Roh Hikmat dan Wahyu

ROH HIKMAT DAN WAHYU


Kita harus bersyukur atas setiap firman yang datang dalam diri kita dan juga bersyukur atas kasih ilahi yang terus mengalir dalam batin kita. Itu merupakan bentuk kasih setia Tuhan yang selalu menyertai kehidupan kita. Tetapi kita tidak boleh berhenti hanya sekedar menjadi orang percaya yang baik saja. Karena itu bukanlah tujuan Tuhan memilih kita sebelum dunia dijadikan. Ia berkehendak untuk menjadikan kita sebagai orang terpandang dan disegani untuk menghadirkan realita kerajaanNya. Oleh karena itu, kita perlu naik ke level rohani dan tangga kemuliaan berikutnya. Dimana mata hati kita bisa melihat rencana kekal Tuhan atas gerejaNya.
Mengapa gerejaNya? Karena itulah rencana kekal Tuhan. Kita bukan lagi sebagai individu orang biasa, tetapi kita adalah tubuh Kristus. Kita tidak lagi mencari nama pribadi, melainkan membawa nama Kristus yang diberikan kepada kita yang memberi diri untuk menyatu dalam ikatan janji kekal.
Namun untuk orang percaya bisa memasuki kemuliaan dan level rohani berikutnya dibutuhkan orang lain. Maksudnya adalah dibutuhkan seorang Rasul yang menjadi bapa rohani dari orang percaya. Tetapi tidak semua orang bisa menerima pemahaman tersebut. Karena roh agamawi dan dusta telah berhasil menipu banyak orang Kristen untuk terus melangkah seturut kehendaknya dan tidak seturut dengan pola ilahi (Yes 61) Sehingga mata hatinya seperti terus tertutup untuk melihat pribadi hamba Tuhan yang Tuhan tetapkan untuk membawa jawatan Rasul.
Oleh karenanya Paulus meminta kepada Tuhan agar memberikan Roh hikmat dan Wahyu untuk mengenal Dia dengan benar kepada jemaat Efesus. Agar mereka bisa terus fokus terhadap apa yang Tuhan rancangkan dan terus berfokus kepada apa yang Paulus ajarkan. Dengan demikian jemaat Efesus dapat terus bertumbuh sebagai tubuh Kristus yang berkuasa diatas muka bumi ini. Dan memerintah atas setiap nama yang dapat disebut. Pemerintah - pemerintah, raja - raja, dan setiap penguasa akan takluk dan sujud menyembah kepada Tuhan dibawah pemerintahan gereja Tuhan !!
Roh hikmat dan wahyu sangatlah penting untuk kita miliki, karena itu akan menentukan pengenalan kita akan Tuhan dan arah dari kehidupan kita itu sendiri.
1. Roh hikmat dan wahyu akan bekerja secara maksimal saat kita bertekun dalam pengajaran rasul - rasul.
Saya percaya, Roh hikmat dan Wahyu harus diiringi dengan ketekunan dalam pengajaran rasul - rasul. Dengan demikian pengenalan akan Tuhan yang dimiliki oleh para rasul akan juga kita peroleh. Sehingga tidak akan terjadi perbedaan pemahaman dengan para rasul. Jika kita menyembah Tuhan yang sama, artinya kita harusnya memiliki pengenalan dan pemahaman akan Tuhan yang harusnya juga sama. Kesamaan akan hal tersebutlah yang akan membuat kita terbangun sesuai dengan pola ilahi yang menarik turun kemuliaan Tuhan atas hidup kita. Sehingga keberadaan kita akan memanifestasikan Kristus dalam hidup sehari - hari.
2. Roh hikmat dan wahyu akan membukakan pengertian kita, bahwa gereja Tuhanlah institusi tertinggi dan berkuasa dari institusi lainnya.
Roh hikmat dan Wahyu diberikan agar kita bisa melihat rencana Tuhan yang besar dan mulia melebihi dari agenda pribadi bahkan cita - cinta pribadi. Sangat jelas tertulis dalam Yes 2, bahwa gunung rumah Tuhanlah yang akan menjulang tinggi. Roh hikmat dan wahyu akan membuat kehidupan kita tidak berliku - liku. Jika kita sudah tau akhir ceritanya bahwa gunung rumah Tuhan yang menjulang tinggi, mengapa kita harus berada ditempat lainnya? Roh hikmat dan Wahyu akan membuat kita berfokus dan memprioritaskan agenda rumah Tuhan daripada yang lainnya. Implementasi konkritnya adalah membuang agenda pribadi dan mewujudkan impian, proyek, dan pekerjaan yang berada di hati seorang bapa rasuli. Mengapa harus apa yang ada di hati seorang bapa rasuli? Karena itu adalah pola dari surga/cara kerja Tuhan yang tidak bisa dikompromikan. Bukan karena kita disuruh atau diperintahkan, melainkan karena meneriwa penyingkapan pemahaman dari Roh Kudusnya. Oleh karena itu, betapa penting kita untuk selalu bertekun dalam pengajaran rasul - rasul sampai kita bisa melihat di dalam roh gunung rumah Tuhan yang menjulang tinggi. Tanpa kita melihat hal itu, maka kemilau dunia ini akan selalu membuat kita terpikat.
3. Roh hikmat dan wahyu akan membebaskan kita dari belenggu para pemimpin manulatif dan agamawi, lalu membawa kita mengalami perjumpaan dengan bapa rasuli.
Saya yakin, orang - orang yang mencintai Tuhan dengan tulus dan terus bertekun mengejar Tuhan akan membuat roh hikmat dan wahyu turun atas mereka. Sehingga membuat mereka dapat melihat kebenaran dengan jelas dan membuat mereka terbebas dari belenggu kepemimpinan yang manipulatif dan agamawi.  Saya melihat ada rombongan orang yang sedang berjalan dari dalam gelap menuju satu terang. Mereka adalah orang orang yang selama ini ditawan oleh pemimpin manipulatif dan agamawi. Mereka akan dengan ekstrem memutuskan keluar dari penjara tersebut dan memberi hidup untuk bapa rasuli.  Dan mereka akan menjadi orang - orang yang gila - gilaan menyelesaikan kehendak Tuhan dalam rumah rohani yang ada.
Sekaranglah saatnya roh hikmat dan wahyu membawa kita hidup efektif bagi agenda Kerajaan Surga, dan membawa kita menaiki level rohani dimana kita memerintah bersama dengan Dia !! #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer