Breakthrough Economic sesi 2: 4 Syarat Menyambut Kedatangan Tuhan Yesus yang Kedua Kalinya - John Avanzini - Sabtu 5 Mei 2012

Breakthrough Economic sesi 2: 4 Syarat Menyambut Kedatangan Tuhan Yesus yang Kedua Kalinya - John Avanzini - Sabtu 5 Mei 2012


Sabtu 5 Mei 2012
Breakthrough Economic
Sesi 2: 4 Syarat Menyambut Kedatangan Tuhan Yesus yang Kedua Kalinya
John Avanzini
 
Ada banyak pengajaran dan denominasi yang menentang pengajaran kemakmuran. Mereka berbicara seolah mereka ahlinya, padahal hanya Tuhan Yesus yang ahli mengenai apa yang Firman katakan. Apapun yang diajarkan oleh pendeta di mimbar gereja – harus diteguhkan oleh Firman Allah. Pengajaran sesi ini memberikan baris demi baris, prinsip demi prinsip tentang apa yang Tuhan Yesus inginkan mengenai keuangan.
Tuhan Yesus akan segera datang, dan ps Jon akan ajarkan apa yang Tuhan Yesus katakan untuk bersiap-siap menyambut kedatangannya, yaitu dalam Matius fasal 24 dan 25.
Mat 24: 1 – Fasal-fasal ini berisi hal-hal yang Tuhan katakan untuk menyambut kedatanganNya yang kedua. Para pengkhotbah sering mengkhotbahkan ayat 5 hingga akhir fasal dengan kuat.
Ay 5 – “Memakai namaKu” - nama Tuhan adalah Yesus Kristus, dan Kristus artinya “yang diurapi”. Saat ini di seluruh dunia banyak orang yang mengaku diurapi, padahal sebenarnya tidak diurapi. Ini artinya tanda di ayat 5 sedang digenapi.
Ay 6 – perang, ini juga sedang digenapi.
Ay 7 – permusuhan, kelaparan, bencana alam; semua juga sedang digenapi.
Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa,
sesudah itu barulah tiba kesudahannya (Mat 25: 14)
Tidak dikatakan “Injil dari RAJA ini yang akan diberitakan” dan baru tiba kesudahannya. Di seluruh dunia kita sudah khotbahkan bahwa Yesus itu raja. Tapi yang tertulis adalah “kerajaan Allah akan diberitakan” ! Kerajaan Allah tidak bisa diberitakan oleh penginjil / evangelist, tapi hanya bisa diajarkan oleh gereja-gereja lokal. Karena kerajaan Allah adalah pemerintahan Allah dan hidup dengan cara yang Tuhan inginkan, yaitu mengajarkan prinsip-prinsip kerajaan surga !
Tanda-tanda khir jaman yang lain:
Ay 21 – Siksaan yang dahsyat
Ay 32 – Pengajaran tentang pohon ara
Ay 37 – Jaman yang seperti jaman Nuh
Ay 40 – Pengangkatan
Semua tanda di atas bisa dikhotbahkan sampai kapanpun, tetapi kita tidak bisa lakukan apapun tentang hal itu, karena semua di atas di tangan Allah: hal-hal yang Allah akan lakukan pada jaman akhir.
Baru di ayat 44 Tuhan Yesus mulai menyampaikan apa yang harus kita lakukan untuk kita siap menyambut kedatangan Tuhan yang kedua kalinya.
Ada 4 hal yang Tuhan Yesus berikan sebagai syarat menyambut kedatangan Tuhan yang kedua kalinya.
1. Memberi makan orang yang lapar (Mat 24: 45-51)
Kita tidak bisa memberi makan orang tanpa uang ! Artinya Tuhan Yesus berbicara mengenai apa yang orang lakukan dengan uangnya. Banyak orang lakukan hal konyol dengan uangnya. Tapi jika kita mau bersiap untuk kedatangan Tuhan yang kedua, maka kita akan gunakan sebagian uang kita untuk memberi makan orang yang lapar.
Ay 48-51 - Tuhan Yesus berkata: jika Dia kembali dan mendapati kita sedang beri makan yang kekurangan, maka kita tidak perlu takut dan kuatir akan kedatanganNya. Tapi bila kita belanjakan uang kita untuk hal yang konyol dan tidak ada yang disisihkan untuk memberi makan lapar, maka orang itu akan mendapat hukuman yang keras.
Jika kita tidak kembalikan persepuluhan, tidak beri persembahan, dan hanya menonton saja, maka hati-hatilah ! Karena Tuhan sedang datang, dan keuangan kita harus terlibat dalam memberi makan orang yang lapar !
Contoh yang JKI Injil Kerajaan lakukan: dapur umum.
2. Membuat terang kita bercahaya (Mat 25: 1-13)
Tradisi berkata bahwa minyak di kisah 10 anak dara ini adalah Roh Kudus, tapi pasti bukan, karena saat 5 gadis bodoh bangun, 5 gadis bijaksana suruh mereka untuk membeli minyak.
Kis 8: 18-20 – Simon si penyihir ingin membeli karunia penumpangan tangan, tapi Petrus marah!
Karunia Allah dan Roh Kudus tidak bisa dibeli dengan uang !
Saat 5 gadis bodoh pergi membeli minyak, uang mereka masih ada di dompet dan tidak dipergunakan dengan selayaknya. Seharusnya uang itu dibelanjakan untuk membeli minyak yang membuat terang !
Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang,
supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."
