3 SIKAP YANG MENDATANGKAN PERTOLONGAN TUHAN

3 SIKAP YANG MENDATANGKAN PERTOLONGAN TUHAN

Agus Setya Putra



SAUDARA HARUS TAHU, Bahwa TUHAN bukan tidak mau, atau tidak sanggup menolong, memulihkan, menyembuhkan bahkan memerintahkan berkat-Nya atas kehidupan kita, namun seringkali yang TUHAN perhatikan bahwa ternyata dalam diri kita BELUM SEPENUHNYA SIAP MENERIMA SEMUANYA ITU.

Tuhan bisa tolong kita sekarang, tetapi terkadang Tuhan terlebih suka memilih untuk melewatkan Anda dan Saya dalam jalan-jalan yang tidak mudah, supaya Anda dan saya teruji dan siap untuk menerima semua pertolongan, pemulihan, kesembuhan bahkan berkat-berkat pada saatnya.

Alkitab memberitahu kita bahwa dalam Kemaha-tahuanNya, DIA bawa umat Israel bukan ke jalan yang biasa dilalui orang bila bepergian dari Israel ke Mesir, tetapi Ia bawa Israel berjalan memutar sebab, mari kita BACA apa yang menjadi KEMAHA-TAHUAN ALLAH:

Keluaran 13:17  Setelah Firaun membiarkan bangsa itu pergi, Allah tidak menuntun mereka melalui jalan ke negeri orang Filistin, walaupun jalan ini yang paling dekat; sebab firman Allah: "Jangan-jangan bangsa itu menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir."
KENYATAAN YANG ADA SAAT INI ADALAH LEBIH MUDAH BAGI SESEORANG UNTUK DATANG MENCARI DAN MENEMUKAN TUHAN, BILA SEDANG TERJEPIT, DARIPADA KETIKA SESEORANG DALAM KEADAAN KEBERKATAN.
Oleh sebab itu mengapa Tuhan seringkali berdiam diri kepada kita, karena DIA TAHU bahwa kita belum siap menanggung semuanya itu. Sebab itu APA YANG DIA RENCANAKAN SUNGGUH BAIK ADANYA
BACA: Yesaya 30:18  Sebab itu TUHAN menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia!

TUHAN itu menantikan saatnya --- Tuhan tidak akan memberikan sesuatu yang besar, apabila saatnya tidak tepat, untuk kita dapat memikul tanggung-jawab atas sesuatu yang besar.

ANDA HARUS MEMAHAMI PRINSIP INI: SETIAP BERKAT BESAR AKAN MENUNTUT TANGGUNG JAWAB YANG BESAR PULA , Ada beberapa contoh yang Alkitab berikan untuk kebenaran ini
  • ABRAHAM diberikan berkat atas bangsa-bangsa, karena Tuhan tahu bahwa Abraham tidak menyayangkan dan menyerahkan anak satu-satunya unt Tuhan
  • AYUB dihabiskan semua harta kekayaan, anak, dan ternaknya, tapi sebagai ganti semuanya itu Tuhan memberikan dua kali lipat dari yang pernah hilang, karena Dia tahu AYUB hatinya bukan pada apa yang dia punya, namun dalam AYUB 29:4  seperti ketika aku mengalami masa remajaku, ketika Allah bergaul karib dengan aku di dalam kemahku;
  • ELISA menerima double porsi urapan, karena Alkitab memberikan kesaksian bahwa dia PISTOS (Setia) mengikuti kemana saja Elia pergi.
  • ISHAK, menjadi KAYA, bahkan kian lama kian Kaya, sehingga ia menjadi sangat Kaya (Kej. 26:13); tapi  dia harus menyiapkan dirinya untuk TAAT akan perintah Tuhan. Allah bicara jangan pergi ke Mesir, tapi tinggallah di negeri yang akan kukatakan kepadamu.

JADI Sudah seharusnya Anda mempersiapkan diri, sehingga SAAT Tuhan itu akan datang memulihkan, menyembuhkan bahkan memerintahkan berkat-berkatNya, kita telah Ia dapati siap untuk menerimanya

ADA 3 (TIGA) SIKAP YANG HARUS ANDA KERJAKAN, SUPAYA SAAT TUHAN DATANG DAN KITA DIANGGAP MAMPU UNTUK MENERIMA SEMUA JANJI-JANJINYA:

Baca: Yes. 30:15-22
  1.    Ay. 15a  Dengan bertobat dan tinggal diam, digunakan kata “Shuwbah” (Return); ini identik dengan bahasa Yunani EPISTROFE. Untuk seseorang bisa bertobat, harus dimulai dari pikiran. Berubah cara pikir/pandang kita. Seorang hamba Tuhan yang bernama Bill Johnson menyatakan bahwa terkadang sebagai orang percaya, pikiran kita mudah untuk pindah dari yang ADIKODRATI menjadi yang KODRATI. MUJIZAT TUHAN sering terjadi apabila kita mau memperbaharui cara berpikir kita. PIKIRAN KITA SANGAT MENENTUKAN BAGAIMANA KITA BERINTERAKSI DENGAN KERAJAAN ALLAHTuhan Yesus dlm Mark. 8:13-21 berbicara tentang RAGI. Sebenarnya dalam ayat ini RAGI merupakan sebuah gambaran Pikiran kita. RAGI dalam alam KODRATI dibutuhkan agar adonan donat menjadi mengembang, namun bila pikiran kita dipengaruhi ragi KERAJAAN, maka DAMPAK KERAJAAN akan kita alami dalam alam yang Kodrati ini. RAGI HERODES  ---  Dia seorang raja, memiliki kekuatan, kehendak untuk popular, mengandalkan kekuatan sendiri. Dalam gereja ini yang dinamakan Atheis Praktis. Mereka tidak percaya bahwa Allah itu Riil dan Aktif. Cirinya: Bila menghadapi masalah, tidak akan melibatkan Tuhan dalam masalahnya. Menjadi orang yang ke gereja, tapi kehidupannya sama dengan tetangganya yang tidak mengenal Tuhan. RAGI FARISI:  Menggambarkan system keagamaan. Orang Kristen ini menerima Allah secara teori tapi tidak dalam hal praktek. Orang Farisi memiliki Allah dalam bentuk, tapi tanpa kuasa. RAGI KERAJAAN: Pemikiran Kerajaan tahu bahwa segala sesuatu mungkin akan terjadi kapan pun juga. Hal itu akan aktif bila Saudara berserah penuh pada pola pemikiran Allah dengan hati yang lembut, ketika kita menerima pernyataan Rohnya, kita menanggapi dengan “Ya”/amin.
  2. Ay. 15b dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." 1 Petrus 4:7  Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. Kekuatan kita tidak datang hanya sekedar Anda menjadi orang percaya, tapi datang lewat keintiman Anda dengan Tuhan, kita akan mengetahui semua rencana Tuhan dalam hidup kita
  3. Ay. 22 Engkau akan menganggap Najis patung-patungmu   . . . ., Berhala dalam jaman sekarang bukan lagi yang kelihatan tapi hal-hal batiniah yang tak kelihatan. Orang percaya Yesus bila sandaran hidupnya bukan Yesus, berarti masih belum menjadi Yesus Tuhan dan Raja. Berhala adalah apa yang menjadi sandaran dalam hidup kita hari ini, Uang, Relasi, Jabatan, pekerjaan, Suami/istri/anak (bila kita sdh tua). Ketika raja Asa bersandar pada Tuhan, maka Tuhan memberikan kemenangan atas orang Etiophia, tapi tatkala ia bersandar pada raja Aram dan kekayaannya, Tuhan tdk lagi bersama Asa. (2 Taw. 16:1-8)
Mari kita sebagai anak-anak-Nya mempersiapkan diri kita begitu rupa, sehingga setiap janji Tuhan akan pemulihan, penyembuhan, mujizat-Nya akan kita alami dalam hidup kita ini. Amin

Komentar

Postingan Populer