Jangan Biarkan Pengharapan Kita Padam

Foto Daily Devotional.
Saya masih terus terngiang dg pernyataan Roh yg saya terima: Engkau terus merasa ada lbh banyak org fasik yg berkuasa daripada org-org benar krn selama ini org-org benar hanya berdiam diri saja....
Hari ini, Tuhan memberikan saya ayat firman berikut:


Habakuk 1:4-5 "Itulah sebabnya hukum kehilangan kekuatannya dan tidak pernah muncul keadilan, sebab orang fasik mengepung orang benar; itulah sebabnya keadilan muncul terbalik.


Lihatlah di antara bangsa-bangsa dan perhatikanlah, jadilah heran dan tercengang-cengang, sebab Aku melakukan suatu pekerjaan dalam zamanmu yang tidak akan kamu percayai, jika diceriterakan."
Kurang lebih Nabi Habakkuk merasakan kegalauan yg sama spt yg saya jg rasakan: org-org fasik seperti lbh berkuasa daripada org-org benar - dan seperti yg Habakkuk katakan, 'org fasik mengepung org benar dan keadilan muncul terbalik'...


Tapi ditengah kefrustasian Habakkuk, Tuhan berfirman bhw sesungguhnya Ia sdg melakukan sesuatu diantara bangsa-bangsa. 


Berhentilah terus melihat apa yg ada disekelilingmu - yang memanifestasikan apa yg musuh sdg lakukan! Mulailah memiliki mata rohani yg hanya tertuju kpd Tuhan sehingga kita bisa melihat apa yg sdg Ia lakukan...!
 

1. Pada saat kita tdk bisa melihat apa yg Tuhan sdg lakukan disekitar hidup kita bkn berarti Tuhan tdk melakukan apapun & hanya berdiam diri saja.
 

Kita hrs trs mendisiplin diri kita utk hanya memperhatikan apa yg Tuhan sdg lakukan - kalaupun Dia blm melakukan sesuatu di 'dunia sekeliling kita', Dia tetap melakukan sesuatu di dunia/ teritorial lainnya. Perhatikan saja apa yg sdg Ia lakukan dan jgn biarkan pengharapan kita jd padam! Teruslah menghubungkan diri didlm Roh dg apa yg sdg Ia lakukan krn artinya, 'dunia/ teritorial' kita akan menjadi agenda kerja Tuhan yg selanjutnya. Dia masih tetap Allah yg terus bekerja & dalam kedaulatan kuasaNya Ia akan mengintervensi kehidupan kita...

2. Tuhan tdk selalu memakai org-org benar utk menggenapkan rencana & rancanganNya.
 

Scr pribadi, saya hrs mengakui & bertobat di hadapan Tuhan krn masih adanya prejudice & 'pembatasan-pembatasan' yg saya lakukan terhadap Tuhan tanpa saya sendiri menyadarinya. Saya trs berasumsi & memiliki pemikiran bhw seharusnya org-org benar-lah yg menggenapkan apapun rencana & rancangan Tuhan atas kota-kota/ bangsa. Saya kurang mau melihat kenyataan bhw seringkali org benar sama skl tdk siap/ tdk akan mampu menggenapkan rencana/ rancanganNya dan krn itu, dlm kedaulatanNya, Tuhan memutuskan utk memakai bangsa-bangsa asing guna menggenapkan rencana/ rancangan yg ia miliki. Jika itu adl keputusan Tuhan, tdk ada lagi yg bisa kita lakukan utk mengubah keputusanNya; yg hrs kita lakukan adl membuka diri utk tetap mengikuti rancangan Tuhan yg 'berbeda' dr semua pemikiran & asumsi yg selama ini kita miliki. 

Keterbukaan & kerendahan hati sangat dibutuhkan utk kita bisa trs melangkah dlm rencanaNya. Asumsi & pemikiran yg kita miliki ttg cara kerja Tuhan bisa dg mudah mengecoh & menipu diri kita sendiri. Krnnya, sangat dibutuhkan adanya keterbukaan & kerendahan hati hingga level tertentu agar kita tdk menjadi frustasi & tawar hati sendiri. Teruslah memiliki level pengharapan & passion yg menyala-nyala dan teruslah melangkah didlm tuntunan RohNya...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer