EMPAT DASAR BUNYI SHOFAR

*EMPAT DASAR BUNYI SHOFAR*

Disadur dari buku “SHOFAR – Suara Panggilan Tuhan“- Roy Danel Sitepu

SHEVARIM
“Shevarim” (Sheh – vuh – Reem) adalah bagian dari 3 kali tiupan shofar yang pendek terputus-putus atau terdiri dari beberapa “suara memecah” pendek. Mereka berfungsi mirip dengan note seperempat dalam ukuran musik dalam waktu 3/4. Ini untuk mendeklarasikan keinginan Tuhan untuk menerobos batas-batas dan menghancurkan setiap perlawanan yang tidak sesuai dengan kehendakNya.

TERUAH
“Teruah” (Tuh – Roo – Ah) adalah Alarm atau suara yang mengejutkan. Itu adalah suara yang membangunkan dan menarik perhatian supaya segera terfokus pada apa yang Allah lakukan. Suara terdiri dari sembilan ledakan staccato (ukuran musik dari catatan waktu ke delapan). Teruah adalah suara yang digunakan untuk mengumumkan secara tajam kedatangan ALLAH ada di tempat itu.

TEKIAH
Tekiah sama dengan note yang utuh dalam musik dan merupakan sebuah suara yang terus menerus memanjang selama beberapa beat. Tekiah adalah suara yang mendeklarasikan keinginan Tuhan untuk menegakkan kebenaranNya di suatu batas wilayah atau area yang ingin dikuasai.

TEK GDOLAH
Tek Gdolah merupakan salah satu bagian dalam TEKIAH yang artinya Kebesaran Tekiah. Ini adalah suara yang ditiup selama mungkin untuk menyatakan deklarasi atau digunakan di akhir sebuah lagu. Setiap tiupan shofar ini adalah seperti perintah yang dikumandangkan. Tiupan ini adalah untuk melengkapi beberapa series suara shofar. Tekiah Gdolah mendeklarasikan kepenuhan dan keseluruhan perpanjangan dari kemuliaan Tuhan dan KekuasaanNya.

Komentar

Postingan Populer