Cup Of Blessing Ev Iin Tjipto

IBADAH BAHTERA
CUP OF BLESSING
Jumat, 30 Juni 2016

CAWAN

Ev. Mikhael Indriati Tjipto Wenas


Cawan berasal dari Kata Kap (Kaf) atau Cup artinya Sujud, Membungkuk, Bow Down

Cawan dalam Bahasa Ibrani, כוס - KOS


כוס - KOS, bejana, umum digunakan sebagai piala untuk minum, seperti yang digunakan oleh Firaun (Kejadian 40:11) ataupun oleh orang miskin (2 Samuel 12:3b). Ukurannya bisa sebatas genggaman tangan atau lebih besar (Yehezkiel 23:32), dan berbibir (1 Raja 7:26). Piala di istana Salomo dibuat dari emas.


* Yeremia 51:7
LAI TB, Babel tadinya seperti piala emas di tangan TUHAN yang memabukkan seluruh bumi. Bangsa-bangsa minum dari anggurnya, itulah sebabnya bangsa-bangsa menjadi gila.
KJV, Babylon hath been a golden cup in the LORD's hand, that made all the earth drunken: the nations have drunken of her wine; therefore the nations are mad.

Triwira Raja Daud berkata Kami Siap Memberikan Hidup Kami, Kami Siap Berkorban.

Cawan dalam Bahasa Ibrani, סף - SAF


סף - SAF, nama tempat darah korban Paskah; Indonesia, 'pasu' (Keluaran 12:22). Juga nama dari beberapa perabot rumah tangga, muncul di antara peralatan yg diberikan kepada Daud (mungkin logam, berbeda dari tembikar, 2 Samuel 17:28) dan pasu besar (Zakaria 12:2).


* Keluaran 12:22
LAI TB, Kemudian kamu harus mengambil seikat hisop dan mencelupkannya dalam darah yang ada dalam sebuah pasu, dan darah itu kamu harus sapukan pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu; seorang pun dari kamu tidak boleh keluar pintu rumahnya sampai pagi.
KJV, And ye shall take a bunch of hyssop, and dip it in the blood that is in the basin, and strike the lintel and the two side posts with the blood that is in the basin; and none of you shall go out at the door of his house until the morning.

Jongkok adalah cara jalan para Undangan menghadap Raja.

Mempunyai Sikap Hineni bukan hanya dalam arti kata tetapi sampai cara hidup.

Piala dalam Bahasa Yunani : ποτηριον - potêrion

Artinya :
Undian
Bagian Jatah Seseorang
Penunjukkan Ilahi


Dalam Perjanjian Baru (PB) kata Yunani poterion mengacu kepada cangkir minuman dari berbagai jenis. Perabot tembikar terus digunakan (Markus 7:4), tapi keluarga kaya mulai menggunakan gelas dan cawan tembaga, yang umumnya berbentuk piala, bnd piala misa suci yg tertera pada mata uang (lih IBA, hlm 89). Cawan yg digunakan pada Perjamuan Akhir mungkin adalah jenis mangkuk tembikar, daya isinya cukup memenuhi kebutuhan mereka (Matius 26:27).

To Hold Together = Menyatukan, Tetap Bersatu, Tidak Bercerai Berai

* Markus 7:4
LAI TB, dan kalau pulang dari pasar mereka juga tidak makan kalau tidak lebih dahulu membersihkan dirinya. Banyak warisan lain lagi yang mereka pegang, umpamanya hal mencuci cawan, kendi dan perkakas-perkakas tembaga.
KJV,
And when they come from the market, except they wash, they eat not. And many other things there be, which they have received to hold, as the washing of cups, and pots, brazen vessels, and of tables.
TR, και απο αγορας εαν μη βαπτισωνται ουκ εσθιουσιν και αλλα πολλα εστιν α παρελαβον κρατειν βαπτισμους ποτηριων και ξεστων και χαλκιων και κλινων
Translit, kai apo agoras ean mê baptisôntai ouk esthiousin kai alla polla estin ha parelabon kratein baptismous potêriôn kai xestôn kai khalkiôn klinôn

Panggilan Seorang Raja adalah Take Over

Take Over Media, Take Over Ekonomi, Take Over Pendidikan, Take Over Sembilan Gunung.

MAKNA KIAS :


a. Dalam Alkitab cawan mengandung arti kiasan, yakni terhisab beroleh berkat :


* Mazmur 16:5
LAI TB, Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku.
KJV,
The LORD is the portion of mine inheritance and of my cup: thou maintainest my lot.

b. Cawan dalam makna malapetaka yang diganjarkan kepada seseorang atau bangsa :


* Yesaya 51:17
LAI TB, Terjagalah, terjagalah, bangunlah, hai Yerusalem, hai engkau yang telah meminum dari tangan TUHAN isi piala kehangatan murka-Nya, engkau yang telah meminum, menghirup habis isi cangkir yang memusingkan!
KJV, Awake, awake, stand up, O Jerusalem, which hast drunk at the hand of the LORD the cup of his fury; thou hast drunken the dregs of the cup of trembling, and wrung them out.

c. Cawan dalam makna pemilihan dan penentuan ilahi akan nasibnya :


* Matius 26:39
LAI TB, Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."
KJV, And he went a little farther, and fell on his face, and prayed, saying, O my Father, if it be possible, let this cup pass from me: nevertheless not as I will, but as thou wil

Pekerja Menyiapkan Diri, Bekerja Keras, Membuat Lumbung Pangan Dunia.

Para MEMPELAI Tuhan berdiri pada panggilan Tuhan, berdiri buat INDONESIA, Cari Perkenanan Tuhan untuk bangsa ini.

Tuhan mencari Ester-Ester yang mau bersyafaat, Unity berdoa buat Indonesia sampai Indonesia mengalami LAWATAN terbesar.

CAWAN KETAATAN

Kita lihat Teladan Abraham yang menyerahkan Ishak sebagai korban.

Kejadian 22:1-2 (TB)  Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: "Abraham," lalu sahutnya: "Ya, Tuhan."
Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

http://www.bibleforandroid.com/v/696eac4486e3

Kita Belajar Abraham Meletakkan Harga Dirinya, Meletakkan Egonya.

Kita selama 12 tahun mengalami berbagai macam hal. Kita bayar harganya yaitu Fitnahan Orang, Tuduhan-Tuduhan.

CAWAN UCAPAN SYUKUR

Ayub mempersembahkan Korban UCAPAN SYUKUR sebelum ia di pulihkan.

Ayub 42:8 (TB)  Oleh sebab itu, ambillah tujuh ekor lembu jantan dan tujuh ekor domba jantan dan pergilah kepada hamba-Ku Ayub, lalu persembahkanlah semuanya itu sebagai korban bakaran untuk dirimu, dan baiklah hamba-Ku Ayub meminta doa untuk kamu, karena hanya permintaannyalah yang akan Kuterima, supaya Aku tidak melakukan aniaya terhadap kamu, sebab kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub."

http://www.bibleforandroid.com/v/bc0b62c2447f

Persembahkanlah semuanya itu Korban Bakaran. Ayub mempersembahkan korban.

Tuhan memperhatikan kita seberapa kita bisa membungkuk Hineni. Amin

Writer : Joshua Ivan Sudrajat S

Komentar

Postingan Populer