Glorious Event Ev Joshua Christian

Retreat AoC Bandung 1 B
Sabtu, 1 Juli 2017

Ev. Joshua Christian

GLORIOUS EVENT


Hakim-hakim 14:5-6 (TB)
5: Lalu pergilah Simson beserta ayahnya dan ibunya ke Timna. Ketika mereka sampai ke kebun-kebun anggur di Timna, maka seekor singa muda mendatangi Simson dengan mengaum.
6: Pada waktu itu berkuasalah Roh TUHAN atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing — tanpa apa-apa di tangannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada ayahnya atau ibunya apa yang dilakukannya itu.

Ada banyak glorious event dalam hidup Simson.

Hakim-hakim 13:2-5 (TB)
2: Pada waktu itu ada seorang dari Zora, dari keturunan orang Dan, namanya Manoah; isterinya mandul, tidak beranak.
3: Dan Malaikat TUHAN menampakkan diri kepada perempuan itu dan berfirman kepadanya, demikian: "Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki.
4: Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.
5: Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin."

Unsur pertama: jadi milik Tuhan sepenuhnya.

Nazir:
1. Tidak boleh minum / makan semua hasil dari anggur, entah wine, kismis, dll.
2. Tidak boleh memotong rambut
3. Tidak boleh bersentuhan dengan mayat
4. Tidak boleh makan yang najis

Glorious event dimulai sejak dia di kandungan dan dia dipilih menjadi nazir seumur hidup, bukan hanya dalam jangka waktu tertentu. Nazir itu artinya devote kepada Tuhan, dipisahkan dunia dan menjadi milik Tuhan sepenuhnya. Semua kemuliaan dimulai ketika engkau mengabdikan dirimu kepada Tuhan. Hidupmu seutuhnya dipisahkan dari dunia dan dikhususkan untuk menjadi milik Tuhan seutuhnya. Abdikan hidupmu kepada Tuhan. Glorious cup itu harus diisi, dan tidak bisa begitu saja penuh. Simson itu menjadi nazir seumur hidup, dan ketika itu dia sedang mengisi cawan tersebut.

Unsur kedua: hadapi setiap masalah dan kemustahilan

Ketika Simson bertemu singa, dia mencabik-cabiknya.
Ada 3 respon ketika manusia menghadapi masalah / ketakutan, kabur, diam, atau hadapi? Simson ketika bertemu singa, dia hadapi. Glorious cup bisa muncul ketika engkau hadapi semua masalah dan ketakutanmu. Daud hadapi Goliat, Tuhan Yesus hadapi salibNya. Kalau engkau mau mengalami mujizat, engkau harus hadapi masalahmu! Ketika engkau menghadapi kemustahilan, hadapi, karena itulah cawanmu! Hadapi semua yang jadi penghalang signs and wonders jadi dalam hidupmu.

Unsur ketiga: Roh Tuhan berkuasa atas kita, bukan kekuatan kita sendiri.

Simson sempat memerintah Israel selama 20 tahun barulah dia jatuh pada Delila.
Delila artinya:
1. Great pleasure
2. Kehilangan kekuatan / vitality
3. Godaan
4. Godaan seksual

Selama 20 tahun Simson memerintah Israel dengan kuat dan dengan penuh kemuliaan. Namun dia tidak pernah puas pada Tuhan hingga akhirnya di pasal 16, dia tidur dengan perempuan sundal, dia jatuh cinta dengan great pleasure / kesenangan yang sangat besar. Simson membiarkan hidupnya jatuh pada Delila. Bukannya dia tidak bisa menguasai dirinya, tapi dia memberikan dirinya jatuh pada Delila. Roh yang ada di dalammu itu lebih besar dari apa yang ada di dunia ini. Yang membiarkan kelemahan berkuasa dalam hidupmu itu bukan karena Tuhan, tapi karena dirimu sendiri. Roh yang ada di dalammu itu besar, tapi kalau sampai ada kelemahan yang berkuasa, itu karena engkau membiarkan kelemahan itu masuk dan berkuasa. Selama 20 tahun berkuasa, Simson tidak pernah membereskan dirinya, membereskan kelemahannya, sehingga setelah itu dia jatuh pada Delila. Godaan, the great pleasure, kalau engkau tidak bereskan semua itu sebelum cawan itu penuh, jangan sampai akhirnya menjadi seperti Simson yang jatuh pada Delila.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -
- Bobby Hartanto-

Komentar

Postingan Populer