(Mat 5: 16)
Hendaklah terang kita bercahaya sehingga orang lain bisa terima injil dan diselamatkan.
Ay 9 – 5 gadis bodoh meminta minyak kepada 5 gadis bijaksana, ini berarti minyak tersebut bisa diberikan. Tapi gadis bijaksana menolak karena khawatir tidak cukup bagi mereka.
Minyak itu bukan Roh Kudus, karena saat kita berikan Roh Kudus, justru kita semakin penuh Roh Kudus! Hati-hati dengan tradisi, karena tradisi menjadikan Firman Tuhan tidak berkuasa.
Maka kita harus bawa minyak kita sehingga terang kita bisa bercahaya di seluruh dunia. Persyaratan kedua ini ada hubungannya dengan bagaimana kita membelanjakan uang kita: apakah uang kita tetap di kantong/ dompet kita, atau digunakan untuk menyebarkan Injil.
Contoh yang JKI Injil Kerajaan lakukan: radio rhema FM
3. Mengusahakan uang yang Tuhan percayakan pada kita (Mat 25: 14-30)
Seorang tuan tidak ambil benda-benda dari hambanya, tapi tuan itu memberikan/ menyerahkan hartanya kepada hamba-hambanya.
Ay 18 – Hamba ke-3 mengubur uang tuannya di tanah. Talenta dalam kisah ini adalah uang !
Adam dibuat dari debu tanah, demikian juga manusia lainnya. Maka maksud dari “menyembunyikan uang di tanah” adalah membelanjakan uang itu untuk dirinya sendiri.
Ay 24-26 – Hamba ke-3 berfikir bahwa Allah adalah Tuhan yang membalas dendam – maka Tuhan mengikuti pemikiran orang tersebut! Allah kita adalah seperti apa yang kita pikirkan dan ucapkan!
Jika kita diajar bahwa Allah adalah kasih dan perduli kepada kita, maka kita tidak akan pernah berfikir bahwa Allah itu kejam. Jika kita katakan Allah itu kejam, maka kita dapatkan Allah yang kejam !
Dua hamba menangani uang dengan benar, dan tuan mereka suruh mereka masuk ke dalam kebahagiaan tuannya.
Hamba ke-3 menahan uang itu, maka Tuhan Yesus sendiri berkata tentang orang ini:
Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya
dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu.
Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan.
Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap.
Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. (Mat 25: 28-30).
Contoh yang JKI Injil Kerajaan lakukan: mengajarkan kepada jemaat mengenai keuangan/ finansial. Sebenarnya tujuan pengajaran itu adalah bagaimana agar jemaat siap sedia menyambut kedatangan Tuhan yang ke-2.
4. Melayani kebutuhan umum banyak orang (Mat 25: 31-46)
  • Firman berkata bahwa saat kita memberi makan kepada mereka yang lapar, sebenarnya kita memberi makan Tuhan Yesus sendiri.
  • Saat kita bangun rumah sakit dan merawat orang sakit, artinya kita merawat Tuhan sendiri.
Ternyata poin ke-4 ini juga tidak berbicara hal-hal agamawi, tapi mengenai pembelanjaan uang kita.
4 hal yang Tuhan Yesus sendiri bicarakan: semua berbicara tentang bagaimana kita membelanjakan uang kita !
Contoh yang JKI Injil Kerajaan lakukan: rumah sakit yang akan dibangun
Penutup
Ada 4 hal yang Tuhan Yesus ajarkan supaya kita siap menyambut kedatanganNya kembali:
  1. Beri makan orang yang lapar
  2. Buat terang kita bercahaya ke seluruh dunia
  3. Menjalankan dan melipatgandakan uang kita, sehingga bisa memberi lebih lagi kepada kerajaan Tuhan.
  4. Meresponi kebutuhan orang-orang di sekitar kita: memberi makan yang lapar, memberi pakaian yang telanjang, mengunjungi yang di penjara, mengunjungi kepada yang tidak dikasihi, mengunjungi ke orang-orang yang dicampakkan.
Ps Jon sering ambil persembahan yang besar. Alasannya karena Allah ingin memberi uang kepada kita, supaya kita bisa beri makan yang lapar, menyebarkan Injil, dll
Hal-hal yang pemerintah tidak bisa lakukan – maka pemerintahan Allah akan melakukannya !
Persembahan hari ini adalah: persembahan AMIN
Artinya kita bukan bagian dari orang yang dicampakkan keluar, tapi menjadi bagian dari kelompok yang dengan senang menyembut kedatangan Tuhan yang kedua, karena keuangan kita ada di dalam gereja yang melayani kebutuhan-kebutuhan untuk penginjilan !



Breakthrough offering - kebaktian khusus bersama ps Jon Avanzini
CIMB Niaga a/n Gereja JKI Injil Kerajaan
(rupiah) 016 01 44 207 128
(dollar) 096 02 00 033 004
(euro) 906 16 00 005 005

atau BCA a/n Petrus Agung Purnomo
009 414 05 83

pesan: Jangan lewatkan Kairos Tuhan
info lebih lanjut hubungi rhema FM 024 3511746

Komentar

Postingan Populer