Logos dan Rhema

LOGOS dan RHEMA


Roma 10:17Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” Sering kita dapati kata “Firman” dalam alkitab/bible lalu apa arti sebenarnya dari kata ini? Didalam bahasa Yunani kata “Firman” mempunyai dua pengertian yaitulogos dan rhema.

Pengertian logos disini adalahlogic/logika/sebatas pada pengetahuan saja (pikiran) sedangkan yang dimaksud dengan rhema adalah suatu pengertian yang menjadi hidup/pewahyuan yang membuat mata hati kita terbuka/pengalaman dari apa yang kita dengar/baca dalam alkitab yang menjadi kekuatan dalam hidup kita (spiritual strength through our connection with GOD for our jouney).
Rasul Paulus menekankan dalam kitabnya bahwa iman yang seharusnya diperoleh atau dimiliki adalah dari firman yang menjadi hidup (rhema/iman rhema) dan tidak hanya sebatas pengertian/ pikiran (logos) saja. (Tuhan bisa berbicara kepada kita dengan berbagai cara bahkan hanya dengan satu ayat saja DIA mampu membuat mata hati kita terbuka dan hal ini menjadi rhema).
Mintalah kepada Tuhan agar setiap kita membaca firmanNYA dan kita bisa memeperoleh/ mendapatkan rhema dan tidak hanya sebatas logos. Ibrani 11:1Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”
Ibrani 11:30-40
11:30 Karena iman maka runtuhlah tembok-tembok Yerikho, setelah kota itu dikelilingi tujuh hari lamanya.
11:31 Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik.
11:32 Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi,
11:33 yang karena iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, mengamalkan kebenaran, memperoleh apa yang dijanjikan, menutup mulut singa-singa,
11:34 memadamkan api yang dahsyat. Mereka telah luput dari mata pedang, telah beroleh kekuatan dalam kelemahan, telah menjadi kuat dalam peperangan dan telah memukul mundur pasukan-pasukan tentara asing.
11:35 Ibu-ibu telah menerima kembali orang-orangnya yang telah mati, sebab dibangkitkan. Tetapi orang-orang lain membiarkan dirinya disiksa dan tidak mau menerima pembebasan, supaya mereka beroleh kebangkitan yang lebih baik.
11:36 Ada pula yang diejek dan didera, bahkan yang dibelenggu dan dipenjarakan.
11:37 Mereka dilempari, digergaji, dibunuh dengan pedang; mereka mengembara dengan berpakaian kulit domba dan kulit kambing sambil menderita kekurangan, kesesakan dan siksaan.
11:38 Dunia ini tidak layak bagi mereka. Mereka mengembara di padang gurun dan di pegunungan, dalam gua-gua dan celah-celah gunung.
11:39 Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik.
11:40 Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan.
------------------------------------------
Ayat-ayat yang tertera dalam pasal ini menerangkan dua dampak daripada iman orang percaya yaitu:
Pada ayat-ayat di 30-35a dikatakan bahwaada iman yang mengalahkan masalah/pergumulan yang akan membawa kepada kemenangan/ keberhasilan namun pada ayat-ayat di 35b-39 bahwa ada iman yang mereka nyakini ternyata iman yang sustain/sulit dipahami/susah dimengerti karena meskipun sebagai orang yang beriman namun mengalami masalah/ siksaan/ penderitaan/ tekanan ditengah-tengah dunia ini tetapi luar biasanya disini adalah mereka tidak menyerah (tetap beriman), hal ini dikarenakan mereka mengerti bahwa kehidupan mereka yang sesungguhnya adalah bukan didunia ini dan mahkota abadi sedang menanti mereka saat mereka kembali kerumah BAPA.
Mengikuti Tuhan sebenarnya tidak hanya sekedar memperoleh/memiliki berkat-berkatNYA saja tetapi juga kita mengalami penderitaan, kalau bukan karena iman rhema pasti kita tidak akan mampu menghadapi perkara-perkara diluar akal pikiran kita (kita dapat bersukacita bahkan ditengah masalah).
Iman lebih mengutamakan hal-hal yang rohani karena pada dasarnya iman bersifat kekal/eternal jadi jangan cepat menyerah untuk masalah-masalah yang sedang kita gumuli meski terlihat mustahil.
Alami rhema firmanNYA sehingga menjadi iman rhema karena iman ini akan membawa kita mengatasi masalah-masalah sehingga kita tidak mundur dari Tuhan. Ingatlah mahkota abadi sudah menanti kita.
Doakan untuk semua orang yang berhubungan darah dengan kita terlebih mereka yang belum mengenal arti keselamatan sesungguhnya. Jangan pernah menyerah tetap tekun/beriman pada janji-janjiNYA.
(dicopy dari : http://www.bethanybangkok.com/?p=913)

Komentar

Postingan Populer