TOB

TOB
Ev. IIN Tjipto Wenas



Di awal tahun TUHAN itu berkata dengan jelas kepada saya , "ini tahun T" TUHAN berkata jelas sekali, hampir audible terdengar bergema di telinga saya, walaupun saya tahu itu di telinga sebelah dalam dan jarang sekali saya mengalami seperti itu .

" Ini tahun T, tahun TUHAN , tahun THEOS " , tahun taat, tahun tekad, tahun tekun, tahun tepat, tahun tunduk, tahun terbang, tahun tembok. Ini juga tahun kita menjadi tawanan roh dan tahun TOB (dibaca Tov)
TUHAN berkata semua orang yang ada di dalamnya tidak akan pernah mendapatkan sesuatu yang buruk, tidak akan pernah jatuh, tidak akan pernah sakit, tidak akan berkatnya tertahan.
Dalam alkitabpun dikatakan, "meteraikan mereka semua sebelum masa kesusahan dengan tanda huruf T di dahi mereka .

Yeh 9:6

Why 7:3

TOB itu artinya sungguh sangat baik.. TUHAN menciptakan kita untuk jadi sungguh amat baik, bukan hanya sekedar baik.. Itu adalah standar dan keinginan TUHAN .
Benih itu itu sdh ada di dalam kita , jadi asal kita mau bekerja sama dengan TUHAN , mau dididik TUHAN , mau sepakat dengan semua yang TUHAN katakan maka TOB pasti terjadi dalam hidup kita .

TOB sangat banyak muncul di Alkitab , berikut ini beberapa versi artinya :
1. Fisik berarti cantik atau ganteng ( Kej 24:16 ITB)
2. Kebaikan moral, seperti mesin berfungsi dengan baik (Kej3:5, Amos 5:14_15,1 Sam 16:23)
3. Bermanfaat, berguna ( Kej 50:20)
4. Keberuntungan,Kemakmuran, kesejahteraan (Ul 30:15 , Mzm 23:6)
5. Menyenangkan, berkenan, favor (Ester 7:3, Neh 2:5)
6. Gembira agak mabuk (1 Sam 25:36)

Bagi saya TOB lebih kepada perkenanan TUHAN . Mendapat perkenanan TUHAN harus menjadi tujuan dari seluruh kehidupan kita. TOB ( kebajikan, kemurahan, perkenanan dll) mengikuti kita sepanjang masa adalah kerinduan terbesar Daud dan juga semua kita.
Tapi bagaimana sampai itu terjadi ?
Mari kita belajar dari Ester, sebelum dia menghadap raja dia berusaha mengetahui selera Raja. Dia belajar dari sida" tentang apa yang Raja suka.
Saya banyak berteman dgn pria dari kecil dan saya suka mendengar celetukan dan selera mereka . Kadang yang dipikir wanita sangat berbeda dengan pria.
Banyak wanita suka dengan banyak perhiasan tapi rata" pria suka yang simple.
Demikian juga dengan TUHAN . Banyak orang tidak kenal TUHAN , tidak mendengarkan ROH KUDUS jadi memberi dan bereaksi salah, karena itulah mereka tidak bisa mendapat perkenanan TUHAN . TUHAN melihat reaksi kita hari demi hari, cara pakaian kita, cara kita pakai uang semua begitu diperhatikan TUHAN.

Ingat soal talenta, mereka yang bisa memakai talenta (uang, bakat) dengan benar ditambahkan otoritas (kota) pujian, masuk ke pesta dan kebahagiaan dan mereka juga mendapat tambahan talenta. Kepada yang punya akan diberi , kepada yang tidak punya akan diambil. Kenapa yang kaya bisa tambah kaya? Menjadi kaya atau miskin ditentukan oleh cara pikir atau attitude. Survey membuktikan bahwa cara pikir yang minder, pesimis, pemarah membuat seseorang tidak bisa berhasil.
Cara pikir yang optimis, tekun, ramah selalu positif mau berjuang, kerja keras, tersenyum itu membuat orang menjadi kaya . Oleh karena itu orang yang kaya cenderung bisa menyenangkan TUHAN dengan semua yang ada.

Kembali ke TOB bagaimana seseorang bisa mendapat perkenan TUHAN jika dia selalu marah , tidak puas, bersungut" dan mencari kepentingannya sendiri, bukan kepentingan TUHAN . Contoh yang mudah saat saudara bangun pagi apa yang pertama saudara buat?
Menyapa TUHAN dgn cinta, berteriak betapa bersyukurnya 1 hari lagi berjalan dengan TUHAN dengan penuh sukacita, dan dengan semangat atau memulai harimu dengan mengeluh, sedih , letih dan tidak bersemangat ?

Apa sapaan atau sikap kita membuat TUHAN menoleh pada kita atau membuat TUHAN memalingkan muka ? Membuat TUHAN memberkati dan memberi senyuman kepada kita atau sebaliknya.
Pikirkan ini dalam setiap waktu, setiap kali reaksi kita harus tepat.

Saya ingat ketika banyak gosip menerpa Mahanaim, ditekan oleh banyak pihak dari aliran keras dan donatur menghentikan semua berkatnya. Saya naik ke lantai 6 di Mahanaim, melihat ke langit, saya menyembah dan berdoa lalu berkata, TUHAN saya sangat letih dan tidak tahu harus bagaimana . Tapi untuk semua destiny yang sudah TUHAN tetapkan untuk saya , seletih apapun saya akan tetap berjalan, walaupun tidak kuat saya akan merangkak, saya mau jadi generasi yang tak terhentikan dan sampai pada garis akhir.
Saya bersyukur boleh menderita , difitnah, diserang karena itu adalah kebahagiaan dan kehormatan kalau demi nama TUHAN semua terjadi .
Saat itu juga saya merasakan seperti angin berputar, saya tahu TUHAN suka dgn reaksi saya , air mata, dan doa itu jadi dupa yang harum. Turun dari lantai 6 setelah menyembah TUHAN , ada yang memberi saya mawar biru ( tidak ada di Indo) banyak sekali, lalu ada yang telpon kirim dana sebesar 2M.
Dalam sekejap semua beres dan TUHAN tidak selesai dgn itu. TUHAN beri gedung yang baru, pelayanan baru, kemenangan baru, TUHAN beri sebuah kesempatan buat acara monas dengan 300.000 orang yang datang dilawat TUHAN dengan ajaib.

Setiap reaksi menentukan seberapa kebajikan ( TOB ) dan perkenanan ( TOB ) yang engkau terima. Untuk mencapai sungguh amat baik ( TOB ) tidak terjadi dalam sehari. Ini adalah sebuah keputusan dan pendidikan dalam diri kita, berjalan dengan ROH KUDUS hari demi hari. Mau dihajar dan dididik keras, tidak manja dengan perasaan dan tidak minta kemudahan dan fasilitas.
Lihat ketika Ester jadi budak, tawanan, kedua orang tuanya meninggal dan ketika dia dididik keras oleh Mordekai. Ester bisa memilih marah, sedih, kecewa, wajahnya tertekan. Tetapi dia memilih selalu bersuka, selalu belajar, selalu percaya sampai orang menyebutnya Ester karena matanya selalu bercahaya seperti bintang.
Mata adalah jendela hati, jika mata kita redup maka kita tidak ada semangat dan hati kita tidak ada passion, cinta, dunamis di dalamnya. Mari hari" ini kita perhatikan perkataan, perasaan, sikap, karakter, ekonomi, keluarga.
Apa semua hidup kita untuk menyenangkan TUHAN dan diatur seperti yang TUHAN dan ROH KUDUS mau ???

Komentar

Postingan Populer