Retreat AoC 1 Juli 2017 Ev Nany Susanty

RETREAT AOC BANDUNG 2 A
Sabtu, 1 Juli 2017
CAWAN CINTA

By: Ev. Nany Susanty

Cawan cinta. Cinta itu penuh dan perlu pengorbanan. Dengan memenuhi cawan cinta kita ke Tuhan, akan membuat dampak yang tidak ada jadi ada. Ada bagian yang Tuhan anugrahkan, ada bagian yang harus kita lakukan. Jangan sekali-kali kita memberontak dan keluar dari jalan Tuhan. Jalani hari demi hari.

1. Kenyataan hidup
Jangan kecewa. Apa yang harus kita lakukan di kenyataan hidup? Kita harus jalani.

Rut 1:22 (TB)
22: Demikianlah Naomi pulang bersama-sama dengan Rut, perempuan Moab itu, menantunya, yang turut pulang dari daerah Moab. Dan sampailah mereka ke Betlehem pada permulaan musim menuai jelai.

Tidak ada yang bisa diharapkan oleh Rut. Rut orang Moab. Tuhan tidak menjanjikan pada Rut kalau  dari keturunannya akan terlahir Mesias.

Rut jatuh cinta pada Allah Israel. Cinta mati pada Allah Israel. Inilah yang disukai Tuhan Yesus pada Rut. Kenapa Rut mau mengasihi Allah Naomi? Rut bukan orang bodoh, karena dia tahu Allah Israel adalah Allah yang luar biasa.

Apapun yang kita hadapi, problem apapun yang kita hadapi, kita akan katakan kita akan tetap mencintai Tuhan. Kalau kita tidak punya cinta mati pada Tuhan, resikonya tinggi. Buat Tuhan, perkara kecil kalau mengenai menolong kita.

1 Samuel 14:6-7 (TB)
6: Berkatalah Yonatan kepada bujang pembawa senjatanya itu: "Mari kita menyeberang ke dekat pasukan pengawal orang-orang yang tidak bersunat ini. Mungkin TUHAN akan bertindak untuk kita, sebab bagi TUHAN tidak sukar untuk menolong, baik dengan banyak orang maupun dengan sedikit orang."
7: Lalu jawab pembawa senjatanya itu kepadanya: "Lakukanlah niat hatimu itu; sungguh, aku sepakat."

Heart and soul. Dia adalah bujang pembawa senjatanya Yonatan, bahkan namanya tidak dicatat di Alkitab, namun perbuatannya dicatat di Alkitab. Raja Saul waktu itu tidak berani mengambil langkah, tapi Yonatan itu mendapatkan sebuah kerinduan untuk maju. Bujang itu berkata kepada Yonatan:  I'm with you heart and soul. Mereka berdua maju berperang, dan 20 orang Filistin yang dikalahkan. Kesepakatan 2 orang ini membawa kemenangan yang sangat luar biasa. Heart and soul dengan Tuhan, pasangan, pemimpin, itu yanng akan memberikan energi untuk kita menjalani kenyataan dan ngalami kemenangan.

Rut kalau tidak heart and soul dengan Naomi, tidak akan bisa seperti itu. Naomi, Rut, Yonatan, dan bujangnya akan membawa breakthrough dan kemenangan. Ketika engkau tahu ada pekerjaan dari Tuhan untuk pasanganmu,  kerjakan sama-sama, lakukan dengan heart and soul. Terapkan ini dalam semua aspek kehidupan kita.

2. Mempunyai roh keberanian
Ketekadan dan kenekatan.

Rut 2:2 (TB)  Maka Rut, perempuan Moab itu, berkata kepada Naomi: "Biarkanlah aku pergi ke ladang memungut bulir-bulir jelai di belakang orang yang murah hati kepadaku." Dan sahut Naomi kepadanya: "Pergilah, anakku."

Ini adalah heart and soul. Rut berkata kepada Naomi untuk memungut bulir jelai, 1a Naomi yang sepakat.

Pergunakan apa yang ada di dalam hidup kita. Kegagalan tidak akan bisa membuatmu berhentti mengejar destinyami'

Rut 2:7 (TB)
7: Tadi ia berkata: Izinkanlah kiranya aku memungut dan mengumpulkan jelai dari antara berkas-berkas jelai ini di belakang penyabit-penyabit. Begitulah ia datang dan terus sibuk dari pagi sampai sekarang dan seketika pun ia tidak berhenti."
8: Sesudah itu berkatalah Boas kepada Rut: "Dengarlah dahulu, anakku! Tidak usah engkau pergi memungut jelai ke ladang lain dan tidak usah juga engkau pergi dari sini, tetapi tetaplah dekat pengerja-pengerjaku perempuan.
9: Lihat saja ke ladang yang sedang disabit orang itu. Ikutilah perempuan-perempuan itu dari belakang. Sebab aku telah memesankan kepada pengerja-pengerja lelaki jangan mengganggu engkau. Jika engkau haus, pergilah ke tempayan-tempayan dan minumlah air yang dicedok oleh pengerja-pengerja itu."

Saat engkau melangkah, Tuhan itu akan buka jalan! Sepakat dengan Tuhan.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -
- Bobby Hartanto-

Komentar

Postingan Populer