MENYIAPKAN TEROBOSAN

MENYIAPKAN TEROBOSAN

TravellerS Phinisi, Holy Glory Church (HGC)

(20/11/2016)
Ps. Joseph Hendrik Gomulya.

"Ya Tuhan, sesuai dengan belas kasihan-Mu, biarlah kiranya murka dan amarah-Mu berlalu dari Yerusalem, kota-Mu, gunung-Mu yang kudus; sebab oleh karena dosa kami dan oleh karena kesalahan nenek moyang kami maka Yerusalem dan umat-Mu telah menjadi cela bagi semua orang yang di sekeliling kami. Oleh sebab itu, dengarkanlah, ya Allah kami, doa hamba-Mu ini dan permohonannya, dan sinarilah tempat kudus-Mu yang telah musnah ini dengan wajah-Mu, demi Tuhan sendiri. Ya Allahku, arahkanlah telinga-Mu dan dengarlah, bukalah mata-Mu dan lihatlah kebinasaan kami dan kota yang disebut dengan nama-Mu, sebab kami menyampaikan doa permohonan kami ke hadapan-Mu bukan berdasarkan jasa-jasa kami, tetapi berdasarkan kasih sayang-Mu yang berlimpah-limpah. Ya Tuhan, dengarlah! Ya, Tuhan, ampunilah! Ya Tuhan, perhatikanlah dan bertindaklah dengan tidak bertangguh, oleh karena Engkau sendiri, Allahku, sebab kota-Mu dan umat-Mu disebut dengan nama-Mu!”  Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadapan Tuhan , Allahku, permohonanku bagi gunung kudus Allahku, sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari. Lalu ia mengajari aku dan berbicara dengan aku: “Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti. Ketika engkau mulai menyampaikan permohonan keluarlah suatu firman, maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi. Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan itu!" (Daniel 9:16:23 TB)

Hari-hari ini Tuhan sedang ingin membuat terobosan di hidup setiap kita anak-anak-Nya. Setiap level di hidup setiap kita sebenarnya memerlukan terobosan dan kerinduan Tuhan adalah membawa level hidup setiap kita naik untuk di bawa masuk mengalami sebuah terobosan. Kata terobosan berasal dari sebuah kata "BREAKTHROUGH" dimana "BREAK" berarti seperti sesuatu yang dipecahkan, sesuatu yang keluar dari kebiasaan, sesuatu yang baru keluar dari dalam yang belum biasa atau belum pernah dilakukan. Kemudian kata "THROUGH" adalah sebuah hasil yang kita impikan atau ingin kita capai. Jadi BREAKTHROUGH adalah suatu hasil terobosan yang Tuhan ingin berikan dalam hidup kita dimana yang sering kali  menjadi penghambat terobosan itu adalah ketidak mengertian atau menginginkan sebuah terobosan tetapi dengan situasi dan cara yang lama.

Berikut adalah 5 cara untuk menyiapkan terobosan:

1). PERTOBATAN.

Hal pertama yang Daniel lakukan adalah bertobat. Daniel memilih sikap hati untuk bertobat mewakili bangsanya. Seperti kita ketahui Daniel adalah seorang hamba Tuhan yang hidupnya berjalan dari satu kemulian kepada kemulian berikutnya, dari satu mukjizat kepada mukjizat berikutnya. Dalam hidupnya Daniel banyak mengalami banyak terobosan dalam hidupnya dan setiap kali ketika Tuhan ingin membuat sebuah terobosan yang dicari oleh Daniel adalah apa yang harus dan apa yang Tuhan ingin dia ubah dari hidupnya. Ketika kita sedang di bawah Tuhan untuk mengalami terobosan demi terobosan atau mengalami mukjizat demi mukjizat hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan itu dengan sikap pertobatan dan menyadari setiap kesalahan dan ketidaktaatan kita dan selalu bertanya kepada Tuhan apa yang diinginkan-Nya untuk diubah dari hidup kita.

Pertobatan adalah perubahan dari dalam melalui sikap hati, cara merespon dan cara berpikir. Lebih jejasnya adalah sikap hati yang berubah, keinginan untuk mengubahkan sikap hati dan cara merespon sesuatu perubahan pola pikir kita. Mari temukan hal ini ketika Tuhan ingin membawa kita mengalami sebuah terobosan. Kebanyakan orang terkadang sulit mengalami sebuah terobosan karena ketika mengalami masalah, yang keluar dari setiap perkataannya atau respon yang keluar dari dalam hatinya adalah pembenaran diri sendiri tanpa mau atau rela mengubah sikap hati dan cara berpikirnya.

Ketika anda merindukan sebuah terobosan dimana anda sudah berdoa secara sungguh-sungguh dan sudah melakukan banyak hal tetapi anda belum  juga mengalami terobosan itu. Anda harus datang kepada Tuhan dan membiarkan Tuhan mengoreksi kembali hati anda, datang kepada Tuhan dengan kerendahan hati meminta petunjuk-Nya untuk mengubah apa yang mesti anda ubah.

Ketika roh kita selalu mencari dan sikap hati yang selalu mau bertobat maka Tuhan akan memberikan pengertian dan mengubahkan "mindset" atau pola pikir kita ke level yang baru dan lebih besar. Apabila hidup kita selalu merindukan pertobatan, selalu merindukan Tuhan untuk berbicara di hati kita untuk mengubah sikap hati dan pemikiran kita maka kita akan mengalami yang namanya sikap hati yang menyukakan hati-Nya yang seperti menemukan sebuah mutiara yang mahal dan tidak murahan karena Tuhan sanggup mengubahkan hati setiap kita untuk bertobat yang hanya bisa dilakukan dengan kerendahan hati dengan sungguh-sungguh mencari Tuhan dan mendengarkan Tuhan berbicara dan mengubahkan kita. Cara mempersiapkan terobosan ini bisa berbicara dari cara anda beribadah, cara anda menyembah, cara anda dalam bekerja dan berbisnis dan juga berbicara tentang jodoh, keluaga, keuangan dan dalam banyak hal lainnya. Disini Tuhan meminta anda untuk memprioritaskan hati anda kepada Tuhan karena Tuhan tidak mungkin mempercayakan anda banyak hal tetapi hati anda tidak fokus ke situ.

Apabila sikap hati anda tidak mengalami perubahan atau tetap sama maka anda tidak akan pernah mengalami banyak terobosan. Seperti bangsa Israel yang tetap mengeraskan hati dan selalu bersungut-sungut sehingga tidak pernah mengalami terobosan. Perjalanan yang seharusnya bisa mereka selesaikan dalam 14 hari tetapi mereka menjalani dan melakukannya sampai 40 tahun. Waktu yang sangat panjang itu pun tidak mereka pergunakan untuk bertobat dan mengubah sikap hati sehingga yang bisa masuk kedalam tanah perjanjian itu harus menunggu sampai kepada generasi berikutnya. Jangan membiarkan Tuhan menunggu lama hanya untuk menantikan pertobatan dan perubahan dari sikap hati anda yang mengeras, tetapi ijinkan Tuhan untuk melembutkan hati anda melalui proses yang anda lalui bersama Tuhan dan anda pun akan semakin bergantung kepada Tuhan.

2). PENGAKUAN.

Pengakuan bukan hanya sekedar perkataan kepada Tuhan untuk mengampuni anda tetapi adalah sesuatu yang sungguh-sungguh dari dalam hati anda atas hal yang Tuhan taruh, keinginan untuk sungguh-sungguh berubah dan meminta ampun atas segala ketidaktaatan anda. Jadi pengakuan bukan hanya sekedar ucapan di mulut saja tetapi seperti yang Daniel lakukan dengan mengakui kesalahannya dari dalam hati yang membuatnya mampu berdiri atas kotanya dan hasilnya adalah dibangunnya rumah ibadah saat itu.

Sebuah pengakuann juga bisa merubah setiap perkataan yang dahulunya selalu negatif berubah kepada perkataan positif atau berubah menjadi perkataan iman. Setiap pengakuan dan perkataan yang kita ucapkan memiliki kuasa sehingga ketika belum mengalami terobosan ubahlah cara anda berbicara dan berkata tentang hidup anda.

"Ya Tuhan, dengarlah! Ya, Tuhan, ampunilah! Ya Tuhan, perhatikanlah dan bertindaklah dengan tidak bertangguh, oleh karena Engkau sendiri, Allahku, sebab kota-Mu dan umat-Mu disebut dengan nama-Mu!” (Daniel 9:19 TB)

Pengakuan dari dalam hati yang diucapkan kepada Tuhan mampu membalikkan keadaan sampai anda mengalami terobosan itu, sampai anda mengetahui bahwa Tuhan adalah Tuhan yang mendengar pengakuan anda. Ubahlah setiap perkataan anda atas hidup keluarga anda, ubahlah setiap perkataan ketika anda sedang mengalami masalah dalam hal keuangan dengan  membuat pengakuan dan perkataan yang positif dihadapan Tuhan dari dalam hati anda untuk berubah, maka Tuhan akan segera memerintahkan malaikat-Nya menyelesaikan permasalahan anda itu melalui pengakuan dan Firman yang anda ucapkan.

3.) MENANGKAP PENGERTIAN TUHAN.

Sewaktu menyiapkan terobosan, anda harus menangkap dari apa yang anda alami dengan meminta pengertian atau wisdom dari Tuhan dimana sesungguhnya hal ini lebih berharga daripada terobosannya sendiri. Pengertian yang dari Tuhan itu mampu mengubah pola pikir dan mengubahkan hati serta mempersiapkan anda untuk  mengalami terobosan yang besar serta terhindar untuk jatuh kembali ketempat yang sama.

Ketika sesuatu tanpa pengertian dari Tuhan, orang bisa saja mengalami pertolongan Tuhan tetapi sebenarnya bukan terobosan karena kemudian akan mengalami dan jatuh dalam hal yang sama dan tidak pernah mengalami terobosan. Jadi sewaktu mengalami kegagalan mintalah pengertian dari Tuhan penyebab anda mengalami itu baik dalam pekerjaan, bisnis, keluarga dan hal-hal apapun dalam hidup anda. Pengertian yang dari Tuhan yang membuat anda mengalami terobosan dan dengan pengertian yang baru juga mempersiapkan terobosan yang anda akan terima di level berikutnya.

Pengertian dari Tuhan adalah untuk mengetahui apa yang mesti diubahkan dari hidup kita dan tidak memiliki pengertian untuk menyalahkan orang lain. Pengertian dari Tuhan adalah dimana kita belajar untuk bertobat dan meminta hikmat Tuhan untuk tidak jatuh dalam hal yang sama kembali karena cara yang iblis gunakan dari dahulu sampai sekarang selalu sama seperti membuat seseorang untuk kembali jatuh kedalam dosa perzinahan dan dalam hal keuangan dengan kembali suka berutang. Seperti pengertian kenapa gereja ini diberi nama Holy - Glory yang berbicara tentang 2 pribadi Tuhan yaitu Kekudusan dan Kemuliaan-Nya sehingga apabila anda merindukan mengalami terobosan dalam hidup maka anda harus bisa bersentuhan dengan Kekudusan dan Kemuliaan Tuhan. Sehingga ketika anda yang masih muda merindukan jodoh yang terbaik dari Tuhan maka pasangan yang dari Tuhan pasti akan menghargai kekudusan anda.

4). MENGUCAPKAN DAN MERENUNGKAN FIRMAN.

"Ketika engkau mulai menyampaikan permohonan keluarlah suatu firman, maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi. Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan itu!" (Daniel 9:23 TB)

Pengertian yang Tuhan berikan melalui Firman-Nya harus kita ucapkan dan perkatakan dan renungkan berkali-kali sampai betul-betul menjadi rhema, sampai betul-betul menerobos dan menjadi tanda dalam hidup kita maka terobosan itu sedang terjadi atas hidup anda. Dengan selalu merenungkan setiap Firman-Nya juga mampu mengubah sikap hati dari yang dahulu sama sekali tidak memiliki sikap hati untuk hormat dan takut akan Tuhan termasuk sikap hati ketika datang beribadah dan kemudian Tuhan mengubahkan hati anda untuk berubah dan selalu mengutamakan Tuhan di atas segalanya dalam hidup anda.

5). TUHAN MEMBERIKAN VISION.

".... Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan itu!" (Daniel 9:23 TB)

Sewaktu kita sedang mempersiapkan terobosan, Tuhan akan memberikan vision atau visi yang baru, Tuhan akan memberikan penglihatan yang adalah vision, sesuatu yang baru atau rencana Tuhan yang baru. Tuhan memberikan vision bagaimana cara kita untuk keluar dan bagaimana kita hidup serta apa tujuan Tuhan berikutnya. Ketika seseorang mengalami keterpurukan seperti dalam penglihatan Daniel yang awalnya sebenarnya semuanya gelap dan tidak ada pengharapan serta jalan keluarnya tetapi apabila seseorang mau bertobat, memberikan pengakuan kepada Tuhan, meminta pengertian daripada  Tuhan, membaca dan merenungkan Firman yang diberikan sampai kemudian Tuhan akan memberikan vision atau visi yang baru yang disini justru ketika mengalami itu di lembah dan padang gurun.

Amin...

Untung B K

Komentar

Postingan Populer