudah menebus dia dengan harga yang mahal.

Cinta Agape membuat kita mengenal Kasih Allah dan Kita mempunyai kerinduan untuk mengabdi kepada Tuhan karena kasihNya yang sudah menebus setiap dosa kita. Karena CintaNya kita mengalami Kepenuhan Kristus, karena CintaNya kita mengalami kebebasan dan kemerdekaan. Amin.

Writer Resume : Joshua Ivan
Streaming Radio Sofar Temanggung
Selasa, 4 Oktober 2016

Komentar

Postingan Populer