Memulai Sesuatu dengan Allah



Memulai Sesuatu dengan Allah
Pdt. Petrus Agung Purnomo



Hari-hari ini gereja melakukan tugas yang diberikan Tuhan tidak ringan. Hari-hari ini kita tidak terlambat untuk meresponi Panggilan Tuhan didalam hidup kita. Sewaktu saya liburan bersama keluarga ke Yogyakarta, saya membawa Alkitab saya, ketika anak-anak sudah tidur, saya doa malam dan membaca Alkitab saya tentang Jemaat di Antiokhia.

Kisah 6 : 1-7
Tujuh orang dipilih untuk melayani orang miskin
6:1 Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, d  timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi e  yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda f  mereka diabaikan dalam pelayanan g  sehari-hari. 6:2 Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu h  memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah i  untuk melayani meja. 6:3 Karena itu, saudara-saudara, j  pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh k  dan hikmat 1 , supaya kami mengangkat mereka l  untuk tugas itu, 6:4 dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa 2  m  dan pelayanan Firman." 6:5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, n  seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, o  dan Filipus, p  Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia. 6:6 Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itupun berdoa q  dan meletakkan tangan di atas mereka 3 . r  6:7 Firman Allah makin tersebar, s  dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; t  juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.

Kemudian setelah dipilh Tujuh Orang untuk melayani orang miskin, kemudian muncul sebuah peristiwa Stefanus di bunuh dan dirajam batu (Kisah 7) Setelah itu Jemaat di Antiokhia teraniaya dan menyebar dari Yerusalem ke seluruh penjuru dunia. Ada beberapa kelompok kecil dari orang-orang yang percaya Tuhan Yesus, sebagian kecil mereka memberitakan Injil kepada kalangan orang Yahudi dan sebagian kecil mereka memberitakan Yesus diantara orang-orang Yunani. Orang-orang Yunani yang Percaya Yesus kemudian disebut Kristen pertama kalinya. Jemaat pertama ini kemudian di bina oleh Barnabas, Barnabas mengajar dan menguatkan jemaat, akhirnya Barnabas tidak sanggup mengajar sendirian karena pertambahan jemaat, kemudian dia membawa Saulus dari Tarsus yang kemudian namanya berubah menjadi Paulus untuk membantu dalam mengajar Injil. Nabi-nabinya mengajar di Jemaat Antiokhia pertumbuhan rohani mereka menjadi sehat, jumlah jemaat semakin berkembang, akibatnya mereka mengutus orang-orang terbaik mereka untuk memberitakan Injil ke tempat lain, mereka mengutus Paulus dan Barnabas, mereka juga mengirimkan Uang mereka untuk membantu pekerjaan Tuhan ditempat lain. Mereka juga mengirimkan uang ke Yerusalem karena Nabi Agabus bernubuat bahwa akan terjadi kelaparan di Yerusalem.

Demikian juga gereja kita Roh Kudus berkata hal yang sama bahwa Gereja kita akan mengirimkan orang-orang yang terbaik di JKI Injil Kerajaan untuk menjadi tenaga misionaris ke seluruh dunia seperti jemaat Antiokhia. Kita juga akan mengirimkan dana untuk membantu orang-orang.

Selama dua bulan terakhir ini Tuhan mengirimkan nabi-nabiNya untuk memberitakan Injil di tempat ini, menyampaikan pesan Tuhan, kita menikmati jamuan Tuhan dan menikmati anggur baru dari Tuhan. Kita akan mengutus orang-orang lama di Jemaat kita menjadi tenaga misi ke bangsa-bangsa, karena sudah sekian lama bangsa ini hanya menerima dari hamba-hambaNya dari luar negeri kini saatnya Indonesia menjadi berkat buat bangsa-bangsa.

Tuhan bekerja dengan dahsyat melalui RohNya ditengah-tengah kita, kita dihisap oleh RohNya begitu kuat. Saya bersyukur mulai Januari 1997 Bapak Ardian Ardana akan menjadi Full Timer di gereja ini, mereka mendapatkan panggilan Tuhan untuk melayani Tuhan dengan sepenuh waktu. Ia tinggalkan semua pekerjaannya dan mengikuti panggilan Tuhan.

Kejadian 1 : 1 – 4
1:1 Pada mulanya a  Allah menciptakan 1  b  langit c  dan bumi. d  1:2 Bumi belum berbentuk e  dan kosong 2 ; f  gelap gulita menutupi samudera raya, g  dan Roh Allah h  melayang-layang i  di atas permukaan air. 1:3 Berfirmanlah j  Allah: "Jadilah terang 3 ." Lalu terang k  itu jadi. 1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, l  lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. m

Genesis 1 : 1-4
1 In the beginning God ([a]Elohim) [b]created [by forming from nothing] the heavens and the earth. 2 The earth was [c]formless and void or a waste and emptiness, and darkness was upon the face of the deep [primeval ocean that covered the unformed earth]. The Spirit of God was moving (hovering, brooding) over the face of the waters. 3 And God said, [d]“Let there be light”; and there was light. 4 God saw that the light was good (pleasing, useful) and [e]He affirmed and sustained it; and God separated the light [distinguishing it] from the darkness. 5 And God called the light day, and the darkness He called night. And there was [f]evening and there was [g]morning, one day.

Dalam Bahasa Inggrisnya Pada Mulanya Allah : In the beginning God, pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Dalam Alkitab versi Dix Bible Menciptakan adalah dari kata Recreate. Recreate artinya adalah diciptakan ulang. Pada waktu sebelum dicreate ulang ada kehidupan dibumi, ada kehidupan tertentu. Pada waktu itu bumi dibiarkan dalam keadaan gelap, hancur dan kacau. Selama jutaan tahun Allah membiarkan bumi kacau, gelap dan hancur, maka oleh sebab itu jika kita saat ini membaca bahwa arkeolog menemukan fosil-fosil yang berumur jutaan tahun, ini berarti bukan berarti alkitab itu bohong dan salah. Tuhan membiarkan dunia kacau selama jutaan tahun sebelum dia mengcreate ulang.
Kehidupan manusia yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki oleh manusia itu sendri, hanya Roh Allah yang mulai bekerja dalam hidupnya maka semua akan diubahkan dan penantian kita akan berakhir.

Allah mengcreate ulang bumi ini setelah jutaan tahun dibiarkan hancur dan kacau. Bumi belum berbentuk e  dan kosong 2 ; f  gelap gulita menutupi samudera raya, g  dan Roh Allah h  melayang-layang i  di atas permukaan air. Dalam King James Version Roh Allah yang melayang-layang ini adalah Roh Kudus.Genesis 1 : 1 - 4 1 In the beginning God created the heaven and the earth.And the earth was without form, and void; and darkness was upon the face of the deep. And the Spirit of God moved upon the face of the waters.And God said, Let there be light: and there was light.And God saw the light, that it was good: and God divided the light from the darkness.

Roh Kudus terus bergerak dan Dia yang pertama kali memperbaiki bumi ini. Demikian juga saat ini tanpa Roh Kudus yang bergerak dalam hidup kita, kita tidak bisa memperbaiki diri sendiri. Sejak 2000 tahun yang lalu Allah merindukan manusia sebagai gerejaNya merindukan supaya kita mengenal Dia.

Sekarang ini Dia sedang mencari orang-orang yang bisa berpartner dengan Dia. Seringkali dalam gereja hamba Tuhan tidak mengenal hatiNya Tuhan.

1 Samuel 1:1-12
Lahirnya Samuel
1:1 Ada seorang laki-laki dari Ramataim a -Zofim, b  dari pegunungan c  Efraim, d  namanya Elkana e  bin Yeroham bin Elihu bin Tohu bin Zuf, seorang Efraim. 1:2 Orang ini mempunyai dua isteri: f  yang seorang bernama Hana dan yang lain bernama Penina; Penina mempunyai anak, tetapi Hana tidak. 1:3 Orang itu dari tahun ke tahun g  pergi meninggalkan kotanya untuk sujud menyembah h  dan mempersembahkan korban kepada TUHAN semesta alam di Silo. i  Di sana yang menjadi imam TUHAN ialah kedua anak Eli, j  Hofni dan Pinehas. 1:4 Pada hari Elkana mempersembahkan korban k , diberikannyalah kepada Penina, isterinya, dan kepada semua anaknya yang laki-laki dan perempuan l  masing-masing sebagian. 1:5 Meskipun ia mengasihi Hana, ia memberikan kepada Hana hanya satu bagian, m  sebab TUHAN telah menutup kandungannya 1 . n  1:6 Tetapi madunya selalu menyakiti hatinya supaya ia gusar, o  karena TUHAN telah menutup kandungannya. 1:7 Demikianlah terjadi dari tahun ke tahun; setiap kali Hana pergi ke rumah TUHAN, Penina menyakiti hati Hana, sehingga ia menangis dan tidak mau makan. p  1:8 Lalu Elkana, suaminya, berkata kepadanya: "Hana, mengapa engkau menangis dan mengapa engkau tidak mau makan? Mengapa hatimu sedih? Bukankah aku lebih berharga bagimu dari pada sepuluh anak laki-laki? q " 1:9 Pada suatu kali, setelah mereka habis makan dan minum di Silo, berdirilah Hana, sedang imam Eli duduk di kursi dekat tiang pintu bait suci r  TUHAN, 1:10 dan dengan hati pedih s  ia berdoa kepada TUHAN sambil menangis tersedu-sedu. 1:11 Kemudian bernazarlah t  ia, katanya: "TUHAN semesta alam, u  jika sungguh-sungguh Engkau memperhatikan sengsara hamba-Mu ini dan mengingat v  kepadaku dan tidak melupakan hamba-Mu ini, tetapi memberikan kepada hamba-Mu ini seorang anak laki-laki, maka aku akan memberikan dia kepada TUHAN 2  untuk seumur hidupnya w  dan pisau cukur x  tidak akan menyentuh kepalanya 3 ." 1:12 Ketika perempuan itu terus-menerus berdoa di hadapan TUHAN, maka Eli mengamat-amati mulut perempuan itu;

Ketika itu ada seorang wanita yang bernama Hana mandul tidak bisa punya anak, ia seringkali mendapatkan ejekan dan hinaan dari Penina istri yang lain dari suaminya Elkana, ia sangat putus asa dan dia dalam keadaan depresinya ia berdoa didalam hati dalam Bait Tuhan, ia hanya berkomat kamit. Kemudian Imam Eli melihat Hana, ia tidak mengerti kedalaman hati Hana, malahan ia sebagai Imam menuduh Hana sedang mabuk. Padahal Hana sedang mencurahkan isi hatinya sama Tuhan.

1 Samuel 1:13-19 1:13 dan karena Hana berkata-kata dalam hatinya dan hanya bibirnya saja bergerak-gerak, tetapi suaranya tidak kedengaran, maka Eli menyangka perempuan itu mabuk. 1:14 Lalu kata Eli kepadanya: "Berapa lama lagi engkau berlaku sebagai orang mabuk? Lepaskanlah dirimu dari pada mabukmu." 1:15 Tetapi Hana menjawab: "Bukan, tuanku, aku seorang perempuan yang sangat bersusah hati; y  anggur ataupun minuman yang memabukkan tidak kuminum, melainkan aku mencurahkan z  isi hatiku di hadapan TUHAN. 1:16 Janganlah anggap hambamu ini seorang perempuan dursila; sebab karena besarnya cemas dan sakit hati a  aku berbicara demikian lama." 1:17 Jawab Eli: "Pergilah dengan selamat, b  dan Allah Israel akan memberikan kepadamu apa yang engkau minta dari pada-Nya. c " 1:18 Sesudah itu berkatalah perempuan itu: "Biarlah hambamu ini mendapat belas kasihan dari padamu. d " Lalu keluarlah perempuan itu, ia mau makan dan mukanya tidak muram e  lagi. 1:19 Keesokan harinya bangunlah mereka itu pagi-pagi, lalu sujud menyembah di hadapan TUHAN; kemudian pulanglah mereka ke rumahnya di Rama. f  Ketika Elkana bersetubuh dengan Hana, isterinya, TUHAN ingat g  kepadanya.

Dalam keadaan roh dan batinnya menderita Hana menghadap Tuhan. Imam Eli tidak bisa mendeteksi manusia roh Hana. Diterjemahan Amplified Bible Imam Eli hanya melihat gerak gerik mulut Hana. Roh Hana sedang menderita : Sorrowful Spirit. Padahal melalui Hana akan lahir seorang Nabi Tuhan yang akan membimbing bangsa Israel sebagai Pembawa Revival. Melalui Hana Revival besar akan segera terjadi.

Tidak semua orang yang melayani dalam gereja dan duduk dalam struktur organisasi gereja sebagai fulltimer bisa mendeteksi Roh Allah sedang bekerja ke arah mana. Bahkan ketika ia melayani seorang yang kelihatan hidupnya sedang hancur, cenderung ia menghakimi dan melihat dari luar, ia tidak melihat dengan kaca mata Tuhan.

Kebebalan hati manusia yang membuat ia tidak bisa mendeteksi RohNya sedang bekerja dimana.
Markus 6 : 30-52
Yesus memberi makan lima ribu orang
6:30 Kemudian rasul-rasul o  itu kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan. p  6:31 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!" Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun q  mereka tidak sempat. 6:32 Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu r  ke tempat yang sunyi. 6:33 Tetapi pada waktu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka. 6:34 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan 7  kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. s  Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka. 6:35 Pada waktu hari sudah mulai malam, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. 6:36 Suruhlah mereka pergi, supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa dan di kampung-kampung di sekitar ini." 6:37 Tetapi jawab-Nya: "Kamu harus memberi mereka makan! t " Kata mereka kepada-Nya: "Jadi haruskah kami membeli roti seharga dua ratus dinar untuk memberi mereka makan?" 6:38 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!" Sesudah memeriksanya mereka berkata: "Lima roti dan dua ikan. u " 6:39 Lalu Ia menyuruh orang-orang itu, supaya semua duduk berkelompok-kelompok di atas rumput hijau. 6:40 Maka duduklah mereka berkelompok-kelompok, ada yang seratus, ada yang lima puluh orang. 6:41 Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan 8  itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat 9 , lalu memecah-mecahkan roti itu v  dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka. 6:42 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. 6:43 Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti dua belas bakul penuh, selain dari pada sisa-sisa ikan. 6:44 Yang ikut makan roti itu ada lima ribu orang laki-laki.
Yesus berjalan di atas air
6:45 Sesudah itu Yesus segera memerintahkan murid-murid-Nya naik ke perahu w  dan berangkat lebih dulu ke seberang, ke Betsaida, x  sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang. 6:46 Setelah Ia berpisah dari mereka, Ia pergi ke bukit untuk berdoa. y  6:47 Ketika hari sudah malam perahu itu sudah di tengah danau, sedang Yesus tinggal sendirian di darat. 6:48 Ketika Ia melihat betapa payahnya mereka mendayung karena angin sakal, maka kira-kira jam tiga malam Ia datang kepada mereka berjalan di atas air dan Ia hendak melewati mereka. 6:49 Ketika mereka melihat Dia berjalan di atas air, mereka mengira bahwa Ia adalah hantu, z  lalu mereka berteriak-teriak, 6:50 sebab mereka semua melihat Dia dan merekapun sangat terkejut. Tetapi segera Ia berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangan takut! a " 6:51 Lalu Ia naik ke perahu b  mendapatkan mereka, dan anginpun redalah. c  Mereka sangat tercengang dan bingung, 6:52 sebab sesudah peristiwa roti itu mereka belum juga mengerti, dan hati mereka tetap degil. d 

Ketika Yesus memberi makan lima ribu orang dengan Lima Roti dan Dua ikan, murid-muridnya melihat RohNya bekerja, namun ketika mereka sendirian dan mendayung kapal. Angin sakal menerpa mereka, mereka susah payah mendayung untuk bisa menyeberang, namun ketika mereka melihat Dia ditengah-tengah angin ribut itu mereka ketakutan dan menyangka apa yang mereka lihat itu hantu.

Ada banyak orang-orang saat ini tidak peka mendengar suara Tuhan, ketika mereka menghadapi angin ribut, persoalan, mereka ketakutan karena mereka tidak melihat Tuhan secara nyata. Mereka kepayahan dan keletihan menghadapi setiap persoalan hidup yang menerpa hidup mereka. Ketika mereka melihat Tuhan mereka berteriak ketakutan dan disangka melihat hantu.

Bahasa Indonesia memiliki kata yang bagus antara Tuhan dan Hantu. Ketika kita hidup dalam sehari-hari kita, kita tidak berjalan bersama dengan Rhema atau pewahyuan dari Tuhan maka kita akan kepayahan dalam menghadapi setiap masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Kita akan kelelahan, kecapaian dalam menghadapi persoalan hidup, badai kehidupan menerpa, itu akan menghabiskan tenaga kita. Hidup kita akan payah jika hidup tanpa melihat penyertaan Tuhan, kita akan capai bila tidak mengalami mujizat Tuhan terjadi dalam hidup kita. Kita harus mengalami Tuhan secara pribadi.

Kita harus berjalan dengan Roh Kudus setiap hari sehingga kita akan mengalami mujizat, kita akan memiliki hati yang mengerti arahan Roh Kudus dalam hidup kita. Kita akan kelelahan jika tidak mengerti hati Tuhan.

1 Samuel 2 :12 Adapun anak-anak lelaki Eli adalah orang-orang dursila 1 ; mereka tidak mengindahkan d  TUHAN, Anak-anak Eli adalah anak-anak yang jahat dan tidak mengerti hati Tuhan, tidak menghormati Tuhan.

Amos 1 : 1,6
1:1 Perkataan yang dinyatakan kepada Amos 1 , salah seorang peternak domba dari Tekoa, a  tentang Israel pada zaman Uzia, b  raja Yehuda, dan dalam zaman Yerobeam, c  anak Yoas, raja Israel, d  dua tahun sebelum gempa bumi. e 1:6 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Gaza, u  bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: v  Oleh karena mereka telah mengangkut ke dalam pembuangan 4  suatu bangsa seluruhnya, untuk diserahkan kepada Edom, w

Tuhan melawat gereja kita dengan RohNya selama beberapa tahun ini, kita menikmati Anggur Baru yang Tuhan sediakan. Roh Tuhan bekerja setiap kali pertemuan ibadah kita. Kita minum anggur baru yang terbaik dan kita menerima minyak pengurapanNya.

Ditengah pesta yang Tuhan berikan itu adalah tidak sekedar pesta, kita harus bergerak bersama Roh Kudus setelah kita terima anggur yang baru dan pengurapanNya. Kita harus mengerti dan makin sensitif kemana RohNya sedang bergerak.

Kita harus menikmati persekutuan dengan Roh Kudus setiap hari supaya kita mengerti hatiNya, apa yang harus kita lakukan, kemana harus kita pergi bergerak. Seringkali kekecewaan, kepahitan, luka lama, kejatuhan kita, cacat kita membuat kita tidak bisa menikmati persekutuan dengan RohNya.
Mulailah sesuatu yang baru dengan Tuhan dan menikmati Anggur BaruNya sekarang. Amin

Dari : Rekaman MP3 Memulai Sesuatu dengan Tuhan  

Komentar

Postingan Populer