Realita Hadirat Tuhan Mengubahkan Bangsa Ini


 

Realita Hadirat Tuhan Mengubahkan Bangsa Ini

Pastor Steven Agustinus

 
Kembali ada satu anak rohani saya memberikan ulasan ttg apa yg ia terima dr Tuhan saat mengikuti training SOAR. Berikut penuturannya:
Saat Tuhan melawat kita dalam salah satu session di training SOAR, saya merasakan hadirat Tuhan yang sangat kuat menjamah kehidupan saya. Ada satu kalimat yang sangat jelas Tuhan ucapkan kepada saya ; 'AnakKu, Ingatlah, hanya realita hadiratKu yang dapat mengubahkan bangsa ini'. Ketika Bapa mengucapkan hal tersebut, hati saya bergetar dan menjadi sangat gentar. Saya bersujud dan meminta anugerahNya yang memampukan.

Kata 'ingatlah' dalam kalimat tersebut, menggores sangat kuat dlm batin saya sehingga memberikan pengertian seperti dibawah ini :

1. Mengandalkan Tuhan saja, tidak mengandalkan yang lainnya.
Ayat yang muncul dalam benak saya adalah ;

Yesaya 31:1 (TB) Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN.

2. Seringkali kita LUPA untuk bertanya dan berkomunikasi dengan Roh Kudus. Logika berpikir kita (kebiasaan manusia lama) selalu mengambil keputusan berdasarkan pengalaman, kesuksesan orang lain, dan pertimbangan untung rugi, bisa atau tidak bisa.Tetapi sebagai manusia baru, kita sesungguhnya tidak bisa melangkah tanpa firman daripadaNya (Kel 33). Mungkin bisa saja kita 'berhasil' dan sukses, tetapi keberhasilan dan kesuksesan tanpa firman merupakan kegagalan di mata Tuhan. Bahkan kesuksesan tersebut akan mendatangkan celaka untuk hidup kita.

3. Perhatikan, barometer penyertaanKu adalah kesadaran akan realitaKu dan kobaran api Roh kudus yang menyala dalam batinmu.
Saya berketetapan untuk memastikan hadirat Tuhan selalu nyata dalam batin saya. Saya membangun tekad seperti Daud berkata:

Mazmur 51:11 (TB) (51-13) Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Apapun boleh hilang dalam diri kita, tetapi jangan realitaNya yang pudar dalam batin kita. Karena tanpa realitaNya, kita sedang hidup tanpa 'oksigen'. Hanya tinggal tunggu waktu kita akan mati. Baik mati rohani maupun mati secara fisik.

4. Merenungkan firman, memperkatakan firman, mengimajinasikan firman, berdoa dalam bhs roh sampai mans roh kita berkobar - kobar merupakan langkah aplikatif untuk mengkondisikan kita berasosiasi dengan berbagai dimensi ilahi dan kebenaran, sehingga batin kita akan senantiasa dicengkeram oleh realitaNya.

5. Percayalah, bahwa perkataan Ciptaan Baru yang dipenuhi oleh firman dan realitaNya akan menjadi sangat berkuasa. Sehingga apa yang tidak ada akan menjadi ada, dan apa yang mustahil menjadi mungkin.


Yohanes 14:12 (TB) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

Kita akan melakukan hal yang sama seperti Yesus, bahkan lebih dari Yesus karena Kristus ada dalam diri kita. Roh Kudus PASTI akan membawa dan menuntun kita menjadi orang besar untuk mempengaruhi kota dan masa depan bangsa. Bagian kita hanyalah menjaga hati yang mengasihi Tuhan.

Yohanes 14:15-17 (TB) Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Lukas 12:11-12 (TB) Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan.

Roh Kudus akan senantiasa menuntun kita bertumbuh dalam berbagai kemampuan ilahi seturut dengan takaran iman dan peranan kita dalam kerajaanNya, sehingga kita dapat berfungsi menyelesaikan kehendak Tuhan dengan akurat (apa saja yang diperbuatnya berhasil). #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer