BERKAT SIMEON

BERKAT SIMEON





“Sesudah kamu menyeberangi Sungai Yordan, suku-suku inilah yang harus berdiri di Gunung Gerizim untuk memberikan berkat-berkat kepada umat: Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, Yusuf, dan Benyamin Ulangan 27:12


Kejadian 49:5-7 (TB)  Simeon dan Lewi bersaudara; senjata mereka ialah alat kekerasan. 

Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat keting lembu. 

Terkutuklah kemarahan mereka, sebab amarahnya keras, terkutuklah keberangan mereka, sebab berangnya bengis. Aku akan membagi-bagikan mereka di antara anak-anak Yakub dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel. 


Simeon


Simeon berarti “mendengar” atau “mendengarkan”.


Nama "Shim'on" tampaknya merupakan kontraksi atau penyingkatan dari kata Ibrani "Shama'" (שמע) & "'on," (עון), yang berarti, "[Allah] telah mendengar penderitaanku," sebuah rujukan kepada persepsi Lea bahwa Rahel adalah istri kesayangan Yakub.


Lihat juga Israel; Yakub, Putra Ishak


Dalam Perjanjian Lama, putra kedua Yakub dan istrinya Lea (Kej. 29:33; 35:23; Kel. 1:2). Dia bergabung dengan Lewi dalam pembantaian orang-orang Sikhem (Kej. 34:25–31). Nubuat Yakub mengenai Simeon ditemukan dalam Kejadian 49:5–7.


SUKU SIMEON

Keturunan Simeon sering berdiam bersama suku Yehuda dan di dalam perbatasan kerajaan Yehuda (Yos. 19:1–9; 1 Taw. 4:24–33). Suku Simeon bergabung dengan Yehuda dalam pertempuran melawan orang-orang Kanaan (Hak. 1:3, 17). Mereka juga belakangan bergabung dengan pasukan Daud (1 Taw. 12:25).


Simeon atau Simon (asal bahasa Ibrani: שִׁמְעוֹן - SHIMEON, harf: Dia mendengar, Nama ini diberikan oleh Lea kepada puteranya sebagai mengucapan syukur bahwa Allah telah mendengarnya, dan Dia mengabulkan doanya. Kata Ibrani שִׁמְעוֹן - SHIMEON diturunkan dari שָׁמַע - SHAMA' ('mendengar'), dan maknanya diberikan dalam Kejadian 29:33:


* Kejadian 29:33

LAI TB, Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sesungguhnya, TUHAN telah mendengar, bahwa aku tidak dicintai, lalu diberikan-Nya pula anak ini kepadaku." Maka ia menamai anak itu Simeon.

KJV, And she conceived again, and bare a son; and said, Because the LORD hath heard I was hated, he hath therefore given me this son also: and she called his name Simeon.


Berkat Simeon adalah Berkat Pasukan Yang Mendengar Arahan Komandan nya.


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Jatiwangi 14 APRIL 2024




Komentar

Postingan Populer