BERKAT SUKU ASYER

BERKAT SUKU ASYER






Ulangan 33:24 Terjemahan

Sederhana Indonesia (TSI)


Kata Musa tentang suku Asyer, "TUHAN akan memberkati keturunan Asyer

melebihi suku-suku lain, dan suku-suku Israel yang lain pun akan menyukai kalian. Wilayah kalian akan begitu kaya dengan buah zaitun sehingga bukan hanya kepalamu yang akan diurapi dengan minyaknya, tetapi kakimu juga.


BERKAT SUKU ASYER


Asyer (Ibrani, אָשֵׁר - 'ASYER, berbahagia).


Kejadian 30:13

30:13 LAI TB, Berkatalah Lea: "Aku ini berbahagia! Tentulah perempuan-perempuan akan menyebutkan aku berbahagia." Maka ia menamai anak itu Asyer.

KJV, And Leah said, Happy am I, for the daughters will call me blessed: and she called his name Asher.


Asyer adalah salah satu dari dua belas suku Israel. Pada zaman Musa, Asyer terbagi menjadi lima marga: kaum Imnit; kaum Ishwi; dan orang Beri; dan melalui Beria, kepala suku Beria, dua kaum lagi: kaum Heber dan kaum Malkiel. Tiga marga pertama diberi nama menurut nama putra-putra Asyer; anak keempat dan kelima setelah anak-anak Beria (Bilangan 26:44-45).


Asyer adalah putra kedelapan Yakub. Ibunya adalah hamba perempuan Lea, Zilpa, dan dia adalah anak kedua dan terakhir dari Yakub. Ketika Asyer lahir, Lea berkata, “Betapa bahagianya aku! Para wanita akan menyebut aku bahagia” (Kejadian 30:13). Nama Asyer artinya “bahagia”.


Ketika Yakub memberkati anak-anaknya, dia berkata, “Makanan Asyer akan berlimpah; dia akan menyediakan makanan lezat yang layak untuk seorang raja” (Kejadian 49:20). Kemudian, Musa memberkati suku itu, dengan mengatakan, "Anak laki-laki yang paling diberkati adalah Asyer; biarlah dia disayangi oleh saudara-saudaranya, dan biarlah dia membasuh kakinya dengan minyak. Baut-baut gerbangmu akan terbuat dari besi dan perunggu, dan kekuatanmu akan menjadi kuat." samakan umurmu” (Ulangan 33:24).


Mencuci kaki dengan minyak adalah tanda kemakmuran, dan rujukan Yakub pada makanan Asyer yang “kaya” menunjukkan bahwa Asyer akan memiliki tanah yang subur. Dalam Yosua 19:24-31, kita belajar bahwa Asyer menerima tanah di sepanjang pesisir Laut Tengah.


Suku Asyer terkenal dengan kemakmuran dan makanannya yang enak. Pemberkatan dalam Alkitab Ibrani menunjukkan bahwa suku tersebut memiliki sebidang tanah subur, tempat mereka menanam pohon zaitun. Produksi minyak zaitun memberikan kekayaan yang sangat besar bagi suku tersebut.


Orang tua

Yakub & Zilpa (Gadis Tangan Lea)Putra ke-8  Yakub & Putra ke-2 Zilpa 

Arti Nama Suku

Asyer artinya : Bahagia, akar kata artinya lurus, rata, benar, maju, jujur, sejahtera, memberkati, membimbing, memimpin, meringankan, diberkati.

Nubuatan

Yakub:  Adapun Asyer, makanannya akan berlimpah,  dan dia akan menghasilkan makanan lezat yang mewah.   Kejadian 49:20

Musa:   Tentang Asyer dia berkata, Lebih diberkati daripada anak laki-laki adalah Asyer; Semoga dia disayangi oleh saudara-saudaranya, dan semoga dia mencelupkan kakinya ke dalam minyak. Kuncimu akan terbuat dari besi dan perunggu,  dan sesuai dengan hari-harimu, demikianlah jalan santaimu. Ulangan 33:24-25


TOKOH SUKU ASYER


HANA


Hana (Ibrani: חַנָּה, bahasa Yunani Kuno: Ἄννα) atau Nabiah Hana adalah seorang tokoh Alkitab yang hanya disebutkan di dalam Injil Lukas. Menurut Injil Lukas, ia adalah seorang nabiah yang menubuatkan tentang Yesus di Bait Allah di Yerusalem. Ia muncul dalam Lukas 2:36–38 dalam cerita penyerahan Yesus di Bait Suci


Arti nama: Kemurahan hati, atau anugerah. Nama Hana (atau Anna di beberapa versi terjemahan) sama dengan nama Hana di Perjanjian Lama, dan adalah nama Fenisia yang digunakan oleh Virgil untuk saudara perempuan Dido, Ratu Carthage.


Hubungan Keluarga: Hana adalah putri dari Fanuel, nama yang identik dengan Pniel, dan artinya "wajah atau penampilan Allah". Nama suaminya yang mati muda tidak diberikan. Seperti Hana, tidak diragukan lagi ia juga menanti-nantikan keselamatan Allah. Ayahnya adalah dari suku Asyer -- salah satu (suku) yang disebut "suku-suku yang hilang". Inilah semua yang kita ketahui tentang nenek moyang Hana, yang, meskipun biografinya adalah salah satu yang tersingkat dalam sejarah Alkitab, hidupnya harum. Namanya adalah salah satu nama yang populer untuk anak perempuan. Elsdon C. Smith dalam The Story of Our Names mengatakan bahwa ada lebih dari setengah juta anak perempuan dan perempuan dewasa di Amerika saja yang memiliki nama Hana (Anna, dalam bahasa Inggris -- Red.).


Jatiwangi 14 APRIL 2024

Only By HIS GRACE

Joshua Ivan Sudrajat 



Komentar

Postingan Populer