Dusta Iblis dan Tipu Dayanya



Dusta Iblis dan Tipu Dayanya
Ev. Iin Tjipto Purnomo Wenas





Galatia 5:9
Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan. a 

Bahasa Ibraninya RAGI (Ibrani, שאר - SE'OR, 'ragi', 'roti beragi' di Ulangan 16:3 : חמץ - KHAMETS, 'sesuatu yang diragikan'; bandingkan Roti מצה - MATSAH, 'tanpa ragi', Imamat 10:12; Yunani αζυμως – AZUMÔS, tanpa ragi dan ζυμη – ZUMÊ, ragi ).

Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan. Iblis hanya perlu menambahkan sedikit ragi pada firman yang kita dengar, sedikit penyesatan pada pelayanan kita maka disitulah dia ikut ambil bagian. Tujuannya untuk menghancurkan manusia dari dalam diri manusia itu sendiri.

Ada Tiga roh yang berbeda : roh dusta – roh penyesat – roh tenung.

1 Korintus 5:6-7

5:6 LAI TB, Kemegahanmu tidak baik. Tidak tahukah kamu, bahwa sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan?

KJV, Your glorying is not good. Know ye not that a little leaven leaveneth the whole lump?

TR, ου καλον το καυχημα υμων ουκ οιδατε οτι μικρα ζυμη ολον το φυραμα ζυμοι

Translit, ou kalon to kaukhêma humôn ouk hoidate hoti mikra
zumê holon to phurama zumoi

Diawali dari kejadian di Surga ketika Allah memutuskan untuk menciptakan manusia. Lucifer merasa sakit hati dan merasa mengapa Tuhan tidak cukup bahagia dengan kehadirannya dan karena itulah dia memutuskan memberontak kepada Tuhan dan waktu Allah menciptakan manusia dia memutuskan untuk merusaknya dengan tipu daya dan dustanya karena itu dia bernafaskan kebohongan kepada Hawa dan menipunya. Dan iblis terus menghembuskan nafas-nafas kebohongannya kepada manusia seperti yang pernah dilakukannya ditaman eden sebab itu keberhasilan awalnya merusak manusia dan itulah yang terus dilakukannya sampai saat ini. Sebab kebenciannya kepada manusia karena kecemburuannya melihat betapa besar kasih Allah kepada manusia, itulah yang membuat dia terus mengeluarkan racun dusta dan tipu daya kepada manusia yang dimasukkan kedalam pikiran manusia dengan suara-suara yang sejujurnya seperti terdengar sepertinya mendukung semua ego kita, cocok dengan hati kita. Waspadai semua suara iblis yang dihembuskan seperti dia berhasil menyeret sepertiga Malaikat di Surga, pola yang sama diulanginya di bumi untuk menyeret setidaknya sepertiga dari manusia ke alam maut bersamanya.

Dengan ekornya pula ia menyeret bintang-bintang yaitu hamba-hamba Tuhan dengan dusta-dustanya, karena itu biarlah kita pelajari lebih dalam lagi spirit dusta dan penipuannya terhadap umat manusia dan para bintang Tuhan, supaya pada waktu kita mengenali tipu dayanya, kita bebas dari jeratnya dan kita berfungsi maksimal dalam panggilan kita bahkan kita bisa memotong dan membunuh iblis dengan nafas Tuhan yang ada didalam diri kita.

(9-13) Maka TUHAN mengerat dari Israel kepala dan ekor, batang dan ranting t  pada satu hari u  juga. (Yesaya 9:14)

Sebab kuasa kuda-kuda itu terdapat di dalam mulutnya dan di dalam ekornya. Sebab ekornya sama seperti ular; mereka berkepala dan dengan kepala mereka itu mereka mendatangkan kerusakan. Wahyu 9:19

Artinya ekor yang menyeret bintang-bintang jatuh adalah Dusta Iblis yang dihembuskan pada manusia lewat perkataan-perkataan yang diputarbalikkan.

Berhari-hari saya mendengar kata Deception dan Tuhan menjelaskan tentang kata dusta dan tipu daya iblis yaitu nafas iblis yang mengeluarkan perkataan-perkataan yang memberi pengaruh dan mengarahkan kita pada hal-hal yang salah kemudian membuat hati kita sulit percaya pada kebenaran dan meyakinkan kita akan fakta yang disodorkan untuk membuat kita percaya pada yang salah dimana tujuan dari semua itu untuk menyimpangkan manusia dari Tuhan. Iblis mengisi dan memenuhi dunia dengan segala dustanya.

Iblislah w  yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan x  bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta 1 . y Yohanes 8 : 44

Ada tiga hal yang harus kita waspadai dari dalam diri kita dimana ketiga hal ini sangat mudah dan seringkali dipakai iblis untuk mengarahkan tingkah laku manusia berdasarkan tujuan-tujuan iblis, yaitu membawa manusia kepada kebinasaan. Hati-hati dengan :
1.   Mimpi-Mimpi dan Keinginan Hatimu yang terdalam.
2.   Hal-hal apapun didunia ini yang sangat engkau cintai.
3.   Trauma masa lalu yang belum dicabut sampai ke akar-akarnya.

Ketiga hal ini sering kali tersembunyi di hati manusia terdalam karena itu jika kita mengenali diri kita sangat baik untuk kita mengalami kesembuhan dan keutuhan jiwa kita.

Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan 1  dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya. i (2 Korintus 11 : 3)

11 1-3 Will you put up with a little foolish aside from me? Please, just for a moment. The thing that has me so upset is that I care about you so much—this is the passion of God burning inside me! I promised your hand in marriage to Christ, presented you as a pure virgin to her husband. And now I’m afraid that exactly as the Snake seduced Eve with his smooth patter, you are being lured away from the simple purity of your love for Christ. (2 Corinthians 11:3)

Jatiwangi, 2 Mei 2016
By His Grace

Jurnalis : Joshua Ivan Sudrajat S

Komentar

Postingan Populer