BERKAT EFRAIM

BERKAT EFRAIM





“Demikianlah bani Yusuf, yakni suku Manasye dan suku Efraim, menerima milik pusaka“

(Yosua 16:4)


Efraim adalah anak kedua Yusuf dan cucu Yakub. Namanya berarti “berbuah dua kali lipat,” karena “Allah telah membuat [Yusuf] berbuah di tanah penderitaan [nya]” (Kejadian 41:52). Ketika Efraim lahir dari pasangan Yusuf dan Asenat (istri Yusuf dari Mesir), Yusuf adalah orang asing di Mesir, namun ia telah memperoleh kedudukan tinggi di istana Firaun.



Arti nama Efraim

Efraim adalah anak Yusuf dari pernikahannya dengan Asnat, anak Potifera, imam di On. Nama Efraim dalam bahasa Ibrani adalah Efrayim (אֶפְרָיִם‎/אֶפְרַיִם) yang berarti “menjadi berbuah”, seperti yang diucapkan Yusuf tentangnya dalam Kejadian 41:52,


Diadopsi oleh Yakub dan mendapatkan berkat anak sulung


Efraim (Ibrani: אֶפְרַיִם - 'EFRAYIM, "aku akan berbuah, aku akan menghasilkan sesuatu yang berlimpah-limpah"), putera kedua Yusuf (Kejadian 41:52:46:20) yang dilahirkan oleh Asnat (Ibrani: אָֽסְנַת - 'ASNAT), istrinya, putri dari Potifera.


Efraim lahir sebelum tiba masa kelaparan (Kejadian 41:50-52). Diberkati sbg anak sulung oleh Yakub (dalam Kejadian 48:1-22).


Efraim memperoleh berkat kesulungan (meski ia bukan yang terdahulu lahir).


Menonjolnya keturunan Yusuf dari garis Efraim yang menerima berkat kesulungan, nanti dapat kita lihat munculnya sosok Yosua yang menjadi suksesor Musa dan memimpin bangsa Israel masuk ke tanah perjanjian. Yosua bin Nun adalah cucu Elisama kepala suku Efraim (1 Tawarikh 7:27; Bilangan 1:10). Dan Yosua memimpin bangsanya dalam pembagian tanah pusaka bagi masing suku-suku dari bangsa Israel. Tanah Kanaan dianggap khas milik pusaka (warisan) YHVH (Keluaran 15:17; bandingkan dengan Yosua 22:19; Mazmur 79:1). Undi dibuang untuk mengetahui keputusan YHVH mengenai pembagian tanah Kanaan kepada masing-masing suku (Yosua 18:2-10).


Tokoh-tokoh penting dari suku Efraim antara lain Yosua (Yosua 19:50); Samuel (1 Samuel 1:1); dan Yerobeam I , raja pertama dari kerajaan yang terpecah di utara (1 Raja-raja 12:25). Setelah pembuangan di Babilonia, beberapa keturunan Efraim bermukim kembali di Yerusalem (1 Tawarikh 9:3).


Tuhan Yesus memberkati


Jatiwangi 14 APRIL 2024

Only By HIS GRACE

Joshua Ivan Sudrajat 


Komentar

Postingan Populer